8 Aplikasi Sekolah untuk Siswa SD Belajar Gratis

doel.web.id – Bagi anda para orang tua yang mencari wadah pembelajaran online untuk anak anda yang masih SD bisa belajar dengan mudah dan gratis, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi sekolah untuk siswa SD gratis.

Bukan rahasia lagi dimana saat ini terdapat beragam aplikasi sekolah untuk siswa SD yang menawarkan pembelajaran gratis menjadi alat yang sangat berharga dalam mendukung pendidikan anak-anak di era digital ini.

Dengan kemajuan teknologi, para pengembang telah menciptakan beragam aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu siswa SD dalam memahami materi pelajaran secara interaktif dan menyenangkan. Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya memberikan akses ke sumber belajar yang beragam, tetapi juga memungkinkan siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja, mengubah perangkat pintar menjadi alat pembelajaran yang efektif.

Banyak pelajaran yang biasanya ditawarkan aplikasi sekolah, mulai dari matematika, bahasa inggris hingga ilmu pengetahuan alam. Anda tidak perlu kuatir mengenai kualitas materinya dimana aplikasi-aplikasi sekolah untuk siswa SD menawarkan berbagai materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum pendidikan.

Tidak hanya itu, banyak aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur interaktif seperti permainan pendidikan, kuis, dan video pembelajaran yang menarik, yang tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, akan tetapi juga membantu meningkatkan pemahaman dan retensi materi. Dengan adanya aplikasi sekolah gratis ini, para siswa SD dapat dengan mudah mengakses sumber belajar berkualitas tanpa perlu biaya tambahan, memungkinkan para siswa SD untuk terus berkembang dan meraih prestasi di sekolah.

Dan pada kesempatan kali ini anda bisa menyimak rekomendasi aplikasi belajar sekolah untuk siswa SD gratis yang bisa anda simak sebagai berikut.

Aplikasi Sekolah untuk Siswa SD Belajar Gratis

Aplikasi Sekolah untuk Siswa SD Belajar Gratis

Rumah Belajar

Rumah Belajar dibuat oleh pemerintah untuk mendukung kelancaran belajar online. Layanan di Rumah Belajar gratis untuk siswa PAUD hingga SMA. Ada beberapa fitur belajar yang bisa diakses, yakni kelas maya, sumber belajar, bank soal, dan laboratorium maya. Fitur kumpulan soal dan materi dikelompokkan berdasarkan topik ajar, sehingga Bunda mudah mencari bahan pembelajaran untuk anak.

Ruangguru

Ruangguru: Bimbel SD SMP SMA
Ruangguru: Bimbel SD SMP SMA

Ruangguru merupakan aplikasi belajar online berbayar yang cukup populer dimana aplikasi Ruangguru memiliki lebih dari 300 ribu pengajar yang siap memberikan materi pelajaran untuk anak SD, SMP, SMA, dan SMK. Selain yang berbayar, Si Kecil juga dapat mengakses layanan gratis di Ruangguru. Beberapa fitur gratis ini adalah Roboguru dan Ruanguji.

Quipper

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan dengan misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah terpencil. Ada beberapa layanan untuk anak sekolah yang berbayar dan gratis yang bisa anda manfaatkan di aplikasi ini.

Meja Kita

Meja Kita merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh sekumpulan pelajar. Dalam situs resminya dijelaskan bahwa Meja Kita digunakan di 316 kota di seluruh Indonesia. Meja kita memiliki beberapa fitur belajar yang bisa dimanfaatkan buah hati. Ada fitur Diskusi PR, Tryout, UTBK, SBMPTN, Belajar Bersama, dan Rumus. Selain itu, ada juga beberapa materi belajar untuk anak SD hingga SMA/SMK dengan tema yang beragam.

Dalam materi belajar ini, anak bisa mendapatkan penjelasan lengkap tentang tema tertentu. Di dalamnya juga berisi latihan soal berserta kunci jawaban untuk mengasah kemampuan anak.

Media Belajar Online (MBO)

Media Belajar Online (MBO) adalah aplikasi belajar yang bisa diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini dibuat untuk membantu guru dan siswa dalam memperoleh buku dan media pembelajaran, Bunda. Melalui aplikasi ini, guru dan siswa diharapkan bisa memperoleh media pembelajaran berupa video dan buku. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu pembelajaran secara darling (e-learning).

ICANDO

ICANDO adalah aplikasi belajar anak mitra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Aplikasi ini diciptakan dengan tujuan menjadikan anak sebagai aktor utama dalam proses pembelajaran.

Dikutip dari situs resminya, ICANDO terdiri dari ahli kurikulum, tenaga pengajar, serta para pemikir dan kreator kreatif yang berkolaborasi untuk menghasilkan pembelajaran berbasis digital terbaik. Aplikasi ini cocok untuk anak berusia 0 sampai 6 tahun.

Ada fitur ICANDO anak, sekolah, dan orang tua. Ada tema pembelajaran menarik untuk mendukung anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Selain materi belajar, terdapat pula game digital edukasi yang bisa mengasah kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan kreatif Si Kecil.

Kipin School 4.0

Aplikasi Kipin School 4.0 bisa diunduh di Google Play Store untuk Android, App Store untuk IOS, dan Windows Store. Kipin School 4.0 bisa digunakan di HP dan komputer. Aplikasi yang dibuat untuk siswa tingkat SD,SMP,SMA dan SMK ini, berisi pustaka pembelajaran lengkap dan sistem ujian yang ditujukan untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Anak bisa mengunduh beragam materi pelajaran seperti 2500+ Buku Pelajaran Sekolah (terbitan Kemdikbud), 1500+ Video Pendidikan, 25.000+ Soal Latihan Tryout, dan 200+ Komik Literasi untuk seluruh tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Kelas Pintar

Kelas Pintar dapat diakses di website resminya. Selain ada fitur berbayar, Kelas Pintar juga menyediakan layanan gratis untuk belajar. Untuk mendapatkan layanan ini, anda bisa mendaftarkan anak sebagai murid. Orang tua juga bisa mendaftar ke situs ini untuk memantau perkembangan belajar anaknya.

Di Kelas Pintar, ada beragam fitur menarik yang bisa dimanfaatkan anak, seperti latihan soal, tanya jawab, dan belajar bareng guru pendamping. Materi pembelajaran juga tersedia dalam berbagai variasi, seperti animasi pelajaran Kelas Pintar.

Demikian informasi mengenai rekomendasi aplikasi sekolah untuk siswa SD gratis yang bisa anda manfaatkan sebagai bahan pembelajaran anak anda dirumah. Semoga berguna dan bermanfaat.