Begini Cara Mengunci Aplikasi di Android dengan Mudah dan Aman

doel.web.id – Apakah anda tidak ingin aplikasi di HP android anda bisa diakses oleh sembarangan orang, maka simak panduan cara mengunci aplikasi di android dengan mudah dan aman yang akan kami bagikan kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana aplikasi telah menjadi bagian penting dari penggunaan HP di era modern saat ini, dimana dengan bantuan beragam aplikasi, pemilik HP bisa melakukan berbagai macam hal mulai dari berkomunikasi via chat, membaca dan mengirim email, membuka sosial media, mengedit foto dan video, hingga bermain game dan lain sebagainya.

Namun kadang, banyak pengguna HP yang menginginkan privasi lebih dan aman sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses aplikasi yang berlabel “privasi” dan penting bagi pemilik HP. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak pengguna HP yang mencari cara mengunci aplikasi di android untuk mengamankan aplikasi dan tidak bisa dibuka sembarang orang.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengunci aplikasi di android dengan mudah dan aman untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi

Cara Mengunci Aplikasi di Android

Cara Pertama adalah dengan menggunakan Settingan HP seperti pada HP Realme yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Pertama, anda bisa membuka menu pilihan “Pengaturan/Setting” dengan icon “Gear” di HP anda.
  • Kemudian pilihlah “Kata sandi & biometrik”
  • Selanjutnya di kolom bagian bawah klik menu “Kunci Aplikasi”
  • Lalu anda bisa mencari aplikasi yang ingin anda kunci aksesnya
  • Setelah ditemukan, maka gulirlah bulatan di sebelah kanan aplikasi yang anda pilih hingga berubah berwarna
  • Maka secara otomatis aplikasi tersebut terkunci dan membutuhkan akses berupa sidik jari, face unlock maupun PIN untuk membuka aplikasi tersebut.

Cara Mengunci Aplikasi di Android Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

AppLock Pro – App Lock & Privacy Guard for Apps

AppLock - App Sperre Schützen
AppLock - App Sperre Schützen

Pastikan telah menginstal aplikasi AppLock Pro – App Lock & Privacy Guard for Apps, kemudian bukalah aplikasi AppLock Pro. Di halaman depan akan ditampilkan beberapa menu fitur yang bisa anda pilih. Kemudian pilih menu “Secure Your Apps”, setelah itu akan muncul beberapa aplikasi yang bisa anda kunci. Selanjutnya anda bisa klik icon “gembok” hingga gambar gembok tersebut tertutup. Untuk pengamanan nya bisa menggunakan PIN, pola, fingerprint bahkan face unlock.

AppLock – Lock Apps & Password

Sama seperti aplikasi sebelumnya, dimana anda bisa menyetting beberapa aplikasi yang ingin dilindungi aksesnya dengan menggunakan PIN pola maupun fingerprint. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan beberapa tema background untuk tombol PIN maupun pola yang bisa dipilih.

AppLock – Fingerprint

AppLock – Fingerprint merupakan salah satu aplikasi yang bisa mengunci aplikasi Android dengan mudah dan juga aman. Dalam aplikasinya, AppLock – Fingerprint ini menyuguhkan fitur dimana anda bisa memilih tipe penguncian seperti pattern, PIN, atau fingerprint.

Uniknya, AppLock – Fingerprint ini akan secara otomatis mengambil foto bagi orang jahil yang berusaha untuk membuka kode secara paksa. Tak hanya itu saja, bahkan AppLock – Fingerprint akan menampilkan error window ketika seseorang mencoba untuk meretas kode.

Demikian informasi mengenai cara mengunci aplikasi di android dengan mudah dan aman. Semoga berguna dan bermanfaat.