Apa itu Anchor Text dan Cara Optimasinya

doel.web.id – Bagi anda para pemula yang belajar mengenai SEO, maka anda wajib mengenal apa itu anchor text dan cara optimasinya yang kadang disepelekan oleh banyak blogger dan pemilik website.

Tahukah anda bahwa dengan mengoptimasi anchor text dengan benar maka hal tersebut dapat mempengaruhi rangking blog anda di search engine atau mesin pencari. Namun sebelum kita membahas cara optimasinya, baiknya terlebih dahulu anda harus mengetahui apa itu anchor text?

Anchor text adalah teks yang di dalamnya berisi link dan ketika di klik akan muncul hyperlink, lalu mengarahkan pengunjung ke halaman lain pada suatu website atau blog yang mungkin sering anda lihat ketika membuka sebuah situs. Contohnya anda bisa melihat di blog doel.web.id, dimana di artikel ini kami sematkan pada artikel, tulisan “baca juga” untuk mengarahkan pembaca ke informasi halaman lainnya yang mungkin menarik untuk mereka. Namun penerapan anchor text juga bisa berupa link menuju ke website atau blog pendukung lainnya. Baca juga Search Intent: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Cara Optimasinya

Jadi bisa disimpulkan, anchor text membantu search engine untuk mengetahui site structure pada sebuah website blog.

Apa itu Anchor Text

Jenis Anchor Text

Dalam penulisan anchor text terdapat beberapa jenis yang bisa anda gunakan sebagai berikut.

Exact match

Jenis anchor text pertama adalah exact match. jenis ini merupakan penulisan anchor text memiliki keyword yang sama dengan link yang akan ditanamkan.

Contoh, anda ingin membuat anchor text ” Cara Buat Blog” maka anda bisa menulis anchor text di keyword “Cara buat blog”.

Partial match

Berbeda dengan exact match, jenis anchor text ini anchor text yang menargetkan variasi keyword untuk ditanamkan sebuah link.

Contoh, anda ingin membuat link ” Cara buat blog” maka anda bisa menulis anchor text di keyword “Cara buat blog dengan mudah” dengan menambahkan variasi kata lain yang mendukung keyword.

Branded

Jenis anchor text juga sering digunakan blogger untuk membuat branding blog untuk para pengunjung, dimana jenis ini menargetkan keyword mengandung nama brand atau blog/website.

Contoh, apabila anda ingin membuat anchor text “doel.web.id”, anda cukup menuliskan keyword “doel.web.id”

Generic

Jenis anchor text ini lebih untuk membuat informasi terkait mengenai halaman di blog atau website.

Contoh penulisan anchor text seperti “di sini”, “baca juga” ataupun “pelajari lebih lanjut” dan di dalamnya ditanamkan sebuah link menuju ke halaman yang terkait.

Naked

Jenis anchor text terakhir adalah jenis naked, dimana anchor text ini tidak mengandung keyword apapun dan langsung link website atau blog seperti contoh www.doel.web.id dengan link ke website itu sendiri.

Cara Mengoptimasi Anchor Text

Setelah memahami jenis-jenis anchor text, maka selanjutnya adalah bagaimana melakukan optimasi terhadap anchor tersebut untuk membuat blog atau website anda memperoleh ranking yang bagus di search engine seperti Google yang dapat anda simak sebagai berikut.

Anchor text relevan dengan link yang dituju

Dari penjelasan jenis anchor text diatas, anda bisa menentukan kata/frase yang ingin anda jadikan anchor text itu relevan dengan link yang akan diarahkan ke sebuah halaman. Sebab apabila link halaman yang dituju tidak relevan dengan kata/frase yang anda jadikan anchor text, maka otomatis hal ini akan membingungkan pengunjung dalam menelusuri website atau blog anda.

Menggunakan kata/frase yang Dengan Deskripsi Tujuan

Apabila anda telah memastikan relevan atau tidak link tersebut, maka selanjutnya adalah mendeskripsikan halaman yang dituju dengan jelas agar membantu pengunjung dan search engine untuk memahami halaman yang dituju sebelum diklik.

Membuat anchor text yang nyaman dan singkat

Bisa dikatakan, membuat anchor text sama dengan menyebarkan keyword di dalam sebuah artikel. Tetapi anda harus berhati-hati penggunaanya agar tidak mengurangi informasi dari artikel anda serta membuat pengunjung tetap nyaman membaca artikel atau informasi di blog dan website anda.

Hindari penggunaan anchor text yang panjang dan tidak relevan dengan isi website anda sebab akan membuat pengunjung dan search engine dalam menentukan isi dari informasi dari blog atau website anda.

Jangan optimasi anchor text secara berlebihan

Banyak blogger yang melakukan optimasi anchor text secara berlebihan untuk mengejar keyword sehingga bukannya membawa dampak positif tetapi akan memberikan efek negatif seperti dinilai spam oleh google sehingga anda pun akan susah mendapatkan ranking di mesin pencari bahkan parahnya lagi blog anda bisa deindex atau dihapus dari mesin pencari.

Sekian informasi mengenai apa itu anchor text dan cara optimasinya, dimana anchor text menjadi salah satu unsur penting yang harus anda terapkan dalam strategi SEO blog dan website anda.

Leave a Comment