Cara Optimasi Konten Agar Masuk Featured Snippet di Google

doel.web.id – Bagi anda yang mencari cara optimasi konten agar masuk featured snippet di Google, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menemukan tips yang perlu anda lakukan untuk membuat konten anda “dilirik” oleh google.

Sebelum kita membahas tips dan cara optimasi konten agar masuk featured snippet di Google, sebaiknya anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu featured snippet di Google.

Featured Snippet di Google

Featured Snippet adalah cuplikan dari sebuah kalimat yang muncul pada peringkat atas dari mesin pencarian Google yang berguna untuk menjawab pertanyaan dari pengguna secara cepat. Adapun konten yang muncul dalam cuplikan teks tersebut secara otomatis diambil dari halaman web atau blog dalam indeks Google. Baca juga Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Blog

Namun walaupun konten anda masuk featured snippet di Google tetapi bukan jaminan blog anda akan merebut semua visitor yang mencari keyword yang sama sebab ada kemungkinan Zero Click atau blog anda tidak mendapatkan klik karena informasi yang diinginkan pengguna mesin pencari langsung terpampang di halaman hasil pencarian sehingga pencari keyword tersebut tidak memerlukan masuk ke blog yang memuatnya.

Tetapi walaupun begitu, berhasil masuk featured snippet tetap mempunyai benefit tersendiri bagi pemilik blog yaitu visibility (visibilitas), dimana brand blog anda akan terangkat dengan masuk di Featured Snippet di Google yang menandakan blog anda memuat informasi penting dan akurat.

Perlu anda ingat bahwa Featured snippet ini bersifat dinamis serta selalu berubah-ubah, kadang tampil, kadang tidak tampil berdasarkan sejumlah ranking signal dan algoritma.

Cara Optimasi Konten Agar Masuk Featured Snippet di Google

Lalu bagaimana cara melakukan optimasi agar konten blog anda bisa masuk featured snippet di Google? Anda bisa menyimak beberapa tipsnya sebagai berikut.

Optimasi long-tail dan question-like Keyword

Apabila anda perhatikan, pada umumnya featured snippet yang tampil di Google Search untuk dua hal yakni untuk Keyword yang lebih panjang dan Direct question atau pertanyaan.

Jadi, cara pertama yang bisa anda lakukan adalah mengoptimasi konten blog anda dengan long-tail keyword dan question, maka search engine dapat menggunakan keduanya sebagai answer atau jawaban yang relevan serta potensial dan menampilkan featured snippet untuk pencarian query tersebut.

Meningkatkan Ranking Website Anda

Ranking website menjadi poin penting agar konten anda bisa masuk featured snippet, karena Google menggunakan ranking di SERP halaman pertama untuk dipilih dan ditampilkan di featured snippet.

Walaupun terkesan kurang adil tetapi Google sendiri secara konsisten mencoba untuk menyediakan informasi ataupun jawaban yang terpercaya dan paling relevan sesuai dengan pencarian pengguna, dan hal itu bisa didapatkan dengan hanya memilih halaman website 10 besar dengan konten yang berkualitas dan high authority.

Mencari Peluang dari “low-hanging”

Apa yang dimaksud peluang dari “low-hanging”? Tips ini dimana anda bisa mengoptimasi halaman web yang sudah ada di ranking di 10 besar. Anda bisa mengecek keyword apa yang menangkan dari halaman web tersebut, kemudian melakukan optimasi dengan menyertakan pertanyaan dan tentunya jawaban yang sesuai untuk membuka peluang masuk featured snippet di Google.

Format Konten

Perlu anda ketahui, bahwa membuat struktur yang baik merupakan salah satu poin penting dalam optimisasi featured snippet. Anda bisa melakukan format untuk optimasi konten blog anda agar masuk featured snippet sebagai berikut.

  • Menulis judul yang deskriptif yang mengandung long-tail dan question-like keyword beserta header tag seperti H1, H2, H3, dan seterusnya disertai jawaban langsung di bawahnya
  • Gunakan paragraf pendek yang mengandung jawaban yang jelas untuk paragraph snippet
  • Gunakan numbered list, bullet-point list, table, atau grafik untuk table dan listicle featured snippet
  • Anda bisa menambahkan gambar yang relevan ke dalam konten yang anda tulis
  • Mempertahankan jumlah kata yang optimal

Agar konten anda berpeluang masuk featured snippet di google, anda harus berusaha menuliskan jawaban yang singkat dan jelas serta usahakan tidak lebih dari 58 kata. Mengapa demikian? Sebab menurut data SEMrush, pada umumnya featured snippet memiliki panjang 40-50 kata, sedangkan Hubspot mengatakan sampai 58 kata.

Namun walaupun sebenarnya tidak ada jumlah kata pasti untuk featured snippet, karena masih ada faktor-faktor lainnya yang digunakan Google dan tidak hanya berpatokan pada jumlah kata saja.

Sekian informasi mengenai cara optimasi konten agar masuk featured snippet di Google, semoga berguna dan bermanfaat dan membuka peluang konten anda masuk featured snippet.

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *