Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka Biar Kembali Normal

doel.web.id – Apakah anda menemukan masalah ketika akan membuka youtube untuk menonton video favorit anda? maka anda tidak perlu kuatir, anda bisa menyimak cara mengatasi youtube tidak bisa dibuka agar kembali normal.

Sebagaimana yang kita ketahui dimana YouTube sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi sebagian orang dalam aktivitas digital sehari-hari. Maka dari itu, masalah tidak bisa membuka youtube bisa menjadi masalah serius bagi anda yang sering membuka youtube bukan?

Tetapi anda tidak perlu bingung apalagi kuatir sebab hal tersebut umum ditemukan pengguna youtube yang mana penyebabnya bisa berasal dari perangkat yang digunakan atau kesalahan dari aplikasi youtube. Bahkan bisa juga disebabkan karena sinyal internet yang buruk.

Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan cara mengatasi youtube tidak bisa dibuka agar kembali normal bagi anda yang menemukan masalah ini. Simak panduannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka

Melakukan Force Close

Apabila anda menemukan masalah aplikasi youtube tidak bisa dibuka maka anda dapat memaksa aplikasi YouTube untuk berhenti atau lebih dikenal dengan istilah Force Close. Cara ini umumnya akan berhasil untuk mengatasi masalah yang diakibatkan oleh penumpukan beban kerja, kerusakan data, hingga bug.

Perlu anda catat bahwa cara melakukan Force Close aplikasi kemungkinan akan berbeda-beda untuk setiap model perangkat. Selain itu anda pun perlu menyesuaikannya agar berhasil digunakan. Setelah memaksa aplikasi berhenti, selanjutnya anda hanya perlu kembali membuka layanan untuk mengecek apakah masalah berhasil di atasi atau belum. Jika belum, anda bisa beralih ke cara selanjutnya.

Memuat Ulang Perangkat

Memuat ulang perangkat pun dapat menjadi solusi yang ditempuh berikutnya. Selain akan membuat HP menjadi lebih segar, metode ini pun sering kali dapat mengatasi sejumlah masalah atau bug kecil yang muncul dan menghambat pemakaian.

Anda sebenarnya dapat memuat ulang perangkat dengan memanfaatkan opsi Reboot yang juga ikut muncul di menu pengelola daya. Hanya saja berdasarkan pengalaman pribadi saya, kadang-kadang lebih ampuh jika anda mematikan dan menghidupkannya secara manual.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan opsi Force Reboot yang umumnya bisa dilakukan dengan menekan tombol Power lebih lama untuk memuat ulang perangkat secara paksa. Cara ini berlaku jika layar perangkat tidak dapat dioperasikan lagi.

Membersihkan Cache

Masalah aplikasi YouTube yang tidak bisa dibuka juga dapat terjadi akibat penumpukan cache. Data tersebut memang dapat mempercepat anda dalam menikmati layanan tetapi kadang-kadang justru bisa menjadi gangguan karena rusak atau tidak sesuai dengan versi anyar.

Membersihkan cache makanya dapat menjadi salah satu langkah yang bisa dicoba saat aplikasi YouTube tidak terbuka. Selain melakukannya secara langsung lewat pengaturan, anda umumnya juga dapat memakai peralatan khusus yang disediakan oleh manufaktur di dalam HP buatannya seperti Security pada Xiaomi, Phone Manager pada OPPO, atau Device Care pada Samsung.

Memperbarui Aplikasi

cara mengatasi youtube tidak bisa dibuka

Sama seperti aplikasi-aplikasi HP secara umum, bug pengembangan juga bisa muncul saat anda menggunakan YouTube sehingga layanan tidak dapat dibuka. Anda pun perlu melakukan pembaruan ke versi paling mutakhir untuk mengatasinya.

Apabila belum tersedia, maka dengan terpaksa anda harus menunggu pihak Google sampai memberikan pembaruan. Anda pun dapat menggunakan perangkat lain atau membuka YouTube lewat peramban yang mendukung sebagai alternatifnya.

Memasang Ulang Aplikasi atau Pembaruan

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memasang ulang aplikasi atau melakukan pembaruan aplikasi youtube. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Buka halaman produk YouTube di Google Play Store atau toko aplikasi di HP.
  • Klik tombol Uninstall.
  • Tunggu sampai aplikasi atau pembaruannya terhapus di perangkat.
  • Klik tombol Update atau Install.

Sambil menunggu pembaruan dari pihak Google, anda juga dapat mencoba memasang ulang aplikasi atau pembaruan dari YouTube. Beberapa masalah soalnya sering kali juga disebabkan karena adanya kesalahan instalasi atau pemasangan data.

Menonaktifkan Fitur Picture-in-Picture

Dalam sejumlah kasus yang terjadi selama beberapa waktu belakangan ini, masalah YouTube tidak dapat dibuka juga dapat diakibatkan oleh fitur Picture-in-Picture (PIP) yang eror. Untuk mengatasinya, maka anda dapat menonaktifkan dukungan tersebut.

Sedikit informasi buat anda yang belum tahu, Picture-in-Picture merupakan sebuah fitur yang memungkinkan aplikasi terbuka dalam jendela kecil melayang. Jadi tetap bisa dipakai sambil anda menggunakan layanan atau aplikasi yang lain.

Beralih ke Jaringan yang Lebih Cepat

YouTube yang tidak dapat dibuka juga bisa terjadi karena disebabkan perangkat yang sedang bermasalah atau kurang memadai. Anda pun dapat mencoba untuk beralih ke sambungan data seluler atau WiFi lain jika anda mau mengatasinya.

https://youtu.be/7YIA1GN0XWM?si=erpGYUJTNpHLAdhU

Demikian informasi mengenai cara mengatasi youtube tidak bisa dibuka agar kembali normal. Semoga berguna dan bermanfaat.