9 Model Kebaya Kartini Modern Yang Cantik dan Elegan

doel.web.id – Jika anda mencari rekomendasi model kebaya model Kartini yang modern dan cantik, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak beberapa rekomendasi yang akan kami bagikan kali ini.

Bagi anda para wanita dan juga pengikut fashion, pastinya mendengar nama kebaya Kartini bukanlah hal yang asing bagi anda bukan? dimana jenis kebaya kartini merupakan jenis kategori kebyara tradisional yang terinspirasi dari gaya kebaya yang sering digunakan oleh tokoh pahlawan wanita Indonesia, RA Kartini.

Pada masanya, kebaya model ini sangat populer di kalangan wanita Indonesia dan karena telah sering digunakan pahlawan Kartini, maka tidak heran apabila kebaya ini identik disebut kebaya Kartini dan sebutan tersebut telah melekat dan menjadi bagian dari budaya Indonesia yang sudah sangat familiar.

Namun kebaya ini tidak hanya populer di masa dulu, tetapi kebaya kartini juga tetap sangat populer saat ini dan sering digunakan di berbagai acara formal mulai dari acara pernikahan, acara pertunangan, acara serah terima jabatan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi model kebaya Kartini yang modern dan cantik untuk anda simak sebagai berikut.

Model Kebaya Kartini Terbaru

Model Kebaya Kartini Modern

Kebaya Kartini Klasik

Untuk rekomendasi pertama adalah model klasik yang paling mirip dengan kebaya jadul. Model ini potongan kerah yang khas dengan bentuk segitiga yang membentuk leher. Kebanyakan model kebaya kartini klasik memiliki warna putih polos supaya terlihat elegan.

Desainnya sangat sederhana tanpa ada banyak detail atau motif di kainnya. Bentuknya agak pendek pada bagian lengan, namun tetap tampak sopan untuk dipakai ke acara resmi. Kebaya ini paling cocok dikombinasikan bersama kain jarik.

Kebaya Kartini Batik

Selanjutnya adalah Kebaya kartini Batik. Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana batik merupakan kain khas Jawa yang biasanya digunakan untuk membuat pakaian tradisional, salah satunya kebaya. Dengan motif batik yang unik dan berkarakter, model kebaya ini menjadi semakin berkelas.

Motif batik ditambahkan pada beberapa bagian kebaya, seperti lengan, tengah, leher, dan samping. Sementara bagian kebaya lainnya dibiarkan polos agar desain batik terkesan lebih seimbang dan selaras.

Sebenarnya batik tersedia dalam bermacam-macam motif yang indah. Tetapi umumnya kebaya menggunakan motif batik bunga untuk mempercantik desainnya. Sedangkan pada bgian lengan dan kancing, motif yang dipilih adalah lurik.

Kebaya Kartini Brokat

Saat ini, model kebaya kartini brokat menjadi yang paling digemari karena desainnya terlihat mewah. Kebaya ini sering disewakan untuk baju pengantin atau seragam pernikahan. Lantaran detail dan motif yang dipakai memiliki daya tarik tersendiri.

Bahan brokat yang khas dengan motif bunga dan kain transparan, membuat kebaya ini tampak elegan ketika dipadukan bersama jarik. Supaya lebih sopan, Anda perlu menggunakan inner untuk melapisi kain brokat pada kebaya.

Model Kebaya Kartini Jumputan

Jumputan merupakan model kebaya yang identik dengan motif dan potongannya. Pakaian adat ini sering disebut sebagai kebaya jadul karena sering digunakan oleh wanita Jawa pada zaman dulu. Meskipun dianggap jadul, tetapi kebaya jumputan masih sering dipakai sampai sekarang.

Ciri khas dari kebaya ini terletak pada motif jumputannya yang tersebar ke seluruh bagian kain. Walaupun terkesan ramai, tetapi motif tersebut ukurannya kecil-kecil sehingga tidak akan membuat penampilan jadi mencolok.

Dibandingkan dengan model kebaya kartini lainnya, kain jumputan lebih sederhana dan tertutup. Anda bisa menggunakan kebaya jumputan tanpa harus menambahkan inner. Padukan bersama jarik warna coklat supaya lebih lengkap.

Kebaya Kartini Tunik

Tunik merupakan model kebaya kartini hijab yang bisa dipadukan bersama jilbab. Modelnya panjang dan dilapisi dengan tambahan kain sangat cocok untuk wanita muslimah yang ingin tampil memukau menggunakan kebaya.

Bagian lengan pada kebaya ini dibuat memanjang sampai dekat telapak tangan untuk menutupi aurat. Potongan bawahnya juga mencapai lutut agar bisa menutupi beberapa bagian. Selain itu bentuknya dijahit dengan longgar untuk menyamarkan lekukan tubuh.

Kebaya Kartini Lace

Pada daftar selanjutnya adalah model kebaya kartini yang masih eksis hingga saat ini adalah kebaya lace. Desain dari kebaya ini terlihat sangat mewah karena menggunakan kain lace yang mengkilap dan bercahaya. Sehingga cocok dipakai pada malam hari untuk memberikan kesan elegan.

Untuk memperindah penampilan kebaya, para desainer biasanya menambahkan aksesoris dan detail payet pada kain lace. Padukan kebaya lace dengan kain jarik atau batik supaya penampilan terlihat lebih selaras.

Anda bisa memilih berbagai model kebaya kartini sesuai dengan jenis acara dan selera masing-masing. Anda bisa menambahkan penggunaan jarik dan aksesoris bros untuk memperindah penampilan agar terlihat lebih menawan.

Kebaya Kartini Modern

Model Kebaya Kartini Modern

Selanjutnya model kartini kebaya modern merupakan pakaian adat yang digemari oleh generasi muda karena desainnya mengikuti perkembangan fashion style. Kebaya ini sering kali dipakai untuk menghadiri acara kondangan dan pesta lainnya.

Untuk menambahkan kesan elegan, biasanya kebaya modern dipadukan bersama tambahan kain trasnparan yang mengkilap. Di bagian dalamnya terdapat inner satin untuk melapisi sekaligus memberikan kesan berkelas.

Kebaya Kartini Kutu Baru

Dan rekomendasi terakhir adalah model busana kartini Kutu baru yang merupakan model kebaya yang dari dulu hingga sekarang masih sering dipakai oleh para wanita untuk acara kebudayaan. Model kebaya ini identik dengan tambahan kain dan penggunaan stagen pada bagian tengah.

Kebaya model kutu baru biasanya mempunyai motif bunga dan dedaunan untuk memperindah tampilan kain. Anda hanya perlu mengombinasikan kebaya ini dengan stagen warna polos supaya penampilan tampak lebih elegan.

Sekian informasi mengenai rekomendasi model kebaya Kartini yang bisa membuat anda tampil elegan dan cantik. Semoga berguna dan bermanfaat untuk menjadi referensi anda.