Cara Mengatur Resolusi Film Netflix agar Tidak Boros Kuota Internet

doel.web.id – Apakah anda merasa kuota internet anda terus-terusan jebol karena hobi anda menonton film di Netflix? Simak panduan cara mengatur resolusi film Netflix agar tidak boros kuota internet.

Bagi anda para pecinta film dan serial, pastinya nama platform atau aplikasi bernama Netflix bukanlah menjadi nama asing lagi bukan? dimana Netflix telah menjadi andalan banyak pecinta film untuk menonton film-film favorit dengan mudah.

Hal ini tidak terlepas dimana Netflix menyediakan ribuan koleksi film dari dalam dan luar negeri serta bisa dinonton kapan saja. Yang anda butuhkan hanya jaringan internet yang lancar dan stabil.

Namun banyak juga pengguna Netflix yang mengeluhkan kuota internet yang cepat habis ketika menonton film favorit di Netflix dimana hal tersebut bisa terjadi ketika tidak tepat dalam memiliki resolusi film yang akan di tonton dimana Netflix sendiri menyediakan beberapa pilihan resolusi kualitas video mulai ari SD (480p), HD (720p), full HD (1080p), dan 4K (dengan atau tanpa HDR)

Semakin tinggi resolusi yang dipilih, maka kualitas tontonan akan semakin jernih dan tajam. Akan tetapi hal semakin tinggi resolusi yang dipilih maka akan semakin tinggi pula penggunaan data internet bagi anda pengguna kuota internet dan bisa menguras kuota internet anda lebih cepat.

Sebagai gambaran dimana disebutkan untuk resolusi SD (480p) akan menyedot kira-kira 300 MB per jam. Sementara itu, kualitas HD (720p) membutuhkan 700 MB per jam, full HD (1080p) membutuhkan 3 GB per jam, dan 4K dengan dan tanpa HDR membutuhkan 7 GB per jam.

Namun anda tidak perlu kuatir sebab anda bisa mengatur resolusi film Netflix agar tidak boros kuota internet dimana anda bisa menyimak panduannya sebagai berikut.

Cara Mengatur Resolusi Film Netflix agar Tidak Boros Kuota Internet

Cara Mengatur Resolusi Film Netflix

  • Pertama silahkan buka Netflix. Bis anda lakukan dengan aplikasi atau peramban/browser.
  • Pastikan sudah berada di akun yang sesuai.
  • Arahkan ke halaman profil dan pilih menu ‘Playback Settings’.
  • Pilih kualitas yang tersedia, yaitu Auto, Low, Medium, atau High.
  • Simpan perubahan dengan mengetuk tombol ‘Save’.
  • Selesai.

Resolusi Netflix yang dipilih adalah resolusi maksimal yang akan digunakan saat pengguna menikmati tontonan Netflix. Selain mengikuti petunjuk di atas, resolusi Netflix juga dipengaruhi hal-hal sebagai berikut.

  • Paket yang dipilih: paket HP (resolusi maksimal 480p), paket dasar (resolusi maksimal 720p), paket standar (resolusi maksimal (1080p), dan paket premium (resolusi maksimal 4K).
  • Kecepatan koneksi Internet: untuk resolusi 4K membutuhkan kecepatan 15 Mbps, 1080p membutuhkan kecepatan 5 Mbps, 720p membutuhkan kecepatan 3 Mbps, dan 480p membutuhkan kecepatan 1 Mbps.
  • Perangkat yang digunakan: apakah sudah mendukung kualitas video 4K, 1080p, atau masih di bawahnya.

Demikian informasi mengenai cara mengatur resolusi film Netflix agar tidak boros kuota internet. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda para pengguna setia Netflix.