Apa itu Tracer Study? Begini Penjelasan dan Fungsinya

doel.web.id – Akhir-akhir ada sebuah aplikasi yang ramai diperbincangkan di kalangan dunia pendidikan khusus dunia kampus yakni Tracer Study dan membuat banyak orang penasaran. Lalu apa itu Tracer Study? simak penjelasan dan fungsinya yang akan kami bahas pada artikel kami kali ini.

Sesuai dengan namanya, aplikasi tracer study ini merupakan aplikasi yang bertujuan untuk melakukan tracking dan analisa terhadap lulusan perguruan tinggi dimana aplikasi ini dikembangkan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) selama lebih dari 5 tahun.

Dengan aplikasi ini, para peneliti atau pengguna data bisa mempelajari seberapa besar lulusan perguruan tinggi yang dapat dan mampu berpartisipasi dalam pembangunan sesuai dengan pendidikan yang telah diambil sebelumnya.

Apabila dulu terdapat sejumlah hambatan atau masalah untuk melakukan tracking kepada lulusan perguruan tinggi dan sumbangsih pendidikan yang dienyamnya pada pembangunan yang relevan atau tidak. Seperti masalah dimana harus menghubungi para alumni tersebut dan sulit dihubungi karena berganti nomor atau tidak ingin diganggu.Dan dengan kehadiran aplikasi ini diharapkan bisa mengatasi masalah tersebut.

Tentang Tracer Study

Apa itu Tracer Study

 

Seperti yang telah kami sebutkan diatas dimana tracer study merupakan sebuah aplikasi yang berisi sebuah sistem online yang digunakan sebagai alat pelacakan jejak atau aktivitas alumni dari perguruan tinggi. Aplikasi tracer study merupakan salah satu instrumen kelengkapan dalam akreditasi perguruan tinggi. Berdasarkan standar Dikti, pelacakan ini biasa dilakukan hingga 2 tahun setelah masa kelulusan.

Adapun tujuan adanya pelacakan tracer study bukan untuk kepo atau penasaran terhadap alumni yang telah lulus dimana terdapat sejumlah tujuan baik yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tujuan Tracer Study

  • Sebagai alat untuk melakukan identifikasikan profil kompetensi dan juga keterampilan lulusan
  • Sebagai evaluasi hubungan dari kurikulum serta studi di jurusan sebagai pengembangan keilmuan.
  • Untuk mengetahui relevansi dari pelaksanaan kurikulum yang telah diterapkan pada perguruan tinggi dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dan pengembangan profesional di kompetensi jurusan.
  • Untuk sebagai kontribusi dalam proses akreditasi jurusan
  • Agar memperoleh data-data alumni yang akurat serta up to date dan mudah untuk ditelusuri, juga untuk kepuasan pengguna alumni.
  • Sebagai bahan masukan untuk pihak kampus supaya bisa melakukan pengembangan dalam pembelajaran untuk kedepannya.

Manfaat tracer study untuk mahasiswa

Apa itu Tracer Study

Berikut manfaat tracer study untuk mahasiswa yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Bisa difungsikan untuk bisa memperoleh informasi mengenai penyebaran lokasi alumni dari suatu perguruan tinggi.
  • Aplikasi ini bisa dijadikan sebagai database alumni yang sudah terdata berdasarkan program studi hingga angkatan, agar dapat memudahkan saat pencarian alumni.
  • Aplikasi ini dapat berpesan sebagai media informasi mengenai kompetisi yang relevan di dunia kerja.
  • Dengan aplikasi tracer study ini juga dapat berfungsi untuk membangun koneksi dengan beberapa alumni dari suatu perguruan tinggi sehingga tercipta jejaringan network untuk masa depan nantinya setelah selesai kuliah.
  • Dan fungsi terakhir adalah aplikasi ini adalah tracker ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi perguruan tinggi terhadap lulusan yang dihasilkan sesuai dengan target yang diinginkan, apakah sudah sesuai atau membutuhkan koreksi atau perbaikan.

Demikian informasi mengenai apa itu Tracer Study beserta penjelasan dan fungsinya yang mana aplikas ini bisa membawa banyak menfaat dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah mengetahui kualitas pendidikan di tanah air yang bisa menopang para mahasiswa setelah selesai kuliah nantinya. Semoga berguna dan bermanfaat.