Tanya Veronika Asisten Virtual jadi tagline yang sedang populer. Pasalnya 171,1 juta pengguna layanan Telkomsel di Indonesia tampaknya mulai aktif menggunakan asisten virtual yang satu ini. Seperti apa sih Veronika ini?

Veronika Asisten Virtual

Veronika adalah asisten virtual berbasis aplikasi percakapan yang membantu pengguna Telkomsel untuk mendapatkan informasi tentang layanan yang ada maupun promo yang sedang berjalan. Veronika dirilis oleh Telkomsel sejak 24 Agustus 2017 dengan menggandeng Kata.ai, sebuah perusahaan rintisan yang fokus pada pengembangan kecerdasan buatan.

Veronika ini persis dengan sebuah nama yang telah lama terkubur. Sebab buat pengguna Telkomsel pada tahun 2000-an awal, pasti kenal dengan VERONiCA yang merupakan singkatan dari Voice Response and Info Care, sebuah mesin penjawab.

Menurut Kata.ai sendiri Veronika dianggap sukses meningkatkan konversi hingga 45% untuk pengisian pulsa dan paket data. Di sisi lain Veronika juga mampu mengotomatisasi hubungan dengan pelanggan hingga 97% tanpa adanya campur tangan karyawan Telkomsel di jenjang manapun.

Kesuksesan asisten virtual ini memang tak lepas dari berbagai kemudahan yang diberikan salah satu produk kecerdasan buatan ini dalam mengatasi kebutuhan konsumen Telkomsel. Sebab pengguna hanya mengirimkan teks pada aplikasi percakapan, kemudian Veronika Telkomsel langsung menjawabnya.

Ya, kapan lagi melakukan kontak ke customer service tanpa harus direpotkan dengan jawaban mesin penjawab “tekan nomor sekian” maupun waktu habis ketika mengakses MSISDN (Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Number). Veronika memudahkan segalanya.

Tanya Veronika Asisten Virtual

Bagaimana Tanya Veronika Asisten Virtual?

Untuk menggunakan Veronika, yang harus diperhatikan pertama kali adalah kamu merupakan pelanggan Telkomsel. Hal ini memang tak bisa ditawar. Sebab dengan mengakses Veronika lewat platform diluar Telkomsel, asisten virtual ini akan tetap menanyakan nomor Telkomsel kamu.

Saat ini Veronika baru hadir pada enam platform saja, yakni aplikasi MyTelkomsel, Situs Telkomsel.com, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, dan LINE. Jadi kamu diberi pilihan untuk menghubungi Veronika lewat beberapa kanal tersebut. Bagaimana caranya?

Tanya Veronika di MyTelkomsel

Untuk mengakses Veronika di MyTelkomsel, tentu kamu harus menginstal terlebih dahulu aplikasi MyTelkomsel. Silakan ke Play Store jika kamu pengguna Android, atau ke App Store kalau kamu merupakan pengguna iOS.

Untuk tanya Veronika, asisten virtual Telkomsel di MyTelkomsel letaknya di menu Customer Service. Kamu mesti menggulirkan tampilan Home sedikit kebawah untuk menemukannya. Silakan pilih submenu Tanya Veronika untuk mulai bertanya.

Tanya Veronika di situs Telkomsel.com

Buat kamu yang tak memakai aplikasi apapun kecuali peramban internet, silakan akses Veronika memalui situs Telkomsel.com. Di situs ini, si mbak Veronika ada di sudut kanan bawah.

Pertama kali Veronika akan meminta kamu memasukkan nama. Setelah percakapan dimulai, biasanya ada promosi di awal yang dilanjutkan dengan permintaan untuk memasukkan nomor Telkomsel.

Tanya Veronika di WhatsApp

Buat para pengguna WhatsApp, Veronika bisa ditanya-tanya lewat nomor +62 811-1111-1111. Ingat, asisten virtual ini juga bisa mendeteksi nomor kamu. Maka silakan masukkan nomor Telkomsel untuk melanjutkan.

Veronika di WhatsApp ini punya status juga, yakni “#LewatChatBisa Tanya Apa Saja. Kapan pun dan di mana pun mudah dan cepat aksesnya”.

Tanya Veronika di Facebook Messenger

Asisten virtual Veronika di Facebook Messenger terintegrasi dengan halaman resmi Telkomsel. Jadi kalau mau tanya-tanya ke Veronika, kamu tak perlu pusing-pusing mencari nama Veronika. Sebab ia berubah menjadi admin halaman Facebook yang bercentang biru itu.

Silakan kirim pesan secara langsung ke halaman Telkomsel tersebut untuk bertanya tentang produk-produk Telkomsel. Maka Veronika yang akan menjawabnya. Dan jangan lupa, tuliskan juga nomor Telkomsel kamu, ya.

Tanya Veronika di Telegram

Ada beberapa nama Telkomsel Care yang ada di Telegram. Kamu mesti memilah mana Telkomsel Care yang asli dan palsu jika menggunakan fitur pencarian. Sara saya temukan Veronika di Telegram lewat pencarian dengan kata kunci ‘telkomsel official’.

Akun Veronika di Telegram yang resmi memakai username @telkomsel_official_bot dengan nama Telkomsel Care. Ya, seperti biasa siapkan nomor Telkomsel kamu terlebih dahulu untuk pelayanan yang lebih maksimal.

Tanya Veronika di LINE

Veronika juga menggunakan nama Telkomsel di LINE. Jadi kalau kamu mau bertanya sesuatu, maka tambahkan dulu Telkomsel sebagai teman kamu di LINE. Kamu bisa memindai barcode yang disediakan atau mencarinya lewat fitur pencarian.

Telkomsel di LINE merupakan akun resmi, jadi pastikan kamu mencarinya pada fitur Akun Resmi yang tersedia di menu beranda LINE. Silakan ketikkan “telkomsel” pada kolom pencarian.

Yang Bisa Ditanyakan ke Veronika

Kamu bisa bertanya ke Veronika untuk mengecek sisa kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, pembelian paket, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel.

Yang perlu kamu catat adalah Veronika belum bisa menyelesaikan masalah kamu yang terkait dengan kehilangan kartu, keluhan, dan lain-lain yang membutuhkan sentuhan layanan manusia. Sehingga kamu mesti ke GraPARI terdekat untuk berkonsultasi.

Demikian artikel tentang Tanya Veronika Asisten Virtual. Buat para pelanggan Telkomsel, yuk tanya Veronika saja buat mendapatkan informasi pelanggan dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here