Begini Perbedaan BB Cream dan Foundation untuk Wajah Wanita

doel.web.id – Apakah anda penasaran dengan apa perbedaan BB cream dan foundation untuk wajah wanita? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membahas hal yang perlu anda ketahui tentang BB cream dan foundation.

Nama BB cream dan foundation pastinya sudah tidak asing ditelinga anda para wanita bukan? Namun masih banyak wanita yang belum memahami dengan benar mengenai dua produk kecantikan wanita ini. Bahkan tidak sedikit wanita yang menganggap kedua produk ini sama.

Bukan rahasia lagi apabila banyak orang yang menganggap BB cream dan foundation ini memiliki fungsi yang sama oleh banyak wanita dimana kedua produk ini merupakan base untuk makeup. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan diantara kedua produk ini. Mulai dari perbedaan cara pemakaian, tekstur, fungsi hingga formula atau bahan dasar dalam membuat produk tersebut.

Perbedaan BB Cream dan Foundation

Perbedaan BB Cream dan Foundation untuk Wajah

Pengertian

Perlu anda ketahui bahwa BB cream merupakan singkatan dari Beauty Balm Cream yang merupakan krim yang digunakan untuk melembabkan wajah dan mempunyai fungsi sebagai tabir surya, alas bedak, serta primer. Selain itu BB cream juga mampu menjadikan kulit wajah tersamarkan dari berbagai noda atau flek hitam dan kemerahan.

Sekedar informasi, lonsep BB cream tersebut sudah dibuat sejak tahun 1950. Namun, kemunculannya memang baru dikenal baru-baru ini. Berdasarkan data sejarah, penemu BB cream adalah seorang dermatolog yang berasal dari Jerman bernama dr. Christine Schrammek.

Sedangkan foundation memang pada dasarnya produk ini adalah alas bedak yang tidak memiliki fungsi lain seperti BB cream. Foundation sudah ada sejak masa Mesir Kuno dan juga zaman Yunani Kuno. Pada masa lampu, foundation dibuat dari kapur putih dan bubuk timbal.

Foundation digunakan untuk menyempurnakan riasan wajah sehingga kulit wajah akan terlihat mulus dan cerah tahan lama jika menggunakan foundation. Berbeda dengan foundation pada zaman dahulu, kini foundation hadir dalam berbagai jenis dan formula untuk memenuhi kebutuhan para wanita terkait dengan foundation yang cocok digunakan pada berbagai tipe kulit wajah, seperti foundation dalam bentuk krim, cair, liquid, water-base, dan powder.

Tekstur

BB cream dan foundation juga memiliki perbedaan dari segi tekstur dimana BB cream sebenarnya merupakan krim pelembab sehingga tekstur BB cream memang lebih ringan daripada foundation. Ada juga BB cream yang dibuat dengan tekstur cair sehingga pengaplikasiannya di wajah bisa dilakukan dengan mudah. Tekstur tersebut juga menjadikannya lebih mudah meresap dengan baik pada wajah.

Sedangkan foundation mempunyai tekstur yang lebih kental dibandingkan BB cream dengan tujuan untuk memberikan efek matte pada wajah sehingga makeup akan lebih tahan lama. Hal itu juga untuk menghindarkan wajah dari minyak atau efek kilap.

Formula

Kemudian selanjutnya adalah dari perbedaan formula atau bahan dasar yang digunakan dimana BB cream dibuat dengan formula yang lebih ringan dan cair yang dianggap lebih aman digunakan sebagai base makeup karena krim itu tidak akan menutupi pori-pori wajah.

Sedangkan penggunaan foundation cocok bagi anda yang menginginkan riasan yang flawless dan menutupi pori-pori wajah dimana foundation mempunyai formulasi yang lebih pekat agar bisa menyamarkan noda dan pori-pori wajah.

Dalam perkembanganya, saat ini kedua produk ini masing-masing sudah dilengkapi dengan sunscreen SPF tinggi, serum anti-aging, dan bahan aktif untuk kulit sensitif.

Warna

BB cream dan foundation juga bisa dilihat perbedaannya dari warna yang tersedia pada dua jenis produk kosmetik tersebut dimana Foundation mempunyai lebih banyak variasi warna dibandingkan dengan BB cream. Hal tersebut tidak terlepas dari fungsi utama foundation adalah sebagai alas bedak sehingga warnanya harus tersedia dalam berbagai shade sesuai dengan beragamnya jenis warna kulit orang-orang.

Sementara itu, BB cream tersedia dalam varian shade yang terbatas. Hal itu karena BB cream dibuat dengan formula ringan sehingga BB cream akan lebih mudah menyatu dengan warna kulit dimana secara umum BB cream dihadirkan dalam tiga pilihan warna saja, yaitu gelap, terang (sedang), dan putih.

Fungsi

Seperti yang telah kami sebutkan diatas dimana BB cream mengandung bahan-bahan yang bagus untuk perawatan kulit sehingga BB cream tidak hanya cocok dijadikan sebagai base makeup, tetapi juga sebagai skincare, khususnya saat pagi hari.

Hal ini juga semakin bagus karena kebanyakan BB cream mengandung SPF yang lebih tinggi daripada SPF pada foundation sehingga BB cream sangat baik untuk melindungi kulit wajah anda dari paparan UVA dan UVB yang berdampak buruk pada kulit wajah.

BB cream juga bisa membantu anda terlindungi dari polusi dan radikal bebas yang membawa banyak pengaruh buruk pada wajah. Sementara itu, foundation hanya berfungsi sebagai alas bedak atau base makeup saja. Jadi, foundation tidak mempunyai kemampuan lain seperti pada BB cream seperti melindungi kulit wajah dari polusi atau digunakan sebagai skincare.

Kandungan Pelembab

Dan terakhir, perbedaan antara BB cream dan foundation adalah dari kandungan pelembab dimana anda tidak perlu menggunakan pelembab ketika menggunakan BB cream. Namun anda masih harus menggunakan pelembab sebelum memakai foundation karena tidak ada kandungan pelembab dalam foundation.

Sekian informasi mengenai perbedaan BB Cream dan Foundation untuk wajah yang patut anda ketahui. Dengan demikian, anda pun bisa memilih produk yang tepat dan benar sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.