Cara Efektif Membuka Situs yang Diblokir Oleh ISP dan Operator

doel.web.id – Apakah anda ingin mengakses sebuah situs tapi ternyata terblokir? Maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara efektif membuka situs yang diblokir oleh ISP dan operator.

Bukan rahasia lagi dimana saat ini memang banyak situs yang diblokir oleh ISP atau operator karena beberapa alasan. Mulai dari menyiarkan informasi hoaks atau negatif, situs ilegal, situs yang mengandung file-file jahat, hingga situs-situs yang belum secara resmi terdaftar oleh pemerintah maupun operator.

Walaupun hal ini bisa membuat anda bingung ketika tidak bisa membuka situs yang ingin dapatkan informasinya, tetapi jangan kuatir sebab saat ini terdapat beberapa cara efektif membuka situs yang diblokir oleh ISP dan operator untuk anda simak dibawah ini.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Oleh ISP dan Operator

Cara Efektif Membuka Situs yang Diblokir Oleh ISP dan Operator

Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuka kembali situs yang terblokir ISP dan operator apapun alasannya.

Menggunakan NordVPN

NordVPN merupakan aplikasi VPN yang bisa digunakan di berbagai macam perangkat, mulai dari Android, iOS dan Mac hingga Windows. Simak panduan cara menggunakan aplikasi NordVPN di Hp android sebagai berikut.

  • Silakan unduh dan jalankan aplikasi NordVPN di perangkat anda.
  • Lalu masuk atau daftar dengan akun Google/email anda.
  • Untuk memakai layanan NordVPN, silakan coba layanan premium dalam versi trial 7 hari, atau langsung berlangganan. Lanjutkan sampai proses pembayaran selesai.
  • Setelah itu, anda bisa langsung pakai layanannya dengan cara, silakan tekan tombol “Quick Connect”. NordVPN akan langsung memilih server untuk anda seperti contohnya server Singapura. Anda juga bisa mencari server khusus atau memilih server lain lewat list yang ditawarkan. Anda cukup pilih dan tekan saja pada opsi server/negara yang diinginkan.
  • Setelah berhasil terhubung, silakan buka situs yang diblokir operator.
  • Kalau sudah selesai pakai dan ingin mematikan VPN, tinggal tekan tombol “Disconnect”. Selesai. Mudah bukan?

Menggunakan Tor Browser

Salah satu cara yang dapat ada gunakan adalah membuka situs yang diblokir dengan Tor Browser. Browser ini dapat membantu anda untuk membuka situs mana saja yang diinginkan. Tor Browser bahkan memblokir tracker iklan serta tidak meninggalkan sisa cookies setelah anda selesai browsing. Meski begitu, iklan tetap bisa tampil, hanya memang tracker-nya diblokir oleh Tor.

Tor Browser pun memungkinkan pengguna untuk bisa browsing dengan tenang tanpa takut fingerprint-nya bocor lewat device yang digunakan. Cara kerja browser ini akan menggunakan relay servers saat membuka situs yang anda tuju. Jadi, anda tidak akan langsung diarahkan ke situs tersebut. Ada beberapa server yang akan dilewati terlebih dulu.

Sebut saja contohnya, server dari negara Finlandia, Romania, lalu Amerika Serikat. Nah, setelahnya, baru anda akan diarahkan ke situs tadi, tapi sebagai pengunjung dari salah satu negara yang sebelumnya sudah disebutkan. Berikut panduan cara menggunakan Tor browser yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Unduh dan jalankan Tor Browser di perangkat anda.
  • Tekan tombol “Connect”.
  • Pilih pengaturan keamanan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa coba gunakan “Standard”.
  • Silakan masuk ke situs yang diinginkan dengan mengetikkan alamatnya pada search bar.
  • Tunggu sampai situs tersebut berhasil dimuat. Selesai.

Sebagai catatan, walaupun situs ini dinilai aman dan legal di luar negeri, tetapi anda harus berhati-hati saat memakainya dimana menurut situs cybernews, salah sedikit saja bisa membuat data anda tetap bocor ketika browsing menggunakan Tor Browser.

Menggunakan Opera VPN

Dan cara terakhir pada daftar ini dengan menggunakan browser Opera dan anda bisa memanfaatkan fitur VPN di browser ini. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, anda bisa buka Opera
  • Kemudian masuk ke “Menu”
  • Setelah itu buka “New private windows”.
  • Kemudian, anda bisa coba perhatikan ada tulisan VPN di sebelah alamat situs.
  • Anda bisa aktifkan VPN tersebut.
  • Setelah aktif, anda bisa mengakses situs yang diblokir dengan mudah.

Demikian informasi mengenai cara efektif membuka situs yang diblokir oleh ISP dan operator. Semoga berguna dan bermanfaat.