Bisakah Kirim Motor Via Pos? Ini Jawabannya!

Blog Bang Doel – Apakah motor bisa dikirim melalui pos? Tentu bisa. Anda bisa melakukan kirim motor via pos sesuai syarat dan ketentuan yang diberlakukan pos. Hal ini menjadi salah satu kemudahan tersendiri untuk Anda yang merantau dan membutuhkan kendaraan.

Alternatifnya, saudara dari kampung halaman bisa mengirimkan kendaraan seperti sepeda motor via pos. Ini cara yang bisa dicoba!

Syarat dan Ketentuan Kirim Motor Via Pos

Sebelumnya, Anda harus mengetahui syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi ketika kirim motor via pos. Untuk Anda yang berniat mengirimkan sepeda motor via pos bisa memperhatikan ketentuan berikut:

  • Anda bisa memilih layanan pengiriman paket jenis pos jumbo.
  • Sepeda motor yang dikirimkan memiliki spesifikasi mesin maks. 250 cc.
  • Jenis motor yang bisa dikirimkan yakni matic, vespa, jenis sport, moge, dan bebek.
  • Sepeda motor akan dikirimkan dalam kurun waktu sekitar 14 hari.
  • Kendaraan motor yang dikirimkan harus dibawa langsung ke pos oleh penerima.
  • Hanya kendaraan beroda dua saja yang bisa dikirimkan via pos.
  • Pihak kantor Pos Indonesia mengkonversikan:
  • Motor bebek beratnya 100 Kg.
  • Motor sport beratnya 150 Kg.
  • Motor vespa beratnya 200 Kg.
Baca Juga:  Sewa Bus Semarang untuk Wisata Nyaman dan Terbaik

Jika Anda tertarik untuk kirim motor via pos, poin-poin di atas patut untuk dipenuhi. Selanjutnya, lengkapi dengan berbagai syarat lainnya yang ditentukan pihak pos. Transaksi pengiriman bisa dilakukan ketika kedua belah pihak sudah sepakat.

Cara Kirim Motor Via Pos

Jika Anda sudah memahami syarat dan ketentuan kirim motor via pos, kini harus dipahami tata caranya. Untuk bisa mengirimkan motor via pos, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan yakni:

1.   Mengunjungi Kantor Pos

Anda harus mengunjungi kantor pos terdekat. Direkomendasikan untuk menggunakan kantor Pos Indonesia. Sesampainya di sana, Anda bisa bertanya pada satpam yang bertugas tepat di area pos.

2.   Membawa Sepeda Motor yang Hendak Dikirim Via Pos

Jangan lupa untuk membawa sepeda motor yang akan dikirimkan. Sepeda motor harus dalam kondisi baik dengan kelengkapan yang dibutuhkan. Anda tidak bisa mengemasnya sendiri, karena pengemasan dilakukan pihak pos.

Baca Juga:  4 Manfaat Menggunakan Aplikasi Payroll bagi Perusahaan

3.   Menemui Bagian Loket Khusus

Untuk kirim motor via pos terdapat layanan yang tersedia. Anda bisa menuju loket untuk pengiriman khusus. Jika kurang mafhum, Anda bisa bertanya pada satpam atau pun pegawai yang ada di kantor pos.

4.   Mengisi Formulir

Sesampainya di bagian loket pengiriman, Anda harus mengisi formulir. Data yang dimasukkan harus tersaji secara benar dan lengkap. Jika Anda mengalami kebingungan dalam mengisinya, maka bisa bertanya pada petugas pos terkait.

5.   Memeriksa Sepeda Motor Secara Lengkap

Selanjutnya, pihak pos akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap sepeda motor. Pastikan Anda sudah melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Selanjutnya, proses pengiriman pun bisa dilakukan secara lancar.

Baca Juga:  Tips Memilih Armada Tangguh dan Handal Agar Bisnis Lancar dan Menguntungkan

6.   Membayar Ongkir

Ketika lolos pemeriksaan, Anda bisa membayar ongkir yang telah ditentukan. Biaya ongkir bergantung pada data yang telah diperiksa bagian loket. Tidak hanya itu, biaya yang harus dikeluarkan mencakup pengemasan. Selanjutnya, proses pembayaran bisa dilakukan ketika ada kesepakatan bersama.

7.   Mendapatkan Resi

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan resi sebagai tanda bukti. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pelacakan paket secara berkala. Sesuai ketentuan, paket akan dikirimkan dalam waktu 14 hari.

Nah, itulah cara kirim motor via pos. Pastikan dokumen yang dibutuhkan dilengkapi dan disiapkan seteliti mungkin. Proses pengiriman pun akan dilakukan secara lancar. Selamat mencoba!

Leave a Comment