Tanya Veronika Asisten Virtual Canggih dari Telkomsel

- Advertisement -

Cara perusahaan dalam melayani pelanggan selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun polanya akan selalu tetap, yakni selalu bertujuan dalam mewujudkan kepuasan pelanggan.

Ketika pelanggan bertanya produk-produk tertentu yang sudah dibuat perusahaan, maka perusahaan yang baik sudah menyediakan jalurnya dengan mudah, cepat, bahkan instan.

Apalagi di dunia digital yang semakin disruptif saat ini. Semua ingin serba mudah, cepat, dan bahkan bisa dilakukan hanya dengan berbekal ponsel saja.

Telkomsel pun menyadari hal ini. Sehingga sejak 2017 perusahaan telekomunikasi plat merah ini sudah merilis Veronika, sebuah asisten virtual.

Mengenal Telkomsel

tanya veronika asisten virtual
Salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dari Telkomsel. (Gambar: Telkomsel)
- Advertisement -

Telkomsel merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi yang dimiliki oleh BUMN bidang telekomunikasi, yakni PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom. Anak usaha ini didirikan pada 26 Mei 1995 lewat patungan dengan BUMN lain.

Dengan nama usaha PT Telekomunikasi Selular, pada awal tahun 2020, Telkomsel menyumbang 70 persen keuntungan bagi Telkom.

Jumlah keuntungan itu didapatkan Telkomsel dari pelanggan telekomunikasi yang mencapai 171,1 juta di Indonesia. Jumlah ini merupakan jumlah pengguna tertinggi dari seluruh kompetitor di bidang usaha telekomunikasi di tanah air.

Makanya guna memelihara hubungan dengan kuantitas pelanggan yang cukup besar ini, Telkomsel membuat sebuah asisten virtual yang diberi nama Veronika.

Sejarah Veronika Asisten Virtual

Veronika memang bukanlah sebuah nama yang baru bagi pengguna Telkomsel. Pasalnya pada tahun 2000-an, Telkomsel punya juga mesin penjawab yang disebut Veronica.

Veronica pada saat itu merupakan singkatan dari Voice Response and Info Care. Ia hanyalah sebuah mesin penjawab ketika nomor telepon yang dihubungi tidak aktif atau diluar jangkauan.

Nah, kalau Veronika Telkomsel adalah asisten virtual yang akan menjadi customer service instan untuk pertanyaan-pertanyaan ringan pelanggan Telkomsel. Ia hanya akan menjawab seputar produk-produk maupun promosi yang sedang diadakan oleh perusahaan telekomunikasi ini.

Telkomsel menggandeng Kata.ai untuk mengembangkan Veronika sang asisten virtual ini. Pada 24 Agustus 2017 barulah Veronika dirilis secara resmi dan bisa dinikmati oleh pelanggan Telkomsel.

Apa Sih Asisten Virtual Itu?

Asisten virtual adalah sebuah kecerdasan buatan yang ditempatkan pada platform tertentu. Ia berjalan pada algoritma sendiri yang sudah dibuat oleh para insinyur kecerdasan buatan.

Asisten virtual bisa ditemukan pada kanal-kanal yang memerlukan otomatisasi. Jadi mereka bisa berinteraksi dua arah ketika prosedurnya cocok.

Veronika asisten virtual Telkomsel ini merupakan asisten virtual yang termasuk kedalam golongan chatbot. Ia merupakan asisten virtual pada platform percakapan. Veronika dikembangkan melalui Neuro Linguistic Programming (NLP).

Veronika hanya diprogram untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu yang sesuai dengan algoritma yang sebelumnya telah ditentukan. Jadi tentu saja Veronika bakal mampu menjawab semuanya selama pertanyaan kamu sesuai dengan prosedur.

Manfaat Tanya Veronika Asisten Virtual

Silakan bayangkan jika seperempat saja dari 171,1 juta mengakses MSISDN (Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Number) secara bersama-sama. Maka akan terjadi kepadatan jaringan yang menimbulkan kelambatan layanan.

Itulah mengapa Telkomsel membuat Veronika guna menjembatani agar tidak terjadi kelambatan tersebut. Agar pelanggan bisa dilayani dengan cepat, mudah dan instan. Dengan Veronika, Telkomsel melakukan desentralisasi server pada masing-masing aplikasi.

Kamu bisa mengakses Veronika pada berbagai aplikasi kesayangan kamu di smartphone masing-masing. Kamu yang suka WhatsApp bisa mengaksesnya disana, para facebooker bisa mengaksesnya di Messenger, juga pengguna Telegram, Line, maupun peramban biasa.

Telkomsel juga menyertakan Veronika ke aplikasi khusus pelanggan Telkomsel, yakni MyTelkomsel. Jadi jangan khawatir untuk ketinggalan informasi dari asisten virtual Veronika ini.

