5 Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Di HP Android dan iPhone

doel.web.id – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan aplikasi pengubah suara jadi teks di HP android dan iPhone yang bisa anda manfaatkan untuk urusan tugas kuliah atau sekolah atau pekerjaan.

Dalam dunia dengan perkembangan teknologi digital yang semakin terhubung dan serba cepat membuat banyak hal yang dulunya hanya bisa dibayangkan akan terjadi dan saat ini benar-benar terwujud dan bisa digunakan dengan mudah.

Salah satunya adalah dimana anda bisa membuat kalimat atau teks tanpa perlu mengetik. Anda cukup mengeluarkan suara berdasarkan teks yang ingin anda buat. Hal ini merupakan wujud dari perkembangan digital yang bisa digunakan langsung di HP android dan Iphone tanpa perlu membeli perangkat canggih tambahan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pengubah suara jadi jadi teks.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi pengubah suara jadi teks di HP yang bisa anda gunakan di android maupun di iphone.

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Di HP Android dan iPhone

aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Di HP Android

Google Keyboard

Gboard – die Google-Tastatur
Gboard – die Google-Tastatur

Rekomendasi pertama pengubah suara jadi teks pertama adalah aplikasi bernama Google Keyboard yang tersedia di Android dan iPhone/iPad. Dengan aplikasi keyboard ini, anda dapat mengubah audio menjadi tulisan dengan mudah dan cepat. Ada lebih dari 60 bahasa yang dapat diterjemahkan, selain bahasa Indonesia. Aplikasi untuk merekam suara menjadi tulisan ini juga tampilannya sederhana dan mudah digunakan. Tinggal tekan tombol mikrofon, audio pun langsung diubah menjadi teks.

Live Transcribe

Aplikasi ini boleh dikatakan sebagai tools pengubah suara jadi teks terbaik di Android maupun iPhone. Live Transcribe didukung oleh AI alias kecerdasan buatan yang dapat mengubah audio menjadi tulisan secara real-time.

Ada berbagai pilihan bahasa yang dapat Anda manfaatkan. Transkrip tulisan juga lebih rapi, meski ada beberapa typo yang harus anda benarkan sendiri. Anda tidak perlu menekan tombol apapun, karena aplikasi untuk mengubah suara menjadi teks ini dapat mengenali suara secara otomatis, termasuk noise di sekitar.

Speechnotes

Aplikasi untuk mengubah file rekaman suara atau video menjadi teks yang selanjutnya adalah Speechnotes. Aplikasi ini sudah didukung AI canggih dari Google. Sama halnya dengan Live Transcribe, aplikasi pengubah suara menjadi teks yang satu ini akan langsung mengenali dan menerjemahkan suara ke teks secara real-time.

Menariknya, aplikasi pengubah rekaman suara menjadi teks ini memungkinkan pengguna untuk mengedit tulisan secara langsung meski aplikasi sedang mendikte ejaan dari suara. Selain itu, aplikasi juga dapat digunakan tanpa jaringan internet.

Voice Search

Apabila ingin mencari sesuatu di Google, tapi malah mengetiknya, gunakan saja aplikasi Voice Search untuk ubah suara jadi teks. Aplikasi bawaan Android ini terdapat di berbagai layanan Google dan mendukung banyak bahasa, termasuk Indonesia.

Anda tidak perlu mengetik apapun di kolom pencarian, anda cukup ucapkan saja dan hasil pencarian pun bakal muncul di halaman utama aplikasi.

Notulite

Dan rekomendasi aplikasi pengubah suara jadi teks terakhir dalam daftar ini adalah aplikasi bernama Notulite. Aplikasi buatan lokal ini memiliki keunggulan dalam hal akurasi. Ejaan suara yang diubah ke dalam teks minim typo atau kesalahan.

Selain itu, Notulite juga mampu mengenali dan membedakan karakteristik suara setiap pembicara. Notulite juga memudahkan pengguna untuk mengedit tulisan secara langsung, meski aplikasi sedang menerjemahkan suara ke dalam teks.

Demikian informasi mengenai aplikasi pengubah suara jadi teks di HP android dan iPhone yang bisa menjadi pilihan anda untuk membantu anda membuat dokumen, artikel, tugas, browsing dan lain sebagainya tanpa perlu mengetik. Semoga berguna dan bermanfaat.