doel.web.id – Bagi bisnisman yang baru terjun ke dunia usaha, maka Anda wajib tahu tentang apa itu strategi branding produk. Strategi ini membuat seorang bisnisman harus berpikir kreatif bagaimana produk yang dijual bisa diterima oleh konsumen.
Perlu Anda ketahui bahwa branding untuk produk tidak hanya tentang logo, merk, atau tagline semata. Melainkan juga bagaimana meyakinkan konsumen untuk menggunakan produk yang dijual. Jadi, Anda perlu mempelajari strategi ini demi mendulang keuntungan mengelola bisnis.
Tabel Konten
Pentingnya Mempelajari Strategi Branding Produk dalam Berbisnis
Bagi para pelaku usaha yang menjual produk, maka sangat penting bagi Anda untuk mempelajari teknik branding. Sebab salah satu faktor yang mempengaruhi pembelian produk ini terlihat dari bagaimana cara branding di pasaran.
Apabila mendapat anggapan negatif dari pelanggan, maka produk yang Anda jual kurang diminati oleh konsumen. Untuk itu, Anda harus menjaga betul tentang branding produk. Sehingga omset perusahaan tetap stabil.
Tercatat ada beberapa faktor penting mengapa Anda perlu mempelajari tentang strategi branding produk. Faktor pertama, tujuannya untuk memudahkan promosi kepada calon konsumen.
Dengan cara branding produk yang baik, maka konsumen mengetahui apa keunggulan dari produk yang Anda jual. Jadi, produk tersebut bisa bersaing dengan merk-merk dari kompetitor lain.
Faktor kedua, tujuannya untuk memudahkan calon konsumen mengenali produk dari perusahaan Anda. Ya, branding produk ini meliputi logo, merk, serta jargon yang Anda buat. Dengan begitu, konsumen dapat mudah mengenali produk yang Anda jual hanya melihat dari merk, logo, maupun jargon saja.
Faktor ketiga, tujuannya untuk mengetahui apakah produk mendapat respon positif atau tidak dari Calon pelanggan. Pasalnya calon konsumen bisa mendapatkan kesan positif atau negatif hanya dari kemasan luar saja.
Bila mendapat respon positif, maka produk akan laris di pasaran dan perusahaan yang Anda kelola bisa memperoleh laba cukup besar. Jika mendapat respon negatif, maka Anda harus melakukan re-branding agar produk dapat laku di pasaran.
Daftar Strategi Branding Produk yang Cocok untuk Bisnisman Pemula
Mengingat branding produk ini sangat penting dalam menjalankan bisnis, maka ketahui berbagai strategi-strateginya. Sebab membuat branding produk ini harus sesuai dengan Target pasar yang dituju.
Selain itu, Anda harus membuat produk sangat dibutuhkan oleh konsumen. Maka dari itu, ini dia ragam strategi branding produk yang bisa Anda coba sebagai bisnisman pemula. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :
1. Memikirkan Nama Merk dan Logo Produk
Strategi pertama, Anda harus memikirkan nama merk serta logo produk sebelum menjualnya. Pastikan nama merk dan logo produk ini mudah diingat oleh calon konsumen.
Usahakan nama merk dan logo ini mewakili jenis produk yang dijual. Dengan begitu, maka calon konsumen selalu mengingat produk yang Anda rilis meskipun tidak lagi dipromosikan secara online maupun offline.
2. Membuat Kemasa yang Inovatif
Strategi branding produk kedua, Anda perlu berpikir kreatif dan inovatif dalam membuat kemasan produk. Kemasan unik dan menarik ini tentu membuat calon konsumen penasaran dan ingin membeli produk.
Oleh sebab itu, Anda harus memikirkan bagaimana konsep membuat kemasan yang sesuai dengan produk. Dengan begitu, persentase produk diterima oleh konsumen semakin meningkat tajam.
3. Membuat Campaign Iklan yang Menarik
Strategi ketiga, Anda dapat membuat campaign iklan yang menarik. Dalam memasarkan produk, Anda bisa mengiklankan secara online maupun offline. Iklan yang menarik dapat menumbuhkan minat konsumen untuk membeli.
Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan pamflet, brosur, hingga media sosial untuk memasarkan produk kepada konsumen. Dan konsumen yang tertarik akan membeli produk sesuai dengan kebutuhannya.
Ragam Tips Memulai Strategi Branding Produk
Agar pembentukan branding produk berhasil, maka Anda juga harus menerapkan beragam tips-tips suksesnya. Sebab, tips-tips tersebut juga menentukan suksesnya pembentukan branding produk hingga sampai ke calon konsumen.
Nah tips pertama, Anda harus tahu filosofi nama merk, logo, serta tagline. Sebab beberapa konsumen tertarik dengan latar belakang produk yang Anda jual. Sehingga pelanggan tertarik dengan produk yang Anda edarkan karena filosofi terkait merk, logo, maupun taglinenya.
Tips kedua, Anda harus menentukan segmentasi target Pangsa pasar potensial produk. Tujuannya untuk menentukan desain kemasan yang sesuai dengan target pangsa pasar potensial. Dengan begitu, maka produk akan terjual sesuai target pasar.
Tips ketiga, Anda harus konsisten ketika melakukan campaign promo produk. Pasalnya, salah satu faktor kegagalan dalam mengelola bisnis adalah kurangnya campaign iklan. Sehingga calon konsumen tidak mengetahui produk yang sedang dipasarkan.
Untuk itu, Anda disarankan untuk mencoba menggunakan media sosial untuk mengiklankan produk. Salah satu media sosial yang banyak diminati oleh calon konsumen ini seperti Twitter, Instagram, Youtube, hingga Facebook.
Bagi seorang bisnisman, maka Anda wajib tahu cara mengenalkan produk kepada konsumen. Salah satunya dengan branding produk. Agar produk bisa dikenal oleh calon konsumen, maka silahkan pelajari ragam strategi branding produk bisa bersaing dengan kompetitor.
Ragam Strategi Branding Produk, Bisnisman Pemula Wajib Tahu