Cara Mengatasi Tethering Hotspot Yang Tidak Berfungsi di HP Android

doel.web.id – Apakah anda mencari cara mengatasi tethering hotspot yang tidak berfungsi di HP android, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak solusi cara mengatasinya.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana Thetering hotspot bukanlah hal yang asing lagi dilakukan para pengguna HP saat ini dimana thetering hotspot ini berfungsi untuk menyambungkan perangkat HP lainnya dengan internet. Fitur ini sama sekali tidak menggunakan kabel apapun dimana perangkat yang tersambung dengan thetering akan tersambung secara wireless.

Adapun pengertian dari thetering sendiri adalah fitur berbagi koneksi internet perangkat seluler meliputi HP atau tablet dengan komputer atau perangkat seluler lain dimana perangkat yang mengaktifkan Tethering akan membuat perangkat tersebut berperan sebagai modem (modulator demodulator) untuk perangkat lainnya.

Atau dengan bahasa mudahnya, tethering hotspot bisa membantu perangkat lain terhubung internet melalui media perangkat yang mengaktifkan thetering.

Sesuai dengan judul diatas, bagi anda yang menemukan kendala thetering tidak bisa berfungsi secara normal, maka perlu anda ketahui beberapa penyebabnya yang membuat thetering tidak berfungsi secara normal.

Penyebab Tethering Hotspot Tidak Bisa Berfungsi

Mengatasi Tethering Hotspot Yang Tidak Berfungsi

 

Internet Sedang Lemot

Jika anda mengalami thetering yang sudah berhasil tetapi sinyal internet belum bisa digunakan di perangkat lain, maka bisa jadi disebabkan karena internet memang tengah lemot pada saat itu.

Jadi walaupun dipaksakan agar digunakan, maka akan tetap lemot dan anda bisa menunggu hingga keadaan normal atau menggantinya dengan provider yang baru.

Provider Sedang Mengalami Gangguan

sama seperti dengan jaringan Wi-Fi, jaringan internet biasanya juga sering mengalami gangguan terutama dari pihak operator. Gangguan tersebut bisa jadi disebabkan karena adanya maintenance ataupun diakibatkan karena cuaca buruk.

Apabila gangguan diakibatkan karena cuaca buruk, maka pengguna bisa menunggu terlebih dahulu hingga cuaca kembali baik.

Kuota Paket Data Yang Sudah Habis

Penggunaan secara terus-menerus mungkin akan membuat pengguna jadi lupa mengecek kuota paket internet yang tersisa. Bahkan tidak jarang tanpa disadari kuota internet habis secara tiba-tiba.

Memberikan Pembatasan Penggunaan Data

Penyebab terakhir dari tethering hotspot tidak bisa berfungsi dengan baik adalah pengguna memberikan batasan penggunaan data harian. Jika ternyata penggunaan data sudah mencapai batas, maka pengguna dijamin tidak akan bisa mendapatkan akses internet didalamnya.

Cara Mengatasi Tethering Hotspot Tidak Berfungsi Dengan Baik

Mengatasi Tethering Hotspot Yang Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui penyebab thetering tidak berfungsi secara normal, maka berikut panduan cara mengatasinya sebagai berikut.

Reboot HP

Sebelum anda melakukan cara lainnya, maka anda bisa memuat ulang atau reboot HP anda terlebih dahulu. Caranya sangat mudah yakni dengan menekan tombol power selama beberapa detik hingga menemukan opsi reboot.

Dengan reboot inilah dapat mengembalikan kinerja dari HP android anda dengan baik termasuk juga bisa mengatasi masalah hotspot tidak bisa berfungsi dengan baik. Jangan khawatir karena selama proses tersebut tidak akan menghapus data-data didalamnya.

Matikan Serta Hidupkan Hotspot

Cara menghilangkan error lainnya yakni dengan memastikan ataupun menghidupkan hotspot pada android dahulu. Tetapi setelah mematikannya, maka pengguna perlu menunggu sebentar untuk menghidupkannya.

Sebab kebanyakan dari pengguna dapat mengatasi masalah error tersebut hanya dengan menghidupkan ataupun mematikan sambungan hotspot.

Cek Koneksi Internet

Cara mengatasi tethering hotspot tidak dapat berfungsi dengan baik selanjutnya adalah mengecek koneksi internet. Contohnya saja apabila jaringannya adalah H+, maka bisa dipastikan masalah diakibatkan karena jenis jaringan internetnya.

Hal inilah yang menjadi alasan pengguna perlu mengganti koneksi internet tersebut menjadi 4G Only melalui menu pengaturan ataupun memanfaatkan aplikasi tambahan.

Mencoba Mengalihkan ke Mode Pesawat

Selain cara diatas, mengalihkan HP ke mode terbang juga bisa menjadi solusi paling utama yang dapat dilakukan oleh para pengguna. Silahkan diamkan sebentar dalam keadaan mode pesawat dan kembalikan lagi.

Pastikan Jarak Hotspot Dengan Perangkat Tidak Begitu Jauh

Penyebab kenapa hotspot tidak dapat berfungsi dengan baik bisa jadi karena jarak hotspot dengan perangkat lainnya cukup jauh. Jadi sebaiknya kedua perangkat tersebut dalam keadaan berdekatan sehingga dapat berbagi jaringan internet.

Apabila ternyata cara diatas masih belum berhasil maka anda perlu melakukan hard reset atau factory reset terlebih dahulu. Jika ingin melakukannya, silahkan backup semua data didalamnya agar tidak sampai hilang.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi tethering hotspot yang tidak berfungsi di HP android. Semoga berguna dan bermanfaat.