Cara Tanya Veronika Asisten Virtual

tanya veronika asisten virtual
Veronika asisten virtual dari Telkomsel. (Gambar: Telkomsel)

Untuk menggunakan Veronika, yang harus diperhatikan pertama kali adalah kamu merupakan pelanggan Telkomsel. Hal ini memang tak bisa ditawar. Sebab dengan mengakses Veronika lewat platform diluar Telkomsel, asisten virtual ini akan tetap menanyakan nomor Telkomsel kamu.

Saat ini Veronika baru hadir pada enam platform saja, yakni aplikasi MyTelkomsel, Situs Telkomsel.com, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, dan LINE. Jadi kamu diberi pilihan untuk menghubungi Veronika lewat beberapa kanal tersebut. Bagaimana caranya?

Tanya Veronika di MyTelkomsel

Untuk mengakses Veronika di MyTelkomsel, tentu kamu harus menginstal terlebih dahulu aplikasi MyTelkomsel. Silakan ke Play Store jika kamu pengguna Android, atau ke App Store kalau kamu merupakan pengguna iOS.

Untuk tanya Veronika, asisten virtual Telkomsel di MyTelkomsel letaknya di menu Customer Service. Kamu mesti menggulirkan tampilan Home sedikit kebawah untuk menemukannya. Silakan pilih submenu Tanya Veronika untuk mulai bertanya.

Tanya Veronika di situs Telkomsel.com

Buat kamu yang tak memakai aplikasi apapun kecuali peramban internet, silakan akses Veronika memalui situs Telkomsel.com. Di situs ini, si mbak Veronika ada di sudut kanan bawah.

Pertama kali Veronika akan meminta kamu memasukkan nama. Setelah percakapan dimulai, biasanya ada promosi di awal yang dilanjutkan dengan permintaan untuk memasukkan nomor Telkomsel.

Tanya Veronika di WhatsApp

Buat para pengguna WhatsApp, Veronika bisa ditanya-tanya lewat nomor +62 811-1111-1111. Ingat, asisten virtual ini juga bisa mendeteksi nomor kamu. Maka silakan masukkan nomor Telkomsel untuk melanjutkan.

Veronika di WhatsApp ini punya status juga, yakni “#LewatChatBisa Tanya Apa Saja. Kapan pun dan di mana pun mudah dan cepat aksesnya”.

Tanya Veronika di Facebook Messenger

Asisten virtual Veronika di Facebook Messenger terintegrasi dengan halaman resmi Telkomsel. Jadi kalau mau tanya-tanya ke Veronika, kamu tak perlu pusing-pusing mencari nama Veronika. Sebab ia berubah menjadi admin halaman Facebook yang bercentang biru itu.

Silakan kirim pesan secara langsung ke halaman Telkomsel tersebut untuk bertanya tentang produk-produk Telkomsel. Maka Veronika yang akan menjawabnya. Dan jangan lupa, tuliskan juga nomor Telkomsel kamu, ya.

Tanya Veronika di Telegram

Ada beberapa nama Telkomsel Care yang ada di Telegram. Kamu mesti memilah mana Telkomsel Care yang asli dan palsu jika menggunakan fitur pencarian. Sara saya temukan Veronika di Telegram lewat pencarian dengan kata kunci ‘telkomsel official’.

Akun Veronika di Telegram yang resmi memakai username @telkomsel_official_bot dengan nama Telkomsel Care. Ya, seperti biasa siapkan nomor Telkomsel kamu terlebih dahulu untuk pelayanan yang lebih maksimal.

Tanya Veronika di LINE

Veronika juga menggunakan nama Telkomsel di LINE. Jadi kalau kamu mau bertanya sesuatu, maka tambahkan dulu Telkomsel sebagai teman kamu di LINE. Kamu bisa memindai barcode yang disediakan atau mencarinya lewat fitur pencarian.

Telkomsel di LINE merupakan akun resmi, jadi pastikan kamu mencarinya pada fitur Akun Resmi yang tersedia di menu beranda LINE. Silakan ketikkan “telkomsel” pada kolom pencarian.

Yang Bisa Ditanyakan ke Veronika

Kamu bisa bertanya ke Veronika untuk mengecek sisa kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, pembelian paket, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel.

Yang perlu kamu catat adalah Veronika belum bisa menyelesaikan masalah kamu yang terkait dengan kehilangan kartu, keluhan, dan lain-lain yang membutuhkan sentuhan layanan manusia. Sehingga kamu mesti ke GraPARI terdekat untuk berkonsultasi.

Penutup

Demikian artikel tentang Tanya Veronika Asisten Virtual. Buat para pelanggan Telkomsel, yuk tanya Veronika saja buat mendapatkan informasi pelanggan dengan mudah.

ARTIKEL TERKAIT

22 COMMENTS

  1. Yang jelas setiap perusahaan harus selalu inovatif mengikuti perkembangan zaman, kalau nggak gitu, ya pasti akan ditinggalkan oleh pelanggannya, karena dinilai kurang efektif memberikan solusi yang dihadapi pelanggan. Salah satu contohnya adalah layanan CS yang berasal dari Telkom ini.

