Cara Membuat Bisnis Plan Yang Baik dan Benar

doel.web.id – Bisnis plan yang baik dapat membantu memetakan strategi anda, mengidentifikasi potensi hambatan, memutuskan apa yang anda perlukan sebagai sumber daya, dan mengevaluasi kelayakan ide atau rencana pertumbuhan anda sebelum memulai bisnis. Begini cara membuat bisnis plan yang baik dan benar.

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua bisnis langsung bisa meraih kesuksesan, dimana ada masa ketika bisnis naik dan turun, merasakan keuntungan dan kerugian. Maka banyak pebisnis yang menemukan nilai dalam meluangkan waktu untuk mundur, meneliti ide mereka dan pasar yang ingin mereka masuki, serta memahami ruang lingkup dan strategi di balik taktik mereka dimana hal tersebut bisa dituangkan dalam sebuah bisnis plan.

Apa itu bisnis plan? Bisnis plan adalah sebuah dokumen yang menjelaskan bisnis, produk atau layanannya, cara menghasilkan keuntungan, kinerja SDM bisnis, pembiayaannya, model operasinya, dan banyak detail lain yang penting untuk keberhasilannya.

Baca juga Pengertian Wirausaha Bisnis, Begini Penjelasannya

Bagi pebisnis pemula, fungsi dari business plan adalah sangat vital untuk bisa meyakinkan dan menjadi pertimbangan utama para investor yang akan menanamkan modalnya, dimana business plan adalah dokumen tertulis yang menjelaskan secara rinci bagaimana sebuah bisnis menentukan tujuannya dan bagaimana cara mencapai tujuannya. Sebuah rencana bisnis menjabarkan peta jalan perusahaan yang berisi informasi lengkap strategi pemasaran, keuangan, dan operasional.

Berikut beberapa fungsi dan manfaat dari bisnis plan untuk membantu mengembangkan bisnis anda.

Manfaat Bisnis Plan

Cara Membuat Bisnis Plan

Perencanaan strategis

Anda bisa menuliskan rencana anda untuk mengklarifikasi ide-ide anda dan dapat membantu anda memahami ruang lingkup bisnis serta jumlah waktu, uang, dan sumber daya yang anda perlukan untuk memulai.

Mengevaluasi ide

Apabila anda memiliki banyak ide, rencana bisnis untuk setiap ide dapat membantu anda memfokuskan waktu dan energi anda pada ide dengan peluang sukses tertinggi.

Penelitian

Anda meneliti dan mencermati pelanggan ideal dan pesaing anda dimana informasi tersebut akan membantu anda membuat keputusan yang lebih strategis.

Perekrutan

Rencana bisnis Anda adalah salah satu cara termudah untuk mengomunikasikan visi Anda kepada calon karyawan baru dan dapat membantu membangun kepercayaan mereka terhadap usaha tersebut, terutama jika Anda berada di tahap awal pertumbuhan.

Kemitraan

Apabila anda berencana untuk mendekati perusahaan lain untuk berkolaborasi, memiliki gambaran yang jelas tentang visi Anda, audiens Anda, dan strategi bisnis Anda akan membuat mereka lebih mudah untuk mengidentifikasi apakah bisnis Anda cocok untuk bisnis mereka—terutama jika mereka lebih jauh dari Anda dalam lintasan pertumbuhan mereka.

Kompetisi

Akan ada banyak kompetisi rencana bisnis yang menawarkan hadiah seperti bimbingan, bonus, atau modal investasi. Untuk menemukan kompetisi yang relevan di industri dan area anda, maka anda bisa mencoba Googling “kompetisi rencana bisnis + [lokasi anda]” dan “kompetisi rencana bisnis + [industri anda].

Contoh Bisnis Plan

Cara Membuat Bisnis Plan

Bagaimana cara membuat bisnis plan? Simak contohnya sebagai berikut untuk memberikan anda gambaran mengenai bisnis plan ini.

Menjelaskan Latar Belakang Bisnis

Pada bagian pertama dari bisnis plan adalah memuat informasi latar belakang bisnis atau disebut juga executive summary. Informasi yang dicantumkan berupa ide dan motivasi pemilik usaha saat mendirikan bisnis, keunggulan yang dimiliki bisnis tersebut serta prospek bisnis di masa depan.

Contohnya ketika anda memiliki ide untuk mendirikan bisnis makanan ringan dengan target konsumen kalangan muda. Setelah melakukan riset pasar diketahui bahwa makanan ringan yang sedang banyak diminati adalah keripik pisang.

Setelah mempelajari data yang sudah anda riset maka anda memutuskan untuk membuka bisnis Keripik Pisang Gaul. Alasan untuk mendirikan bisnis ini adalah membantu petani pisang lokal. Lalu, pada produk anda dimana anda memiliki ide untuk menyediakan beberapa varian rasa baru dibandingkan produk kompetitor, maka anda bisa membuat latar belakang bisnis sebagai contoh berikut.

Keripik Pisang Gaul adalah bisnis kreatif yang dibangun atas dasar keinginan membantu petani pisang lokal dalam pemasaran hasil tani. Keunggulan keripik pisang ini dibandingkan kompetitor yaitu varian rasa baru yang belum dimiliki oleh produk sejenis seperti korean barbeque. Produk Keripik Pisang Kekinian akan dipasarkan di toko fisik di Jakarta serta melalui online marketplace.

Penjelasan Visi dan Misi

Apabila anda telah selesai merampungkan latar belakang bisnis, maka selanjutnya adalah menemukan visi dan misi dari bisnis anda. Pastikan membuat visi misi dengan singkat dan mudah dipahami. Contohnya bisa anda simak sebagai berikut.

Contoh penjelasan visi bisnis: Menciptakan kreasi baru dari hasil tani pisang yang dapat diminati oleh seluruh kalangan masyarakat, khususnya kalangan muda.

Contoh penjelasan misi bisnis: Menginovasikan keripik pisang dengan varian rasa unik dan trendi untuk memikat minat konsumen sehingga meningkatkan penjualan hasil tani pisang.

Informasi Produk

Dan terakhir dari membuat bisnis plan adalah membuat deskripsi produk yang informatif dan menarik. Contohhnya seperti bisnis Keripik Pisang Gaul fokus dalam menjual produk keripik pisang dengan perkiraan 25 varian rasa nusantara serta beberapa varian rasa internasional.

Demikian informasi mengenai cara membuat bisnis plan yang baik dan benar, beserta contoh dan manfaatnya. Semoga berguna dan bermanfaat.