doel.web.id – Apakah anda pernah mendengar SEO Onpage dan Offpage yang membuat anda bingung membedakannya? Tidak usah bingung, sebab kali ini kami akan berbagi mengenai perbedaan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage yang bisa anda simak dibawah ini.
Namun sebelum kita membahas mengenai perbedaan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage, maka ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai apa itu SEO agar nantinya anda bisa lebih mudah memahami perbedaan onpage dan offpage.
Apa itu SEO? SEO atau kependekan dari search enggine optimization adalah upaya optimasi blog atau website agar memperoleh ranking yang baik di mesin pencari seperti google sehingga bisa mendapatkan pengunjung dari mesin pencari yang mencari kata yang relevan dengan isi blog atau website anda. Baca juga Cara Optimasi Konten Agar Masuk Featured Snippet di Google
Untuk SEO sendiri, terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan pemilik blog atau website untuk mengoptimasi blognya. Dimana biasanya setiap pelaku SEO memiliki perbedaan dalam cara penerapannya, tetapi pada dasarnya meliputi mencari keyword, backlink, konten yang SEO, yang mana semuanya termasuk dalam optimasi SEO onpage dam SEO offpage.
Tabel Konten
Perbedaan Optimasi SEO Onpage dan Optimasi SEO Offpage
Setelah memahami apa itu SEO dan fungsinya, maka secara garis besarnya, ada dua upaya optimasi yang bisa anda lakukan yakni optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage. Berikut arti dan perbedaannya yang bisa anda simak sebagai berikut.
Optimasi seo onpage adalah upaya optimasi yang dilakukan di dalam blog atau website itu sendiri, sedangkan optimasi SEO offpage adalah upaya optimasi yang dilakukan oleh si pemilik situs di luar blog atau website yang bisa berdampak positif untuk SEO blog secara keseluruhan.
Adapun tujuan dan maksud optimasi optimasi SEO onpage dan offpage adalah bertujuan agar blog anda memperoleh ranking yang baik dihalaman pencari bahkan hingga halaman pertama dan masuk tiga besar yang mana akan mendulang pengunjung yang banyak untuk blog dan website anda apabila keyword yang anda rangking memiliki jumlah pencari yang banyak.
Agar lebih jelasnya, berikut optimasi SEO Onpage dan Optimasi SEO Offpage yang bisa anda lakukan sebagai berikut.
Optimasi SEO Onpage
Membuat Artikel SEO
Membuat artikel dengan melibatkan unsur-unsur seo onpage yang disukai oleh mesin pencari di dalamnya. Untuk membuat artikel yang seo onpagenya baik biasanya selalu menggunakan pendekatan google rangking faktor, dari mulai membuat judul postingan, menaruh kata kunci yang teroptimasi, membuat permalink yang teroptimasi dan lain sebagainya.
Membenahi struktur Template/Theme Blog atau Website
Membenahi struktur Template sehingga banyak melibatkan unsur-unsur yang sesuai dengan rangking faktor, misalnya membuat template menjadi responsive sehingga mobile friendly ketika template diakses menggunakan perangkat mobile, membenahi struktur template agar terhindar dari duplikat konten yang tidak disukai mesin pencari dan lain sebagainya.
Untuk membenahi struktur template agar mendukung seo onpage yang baik setidaknya anda harus mamahami struktur template dan juga memiliki kemampuan untuk membuat template, tapi jangan khawatir jika anda merasa kesulitan untuk membenahi template, cara paling praktis adalah mencari template blog gratisan yang sudah seo friendly yang banyak sekali dishare oleh teman-teman blogger, jadi anda tidak perlu repot-repot harus membenahinya sendiri.
Optimasi SEO Offpage
Backlink
Apa itu backlink? backlink atau disebut juga sebagai inbound link atau link masuk adalah link di situs atau blog orang lain yang apabila diklik akan menuju halaman blog anda, backlink sampai saat ini dianggap sebagai faktor yang dapat meningkatkan ranking halaman situs, semakin banyak link dan maka semakin baik kualitasnya.Akan tetapi pastikan backlink yang anda gunakan merupakan backlink yang berkualiatas dari blog atau website besar dan setidaknya memilih bahasa dan topik yang sama dengan topik blog dan website anda.
Ada banyak cara membangun backlink dan backlink sampai saat ini menjadi salah satu faktor yang bisa memberikan dampak meningkatkan rangking halaman blog di hasil pencarian, seperti membeli backlink dari media nasional dari jasa layanan backlink, PBN atau private blog network, hingga menulis kolom di berbagai platfrom media nasional dimana apabila tulisan anda berhasil dimuat, anda bisa untuk memberikan link ke website atau blog anda untuk backlink gratis.
Promosi Secara online dan offline
Selanjutnya adalah promosi secara online maupun offline. Adapun promosi offline biasanya adalah upaya memperkenalkan alamat blog atau website agar mudah ketahui oleh orang lain dengan berbagai cara offline. Sedangkan promosi secara online seperti menggunakan melalui media sosial seperti facebook, twitter, google plus, blog lain dan lain sebagainya yang akan memberikan dampak pada trafik blog atau website anda.
Sekian informasi mengenai perbedaan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage yang semoga berguna dan bermanfaat menambah wawasan anda mengenal SEO terbaik untuk blog dan website anda.
Mengenal Perbedaan Optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage