7 Cara Efektif Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

doel.web.id – Apakah anda speaker HP anda secara tidak sengaja kemasukan air? maka anda tidak perlu panik atau bingung, sebab kali ini kami akan membagikan cara efektif mengatasi speaker HP kemasukan air.

HP yang kemasukan air adalah hal yang kadang terjadi secara tidak sengaja. Walaupun hal tersebut harus dihindari agar tidak merusak komponen didalam HP, tetapi kadang masalah ini bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Dan hal ini semakin mengkuatirkan apabila HP anda belum memiliki fitur anti air.

Adapun salah satu komponen yang biasa terkena masalah ketika HP kemasukan air adalah pada bagian speaker dan akan berpengaruh pada kualitas audio HP. Namun tidak perlu bingung atau panik sebab kali ini kami akan membagikan cara efektif mengatasi speakser HP kemasukan air yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP

Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Berikut beberapa cara mengeluarkan air dari speaker HP dengan mudah menggunakan peralatan sederhana yang ada di rumah. Simak panduannya sebagai berikut.

Matikan HP dan Segera Keringkan

Hal pertama yang harus anda lakukan saat HP kemasukan air dan terkena bagian speaker, maka segeralah untuk mematikannya. Namun kadang HP tidak bisa matikan. Dan apabila hal tersebut terjadi, maka anda dapat mengeluarkan bagian dalam seperti kartu SIM dan kartu memorinya. Lalu, usap dengan kain kering yang bersih maupun kapas.

Keringkan dalam keadaan mati kurang lebih 10-15 menit dan jangan coba nyalakan saat masih basah. Letakkanlah HP dengan keadaan terbalik. Tujuannya, agar air yang masuk ke komponen HP bisa keluar dengan sendirinya.

Gunakan Kain Microfiber

Selanjutnya anda dapat menggunakan kain bersih. Namun perlu diingat, tidak semua kain dapat digunakan. Anda bisa memilih kain yang mampu menyerap air dengan cepat dan bertekstur halus, contohnya seperti kain mikrofiber. Sebab, jika kain bertekstur kasar bisa saja berpengaruh pada layar dan komponen lain seperti tergores.

Sebelum membersihkan bagian speaker, terlebih dahulu anda perlu melepas kartu SIM, memori, bahkan baterai jika bisa dilepas dan tidak menggunakan baterai tanam. Keringkanlah bagian yang basah di HP atau bagian speaker dengan kain mikrofiber tadi. Miringkanlah HP ke bawah sampai air menetes dan kering. Hindari mengisi daya saat masih basah.

Keringkan dengan Beras

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang cukup umum dan sering dilakukan adalah memasukkannya ke dalam beras. Walaupun terbilang unik, namun cara seperti ini bekerja dengan baik. Ini dimungkinkan karena beras mampu menyerap lembap tinggi sekalipun.

Jika anda ingin mencobanya, lalu anda bisa mengambil beras secukupnya. Lalu, masukkanlah ke tempat khusus seperti baskom. Masukkan beras tadi sampai setengah baskom. Kemudian, masukkan HP ke dalam beras dan timbun dengan sisa beras lainnya. Biarkan selama beberapa jam sampai semua air benar-benar terserap dan speaker kering kembali.

Pakai Aplikasi dan Fitur Pembersih di HP

Anda perlu mengetahui dimana sebagian HP Android dibekali dengan fitur khusus, termasuk fitur yang dapat menghilangkan partikel pada speaker. Cara kerjanya adalah dengan menghasilkan suara tinggi dan volume yang keras. Sehingga, partikel seperti air dan debu dapat keluar. Anda dapat menemukannya pada menu pengaturan.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi tertentu. Adapun cara kerja aplikasi sama halnya seperti fitur di atas. Yakni dengan audio berfrekuensi tinggi untuk mengeluarkan partikel. Anda dapat mengunduh di PlayStore lalu menginstall dan coba gunakan di HP yang speakernya kemasukan air.

Menggunakan Pengering Rambut

Pengering rambut pun bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan speaker HP yang kemasukan air dengan cara hati-hati dan cermat. Caranya sama seperti mengeringkan rambut. Di sini, Anda harus memegangnya cukup dekat pada bagian speaker yang terkena air atau basah tadi. Lakukanlah dalam waktu kurang lebih 10-15 menit. Ini dilakukan agar air menguap dan keluar perlahan.

Aturlah dengan suhu yang tidak terlalu panas. Sebab, jika suhu pengering terlalu panas dapat membuat perangkat rusak. Waktu pengeringan ini juga tergantung berapa banyak air yang masuk ke spekaker HP. Setelah selesai mengeringkan, letakkan HP pada ruangan dengan suhu dan ventilasi agar bisa dipakai kembali.

Manfaatkan Silica Gel

Sama halnya seperti beras, silica gel juga mampu menyerap kelembapan yang tinggi dan air dengan cepat. Simak panduannya sebagai berikut.

Masukkan HP yang terkena air tadi ke dalam kantong zip.

  • Sisipkan beberapa silica gel secukupnya di dalamnya.
  • Rekatkan dan kunci kantong tersebut rapat, biarkan semalaman.
  • Setelah itu, coba hidupkan perangkat untuk memeriksanya.

Anda juga dapat memutar musik untuk mendengarkan kualitas audio yang keluar dari speaker. Apabila suaranya kembali normal, itu artinya speaker HP dalam kondisi seperti semula dan tidak ada kerusakan berarti.

Hubungi Servis Resmi

Dan cara terakhir adalah dengan membawanya ke tempat servis apabila cara diatas masih belum mengatasi masalah anda. Ini bisa anda lakukan jika kerusakannya cukup parah. Apalagi kalau jangka waktunya cukup lama. Air dengan kandungan asam tinggi seperti air hujan akan membuat perangkat mengalami korosi. Tentu ini akan sulit dibersihkan.

Sebaiknya, anda jangan mencoba mengambil risiko membongkar atau memperbaikinya sendiri. Terlebih lagi jika HP yang menjadi korbannya masuk dalam kategori flagship. Oleh karena itu, membawanya ke tempat servis resmi adalah langkah yang tepat. Jangan lupa untuk manfaatkan masa garansi yang diberikan oleh pihak pabrikan apabila HP anda masih dalam perlindungan garansi

Demikian informasi mengenai cara efektif mengatasi speaker HP kemasukan air yang bisa anda coba terapkan apabila anda terkena masalah ini. Semoga berguna dan bermanfaat.