Begini Cara Menyambungkan HP ke TV dengan dan Tanpa Kabel

doel.web.id – Apakah anda mencari cara menyambungkan HP ke TV dengan mudah? maka simak panduan yang akan kami bagikan kali ini dimana anda bisa melakukanya dengan kabel maupun tanpa kabel.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana di era kemajuan teknologi digital seperti saat ini membuat apa yang dipikir dulu mustahil dilakukan, tetapi terbukti bisa terwujud dan sangat mudah dilakukan dan semua itu berkat kemajuan digital yang begitu pesat.

Salah satunya adalah dimana anda kini bisa menyambungkan HP anda ke layar TV anda untuk mendapatkan tampilan gambar, video yang lebih luas dibandingkan layar HP yang terbatas. Dengan demikian, anda pun bisa berasa lega menonton beragam hiburan seperti bermain game, menonton video, bermain game dan lain sebagainya.

Caranya pun sangat mudah tanpa anda harus menjadi seorang ahli IT dimana anda bisa melakukannya dengan atau tanpa kabel. Penasaran? langsung simak panduannya sebagai berikut.

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan dan Tanpa Kabel

Cara Menyambungkan HP ke TV

Gunakan fitur Android Screen Mirroring

Pertama, cara menyambungkan hp ke tv adalah dengan menggunakan fitur screen mirroring untuk menghubungkan HP dan layar tv. Namun, pastikan dahulu televisi yang ada di rumah merupakan smart tv yang mendukung penggunaan fitur ini. Lalu kemudian anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini dengan cermat sebagai berikut.

  • Hubungkan hp dan tv ke jaringan Wi-Fi yang sama.
  • Buka pengaturan hp dan tv, lalu nyalakan fitur screen mirroring.
  • Cari nama atau merek tv di opsi perangkat yang muncul pada layar hp.
  • Anda bisa pilih merek tv, lalu anda bisa masukkan input code yang diminta, dan tekan tombol Connect.
  • Tunggu hingga kedua perangkat terhubung.

Gunakan Chromecast

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan Chromecast untuk menghubungkan ponsel dan televisi. Ini merupakan perangkat tambahan yang bentuknya seperti USB flashdisk dengan fungsi menyerupai Wi-Fi dan hotspot. HP milik anda akan berperan sebagai hotspot, sementara televisi adalah jaringan Wi-Fi. Berikut panduan Cara menggunakan Chromecast adalah sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi Google Home terlebih dahulu di ponsel.
  • Pastikan televisi dan HP terhubung ke jaringan internet yang sama.
  • Sambungkan Chromecast ke port HDMI yang ada pada layar televisi.
  • Aktifkan koneksi Wi-Fi untuk mendukung proses sinkronisasi.
  • Buka aplikasi Google Home, pilih akun Google yang sudah terhubung dengan perangkat Chromecast.
  • Tekan opsi Local Devices untuk mencari perangkat tv yang akan disambungkan.
  • Lalu anda bisa pilih perangkat yang sesuai, lalu pilih HP dan televisi akan terhubung secara otomatis.

Sambungkan dengan kabel HDMI

Dan terakhir cara menyambungkan hp ke tv berikutnya adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Ini bisa jadi solusi jika televisi di rumah tidak mendukung fitur screen mirroring. Anda hanya perlu menghubungkan kabel HDMI ke adaptor, lalu menghubungkan rangkaian tersebut ke kabel yang bagian ujungnya sama dengan port pengisian daya di ponsel. Setelah itu, pasang kabel ke ponsel dan televisi.

Sebagai catatan, cara ini akan berhasil jika HP anda memiliki Mode Alt HDMI agar tampilan layarnya dapat tersinkronisasi ke layar tv. Jika tidak, video ataupun gambar tidak akan muncul.

Demikian informasi mengenai cara menyambungkan HP ke TV dengan dan tanpa kabel. Anda cukup memilih cara diatas yang termudah menurut anda. Semoga berguna dan bermanfaat.