Inilah Keunggulan Corning Gorilla Glass 5

Istilah Corning Gorilla Glass 5 pastinya sering kita dengarkan ketika membaca spesifikasi HP. Lalu apa keunggulan dari Corning Gorilla Glass 5 ini?

Apa yang paling dikhawatirkan pengguna smartphone selain perangkat kerasnya rusak? Kita sering khawatir akan pecahnya layar smartphone. Untungnya, kekhawatiran ini bakal berkurang karena Corning, sebuah perusahaan kaca dan keramik yang berbasis di New York telah menelurkan produk barunya, yakni Gorilla Glass 5.

Apa Itu Corning Gorilla Glass ?

gorilla glass 5

Corning Gorilla Glass yang kita tahu telah mengubah peta layar smartphone menjadi tidak tergantung lagi dengan pelindung plastik anti gores. Selain tidak mudah kusam, kaca pelindung dari Corning ini benar-benar melindungi layar smartphone dari goresan-goresan kasar yang diakibatkan oleh pemakaian. Meski ada beberapa keluhan yang mengurai kelemahan produk Corning ini, tapi Gorilla Glass tetap menjadi andalan setiap produsen smartphone. Dan ketika Corning mengumumkan ada versi baru dari Gorilla Glass pada Rabu (20/07), publik menyambut gembira. Baca juga Begini Cara Mengunci Aplikasi di HP Android, Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Corning Gorilla Glass Terbaru

Corning menyebut produk barunya ini sebagai Gorilla Glass 5. Karena ini merupakan suksesor dari Gorilla Glass 4. Keunggulan dari Gorilla Glass, sebagaimana dikutip dari The Verge, adalah tahan jatuh dari ketinggian 1,5 meter. Pasalnya pada uji coba oleh internal Corning, Gorilla Glass 5 memiliki ketahanan sebesar 80% ketika dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter. Sementara pendahulunya, Gorilla Glass 4, hanya bertahan dari ketinggian 1 meter saja.  Baca juga

Penelitian internal yang telah dilakukan oleh Corning menyebut bahwa 85 % pengguna smartphone telah menjatuhkan smartphone-nya setidaknya 2 kali pada tahun lalu. Dan rata-rata tinggi jatuhnya memang 1 meter lebih sedikit. Untuk itu kebutuhan akan hadirnya kaca pelindung smartphone yang tahan jatuh sangat urgen, dan Corning telah mewujudkannya. Baca juga Harga dan Spesifikasi Lengkap HP Vivo Y12 Terbaru

Corning Gorilla Glass Victus

Corning Gorilla Glass Victus diklaim dapat bertahan ketika terjatuh hingga ketinggian 2 meter di permukaan keras. Sebagai perbandingan, kaca pelindung generasi sebelumnya dari Corning, Gorilla Glass 6, hanya bertahan pada ketinggian 1,6 meter.

Gorilla Glass Victus juga diklaim lebih tahan gores dua kali lipat dibanding pendahulunya, dan hingga empat kali lebih tahan gores dibanding kaca pelindung yang terbuat dari aluminosilicate. Dengan kata lain, dibutuhkan dua kali lipat usaha untuk dapat menggores Victus dibandingkan pada Gorilla Glass 6.

Corning Gorilla Glass Victus juga memiliki desain ringan dan tipis. Ini membuat perangkat menjadi jauh lebih tipis dan ringan. Bahkan lapisan ini juga dikenakan pada modul kamera. Karena modul kamera yang lebih besar dan menonjol dapat menjadi penyebab lensa ponsel menjadi lebih rentan retak.

Kelebihan lainnya adalah, dengan adanya jaringan 5G maka penggunaan kaca akan lebih luas pada ponsel. Ini karena beberapa material tidak baik untuk aktivitas pada perangkat, misalnya logam yang bisa menjadi penghalang dan tidak kondusif untuk pengisian daya nirkabel. Dan Corning Gorilla Glass Victus menjadi pilihan.

Gorilla Glass telah menyapa pengguna smartphone sejak 2007. Sejak saat itu, kehadirannya sangat fenomenal mengingat ketahanan yang diberikan berbanding terbalik dengan ukurannya yang cukup tipis. Untuk itu hampir 75 persen produsen smartphone mempercayakan Gorilla Glass sebagai pelindung luar dari perangkat besutannya. Baik pengguna dan produsen smartphone Samsung, HTC, Lenovo, Huawei, LG, HP, dan Asus telah membuktikan keandalan Gorilla Glass. Dan sekitar dua bulan lagi, pengguna smartphone yang baru akan bisa menikmati ketahanan dari kaca pelindung ini.

bangdoel

Bang Doel adalah seorang blogger yang menulis tentang berbagai topik di dunia digital, media sosial, gadget, teknologi, politik, sosial, dan humaniora. Doel.web.id menjadi sarana untuk menyalurkan hobi menulis dan melakukan analisis.

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Vivo V5 Plus Hadir Dengan Dua Kamera Depan

Meningkatkan Performa Grafis atau GPU Smartphone Agar Game Lebih Lancar

BlackBerry Aurora Sudah Bisa Dipesan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Pengin Beli iPhone X Tapi Kemahalan? Ini Alternatifnya