Contoh Surat Pendaftaran KPPS Terbaru Lengkap Dengan Syarat dan Jadwal

doel.web.id – Jika anda ingin mendaftar menjadi anggota KPPS untuk perhelatan pemilu 2024 nanti, maka anda harus mengetahui contoh surat pendaftaran KPPS yang akan kami bagikan kali ini lengkap dengan syarat dan jadwalnya.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana pemilihan presiden, wakil presiden, dan caleg akan segera dimulai 2024 nanti dan oleh karena itu KPU akan membuka pendaftaran bagi calon pendaftar yang ingin menjadi petugas KPPS.

KPPS atau singkatan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang merupakan kelompok yang dibentuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota atas nama Komisi Pemilihan Umum (KPU). Para petugas KPPS ini nantinya bertugas untuk menghitung suara dan memilih anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), DPD (Dewan Perwakilan Daerah), DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi, dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten/Kota di Tempat Pemungutan

Menurut undang-undang yang berkaitan dengan KPPS, anggota KPPS terdiri dari tujuh orang yang dipilih dari masyaraka sekitar TPS yang memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan. Dalam komposisi keanggotaan, juga diwajibkan minimal memiliki 30% perwakilan perempuan.

Nantinya, susunan keanggotaan KPPS terdiri dari ketua KPPS dan merangkap sebagai anggota juga 6 anggota KPPS lainnya yang akan bertanggung jawab atas pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Tujuannya adalah untuk menjaga kedaulatan pemilih, membantu pemilih dalam menggunakan hak mereka untuk memilih, serta memberikan layanan dan akses kepada pemilih yang memiliki keterbatasan.

Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota KPPS bagi anda yang berminat.

Syarat Pendaftaran KPPS Pemilu 2024

contoh surat pendaftaran KPPS

  • Merupakan warga negara Indonesia (WNI).
  • Telah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun.
  • Calon peserta setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
  • Calon peserta mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil.
  • Calon peserta tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan sah atau sekurang-kurangnya dalam waktu 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik bersangkutan.
  • Calon peserta berdomisili dalam wilayah kerja KPPS.
  • Calon peserta mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.
  • Calon peserta berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.
  • Calon peserta tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Gaji KPPS Pemilu 2024

Lalu berapa besaran gaji para petugas KPPS pemilu 2024? Berdasarkan Surat Kementerian Keuangan Nomor S-647/MK.02/2022 tanggal 5 Agustus 2022 perihal Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) untuk Tahapan Pemilihan Umum dan Tahapan Pemilihan, honor petugas KPPS 2024 tercatat naik dua kali lipat dibandingkan dengan Pemilu 2019.

Sekedar informasi dimana pada pemilu 2019, honor anggota KPPS hanya Rp500.000, sedangkan pada Pemilu 2024 naik menjadi Rp1,1 juta.

  • Gaji ketua KPPS Pemilu 2024: Rp1.200.000
  • Gaji anggota KPPS Pemilu 2024: Rp1.100.000

Jadwal Pendaftaran KPPS Pemilu 2024

Apabila anda telah memenuhi syarat diatas, maka selanjut anda menyimak informasi jadwal pendaftaran KPPS pemilu 2024 sebagai berikut.

Pengumuman pendaftaran calon anggota KPPS: 11-15 Desember 2023
Penerimaan pendaftaran calon anggota KPPS: 11-20 Desember 2023
Penelitian administrasi calon anggota KPPS: 11-22 Desember 2023
Pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota KPPS: 23-25 Desember 2023
Tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota KPPS: 23-28 Desember 2023
Pengumuman hasil seleksi calon anggota KPPS: 29-30 Desember 2023
Penetapan anggota KPPS: 24 Januari 2024
Pelantikan anggota KPPS: 25 Januari 2024

Contoh Surat Pendaftaran KPPS 2024

Berikut contoh surat pendaftaran KPPS 2024 yang bisa menjadi referensi anda dibawah ini.

Bagi anda yang belum mengetahui bentuk dan wujud surat pendaftaran menjadi anggota KPPS 2024, maka anda bisa menyimak contohnya sebagai berikut.

SURAT PENDAFTARANSEBAGAI CALON ANGGOTA PPK/PPS/KPPS/PANTARLIH KABUPATEN SIGI UNTUK PEMILIHAN UMUM Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …………………………………………………………………..

Jenis Kelamin : …………………………………………………………………..

Tempat Tgl. Lahir/Usia : ……………………, …………………………/………Tahun

Pekerjaan/Jabatan : …………………………………………………………………..

Alamat : …………………………………………………………………..
Iklan untuk Anda: Login pip.kemdikbud.go.id 2023 Cek Data Penerima PIP 2023 SD SMP SMA dan Kapan Cair Lewat HP – Tribunkaltim.co
Advertisement by

Dengan ini mendaftarkan diri sebagai calon anggota PPK/PPS/KPPS/Pantarlih*) berdasarkan Pengumuman Seleksi Calon PPK/PPS/KPPS/Pantarlih*) Kabupaten/Kota ……… Nomor …….. tanggal ………..

Bersama ini disampaikan dokumen persyaratan administrasi untuk memenuhi ketentuan Pasal 72 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

……………, …….…………….. 20…

Pendaftar,

(……………………………)

Sekian informasi mengenai contoh surat pendaftaran KPPS 2024 beserta syarat, serta panduan cara mendaftar. Semoga berguna dan bermanfaat.