4 Strategi Manajemen Bisnis Ritel yang Efektif

doel.web.id – Menerapkan manajemen bisnis yang baik adalah salah satu faktor utama keberhasilan sebuah bisnis termasuk bisnis yang bergerak dalam retail, dimana pada artikel ini kami akan membagikan strategi manajemen bisnis ritel yang efektif untuk mendukung keberhasilan bisnis retail.

Apa itu manajemen bisnis retail? Bisnis ritel sendiri merupakan penjualan barang secara satuan untuk dikonsumsi langsung oleh konsumen akhir, dimana agar bisnis retail bisa berkembang dan maju maka penerapan manajemen ritel adalah salah satu faktor terpenting dalam menjalankan bisnis ritel. Secara teknis, manajamen ritel merupakan kombinasi dari semua proses dan tindakan yang mendorong penjualan ritel dan mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan.

Baca juga Rekomendasi Blog Bisnis Indonesia terbaru 2023

Strategi Manajemen Ritel

Strategi Manajemen Bisnis Ritel

Untuk dapat memaksimalkan bisnis retail terdapat beberapa strategi yang bisa anda terapkan untuk mendukung perkembangan bisnis retail yang bisa anda simak sebagai berikut.

Baca Juga:  Bisnis Online Trading Terbaik Yang Bisa Menjadi Pilihan

Menetapkan Tujuan Penjualan

Strategi manajemen bisnis ritel yang pertama adalah dengan menerapkan sasaran penjualan. Untuk melakukan hal tersebut terdapat beberapa poin yang harus anda perhatikan seperti data historis penjualan dan promosi yang telah dilakukan sepanjang tahun. Adapun strategi yang populer dalam menetapkan tujuan penjualan adalah metode SMART yang merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Attainable, Relevant dan Timely. Berikut pengertiannya.

  1. Specific adalah tindakan Spesifik dalam menerapkan target penjualan.
  2. Measurable, dimana progress dan tujuan harus dapat dihitung.
  3. Attainable, merupakan sikap realistis dalam menetapkan tujuan penjualan.
  4. Relevant adalah Metode pencapaian tujuan dapat diterapkan oleh para karyawan.
  5. Timely adalah menetapkan jangka waktu yang jelas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Manajemen Karyawan

Setelah penerapan tujuan penjualan maka manajemen bisnis retail selanjutnya adalah dengan memiliki sistem kepegawaian yang benar dan mempekerjakan karyawan yang terampil menjadi strategi yang penting dalam manajemen ritel. Pastikan SDM sudah mengikuti pelatihan seperti pelatihan perangkat lunak, memiliki pengetahuan tentang produk, dan mengetahui program promosi/diskon yang akan dijalankan.

Baca Juga:  Perbedaan Aplikasi Banking dari BRI

Perencanaan Desain dan Tata Letak Produk

strategi manajemen bisnis ritel

Manajemen bisnis retail selanjutnya adalah merencanakan desain dan tata letak di toko yang menarik secara visual untuk pelanggan baru maupun lama. Tata letak atau layout yang baik sangat penting dalam mengangkat branding bisnis retail serta memudahkan pelanggan untuk mencari kebutuhan yang mereka inginkan dengan mudah.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tata letak produk di toko untuk memaksimalkan penjualan. Selain itu, anda juga wajib mempertimbangkan juga tingkat visibilitas dan jarak pandang maksimal bagi karyawan terhadap produk yang dijual atau gunakan alat pendukung seperti cctv untuk menutup kesempatan para pengutil yang berniat mencuri yang akan menimbulkan kerugian bagi bisnis.

Baca Juga:  Pengertian E Bisnis, Serta Jenis dan Tujuannya

Manajemen Persediaan

Dan strategi manajemen bisnis retail yang terakhir adalah dengan memastikan bisnis retail memiliki produk yang tepat dalam jumlah yang tepat pada waktu yang tepat.

Umumnya bisnis atau toko bergantung pada Point Of Sales (POS) untuk membantu mengelola inventaris dan apabila dilakukan dengan benar, maka manajemen persediaan yang baik akan mendukung penjualan, serta memberikan pengalaman yang baik bagi para konsumen. Melalui POS, manajer ritel mampu memantau inventaris secara real-time saat penjualan dan pemindahan barang antar lokasi tanpa perlu melakukan pengecekan secara manual

Demikian informasi mengenai strategi manajemen bisnis ritel yang efektif. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi anda tentang bisnis, khususya bisnis retail yang merupakan model bisnis yang banyak diminati masyarakat mulai dari retail kecil dirumah dengan membuka jualan kecil-kecilan hingga retail-retail “raksasa” bagi pebisnis bermodal besar.

Leave a Comment