    Hmmmmm, saya nggak pakai Telkomsel Kang, saya pakai si Biru, hehehe…

    Kang, Related Articles nggak keluar gambarnya ya???

  2. Haha oalah ternyata yang jawab telpon itu veronika asisten virtual, kirain suara mbak” yang lugas dan pelan itu manusia. Tapi pas sadar baru sekarang hehe canggih banget yaa telkomsel salut saya jadi provider no 1 di Indonesia

  3. Asisten virtual kayak Veronica ini emg bakal jadi tren banget sih di masa mendatang. Apalagi org akan malas nelpon call center krn biayanya mahal. Ngeluapin masalah di sosmed jg rawan penipuan. Jadi via asisten virtual gini akan lebih gampang, praktis, hemat dan solutif. Bener kan?

  4. Inovasi memang menjadi denyut nadi perusahaan. Salut dengan Telomsel yang hadir dengan gebrakan barunya. Jadi teringat ucapan Steve Jobs: “Inovasi membedakan antara pencetus dan pengikut”. Semoga Telkomsel terus berinovasi dan menghadirkan hal-hal tak terduga lainnya.

  5. Sebagai pengguna setia Telkomsel aq udah akrab banget sama Veronika tapi hanya suaranya aja.
    Tapi sekarang udah berwujud aplikasi jadi makin cantik dan canggih ya

  6. Keren ya, dengan adanya Veronika ini. Jadi pelanggan mudah dan cepat kalau mengalami kendala atau ada sesuatu yang mau ditanyakan. Bisa lewat mana saja lagi. WA, Line, telegram, termasuk pesan facebook. Pelanggan pun semakin puas.

  7. Kiprah Telkomsel untuk memudahkan para penggunanya memang keren, karena inovasi dengan layanan virtual Tanya Veronika sangat membantu ketika ada kendala yang perlu cepat untuk diatasi.

  8. Ahaha….berarti aku pelanggan Telkomsel generasi awal yang dapat sapaan, “Telkomsel Veronika….” . Aku pake nomor Telkomsel sejak pertama punya hape tahun 2001 dan langsung kenalan sama Mbak Veronika. Sekarang Veronika makin update dan keren ya.

  9. Senangnya Veronica sekarang sudah bisa dijangkau dengan mudah. Aku save ah nomer chat bot wa telkomsel Veronica. Kalo dulu cuma bisa telpon aja kan ya bang. Repotnya pas jam sibuk. Bolak balik nelpon gak terhubung.

  10. Kalo aku kayanya bakal make Veronika yg versi di telegram. Keren sih sekarang jadinya lebih cepet dan bahkan minim konflik kalo cs nya manusia. Secara kadang manusia kan banyak resenya hiks.

  11. Mba Vero ini solutif juga sih. Kebetulan punya kartu Telkomsel udah lebih dari 10 tahun. Dan beberapa kali call cs si mbak Vero ini untuk menangani beberapa kendala.

    Alhamdulillah, dapat solusi.
    Emang deh ya, kudu tanya veronika asisten virtual hahahah

  12. Haha inget banget veronika jaman dulu nih
    Pernah ada cerita istri yang cemburu saat nelpon suaminya dan yang terima veronika. Kocak banget dah itu
    Btw keren ya inovasi telkomsel ini, veronika jadi asisten virtual yang siap menerima keluhan pelanggan.

  13. dengan mesin penjawab artificial intelegence begini pelanggan pasti lebih cepat terbantu dan perusahaan juga lebih hemat karena tak terlalu banyak memperkerjakan karyawan. sungguh kemajuan teknologi yang dimanfaatkan sebaik mungkin

  14. Wah mbak Vero ini awet muda ya. Keknya pas zaman awal2 bapakku pakai hp, sudah ada lo mbak Vero ini. Tentu saja belum secanggih sekarang. Hebat ya Telkomsel mengembangkan teknologi mbak Vero hingga sekeren ini. Sayang kubukan pemakai telkomsel jadi nggak bisa dekat2 sama mbak Vero deh.

  15. Waaahhh… ternyata sekarang Mba VEro sudah punya akun medsos. Jadi ingat masa SMA, ada teman yang bilang “kalau kamu mau dengar musik dan bercakap2 gratis, hubungi Veronica aja”. KArena penasaran, dihubungilah, ternyata lagunya.. Halo..halo …kartu halo…dst… hadeuuhh… 😀

  16. Kagum karena semua media telkomunikasi dirambah. Aku aja pengguna telkomsel ga paham klo media kmunikasinya sebanyak itu, biasanya langsung main telpon aja hehe

  17. Saya baru tau ada veronika asisten, padahal udah lama sih pakai telkomsel. Kapan2 mau coba tanya veronika juga deh, krn belum pernah nyoba tanya2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here