Tips Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Meraih Ranking di Google

doel.web.id – Artikel merupakan salah satu struktur penting dalam sebuah blog atau website dimana artikel merupakan penopang kata kunci yang dimiliki sebuah blog. Selain itu, artikel yang baik dan SEO bisa membantu blog mendapatkan pengunjung yang banyak. Lalu bagaimana cara menulis artikel SEO friendly agar meraih rangking bagus di google sekaligus mendukung pengembangan blog?

Pastinya anda sering menggunakan bantuan mesin pencari seperti google untuk mencari informasi yang ingin anda ketahui, dimana google akan menampilkan banyak pilihan hasil pencarian yang bisa anda pilih dan memberikan masukan untuk apa yang anda cari. Adapun hasil pencarian tersebut pada umumnya berbentuk artikel untuk anda baca. Disinilah letak pintu masuk pengunjung ke blog anda, dimana ketika artikel blog anda berada di ranking teratas di mesin pencari maka blog anda akan berpeluang ramai akan pengunjung yang mencari informasi.

Membuat artikel SEO friendly untuk bisa meraih ranking teratas di google memerlukan beberapa strategi dan cara yang harus anda terapkan agar artikel anda bisa mengalahkan artikel dari blog lain yang memiliki topik dan pembahasan yang sama dengan artikel di blog anda. Karena selain informatif dan unik yang merupakan sebuah keharusan, artikel anda harus memiliki struktur yang bisa membuat google “melirik” artikel anda dan menempatkan di ranking atas di mesin pencari sebagai artikel yang direkomendasikan untuk pengguna mesin pencari. Baca juga Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Blog Secara Gratis

Baca Juga:  Penyebab Ranking Blog Merosot Tiba-tiba di SERP Google, Begini Solusinya

Lalu bagaimana membuat dan menulis artikel SEO friendly? Caranya cukup mudah anda terapkan. Adapun langkah-langkahnya bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Tips Cara Menulis Artikel SEO Friendly
Pemilihan Keyword/Kata kunci yang Tepat

Hal pertama yang harus anda lakukan menulis artikel SEO friendly adalah pemilihan keyword atau kata kunci yang tepat untuk anda kembangkan menjadi artikel yang informatif. Pemilihan kata kunci yang tepat adalah memilih kata kunci yang banyak dicari pengunjung mesin pencari dan lebih baik lagi kata kunci yang memiliki kompetisi rendah dengan blog lain, sehingga artikel anda pun mudah mendapatkan ranking di google.

Anda bisa mencoba membuat artikel yang sedang viral, atau menggunakan tools pencari keyword atau kata kunci gratis yang saat ini banyak tersedia.

Menulis Artikel yang Enak di Baca

Dalam menulis artikel SEO, anda jangan berfokus sepenuhnya agar ramah bagi google sebagai mesin pencari, tetapi anda harus memikirkan agar artikel anda enak dibaca untuk pengunjung blog anda. Perhatikan dan pastikan penggunaan kata-kata dalam artikel telah sesuai dengan kaidah penulisan serta memberi kenyamanan kepada pembaca ketika membaca artikel tersebut.

Judul yang Menarik

Dengan menggunakan judul yang menarik, selain menjadi kata kunci untuk anda targetkan di mesin pencari, judul juga harus terlihat menarik agar bisa mengundang rasa penasaran untuk para pengunjung mesin pencari untuk menunjungi blog anda.

Baca Juga:  5 Keahlian Digital Marketing yang Wajib Dimiliki

Internal dan Eksternal Link

Anda bisa menambahkan link internal dan eksternal ke artikel atau ke website yang relevan sebagai bahan pelengkap artikel menjadi lebih informatif. Adapun internal link sebaiknya ke artikel anda lainnya yang terkait, sedangkan eksternal link adalah link menuju ke website sebagai sumber referensi dan sebagainya.

Sudut Pandang Penulisan

Keyword yang anda gunakan ketika menulis artikel SEO memberikan sudut pandang yang luas. Dalam menulis artikel SEO, anda harus menggunakan sudut pandang yang berbeda dari orang lain agar apa yang anda tulis benar-benar hasil tulisan anda, dan bukan merupakan hasil copy paste.

Perhatikan Panjang Artikel

Panjang artikel yang anda tulis sebaiknya minimal sekitar 500 kata dengan informasi yang padat, tetapi tetap mudah dibaca dan dicerna pembaca. Anda juga bisa menulis artikel yang lebih panjang sesuai kebutuhan dan informasi yang ingin anda sampaikan kepada pembaca website. Standar normal panjang artikel sebenarnya tidak bisa dipastikan secara pasti, tetap saja hal ini tergantung kebutuhan. Namun untuk idealnya, panjang artikel sebaiknya antara 500 kata hingga 1000 kata.

Struktur Tulisan yang Jelas

Dengan struktur artikel yang jelas dan teratur akan memberikan kemudahan bagi pembaca menemukan apa yang ingin mereka cari. Struktur ini dapat berupa heading, subheading, atau H1 – H6 yang berurutan di dalam artikel.

Baca Juga:  Continuous Scrolling dalam Google Search Mobile, Apa Pengaruhnya?

Kalimat Pembuka yang Menarik

Selain membuat judul yang mampu menarik perhatian pembaca, anda juga bisa membuat bagian pembuka artikel semenarik mungkin, agar begitu pembaca melihat judul dan bagian pembuka, pembaca semakin penasaran dengan artikel anda, kemudian mereka memutuskan membaca artikel tersebut sampai selesai.

Paragraf Singkat

Penggunaan paragraf yang terlalu panjang dapat menimbulkan kebosanan bagi pembaca. Maka direkomendasikan anda menulis artikel dengan paragraf yang singkat, antara 5 hingga 6 baris saja.

Menulis Artikel yang Relevan dan Spesifik

Artikel yang anda buat harus saling berhubungan antara kalimat dan paragraf, sehingga mudah untuk dibaca dan informasi yang disampaikan juga tetap relevan yang pastinya akan disukai pembaca

Promosikan Artikel Anda

Dan langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mempromosikan artikel. Anda bisa mempromosikan artikel dengan membagikan link artikel ke semua media sosial yang anda miliki. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan Facebook ads, Google ads, atau jenis iklan digital lainnya untuk menjangkau lebih banyak pembaca.

Demikian informasi mengenai cara menulis artikel SEO friendly agar meraih rangking bagus di google. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment