5 Aplikasi untuk Mengontrol dan Memantau Anak dalam Menggunakan HP

doel.web.id – Apakah anda ingin mengetahui aktivitas apa saja yang anak buat ketika memegang HP? maka simak rekomendasi aplikasi untuk mengontrol dan memantau anak dalam menggunakan HP yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana dalam era digital seperti saat ini yang semakin berkembang, memberikan akses kepada anak-anak untuk menggunakan perangkat pintar seperti HP bisa menjadi keputusan yang sulit bagi banyak orang tua. Di satu sisi, agar anak tidak ketinggalan teknologi terbaru dan tidak gaptek, tetapi di satu sisi lainnya dimana terdapat banyak konten negatif yang bisa mempengaruhi anak.

Namun anda tidak perlu kuatir dimana saat ini anda bisa menggunakan aplikasi yang memang dirancang khusus untuk mengontrol dan memantau aktivitas anak-anak dalam menggunakan perangkat tersebut, sehingga anda pun dapat merasa lebih nyaman dan tenang.

Aplikasi ini akan memberikan fitur kontrol orang tua yang memungkinkan anda mengatur batasan waktu penggunaan hingga pemantauan aktivitas online yang mendetil. Selain itu, aplikasi-aplikasi ini juga menyediakan alat yang efektif untuk membantu anda mengelola penggunaan HP anak-anak anda. Dengan memahami dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, anda dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk menjaga keamanan anak anda dari hal-hal negatif yang bisa didapatkan secara tidak sengaja dari internet.

Berikut kami bagikan rekomendasi aplikasi untuk mengontrol dan memantau anak dalam menggunakan HP yang bisa anda simak dibawah ini.

Aplikasi untuk Mengontrol dan Memantau Anak dalam Menggunakan HP

Aplikasi untuk Mengontrol dan Memantau Anak dalam Menggunakan HP

Norton Family Premier

Norton Family Parental Control
Norton Family Parental Control

Rekomendasi pertama untuk aplikasi dengan fungsi mengawasi HP anak dalam menggunakan HP adalah aplikasi bernama Norton Family Premier. Salah satu keunggulannya adalah membantu orang tua melindungi anak dari potensi ancaman online seperti bullying.

Orang tua dapat membatasi jumlah waktu anak bermain hp berdasarkan usianya, atau mengatur jadwal di HP. Aplikasi ini juga dapat melacak lokasi HP, sehingga mudah saat ingin mencari anak. Aplikasi ini sangat kompatibel dengan perangkat Windows, Android, dan iOS, fiturnya juga menawarkan dasbor web yang mudah digunakan oleh orang tua.

Google Family Link

Google Family Link hadir karena pihak Google merasa bertanggung jawab untuk ikut menyaring konten-konten yang dikonsumsi oleh anak di bawah umur. Maka dari itu, Google menciptakan sebuah aplikasi yang bisa membantu orang tua untuk mengawasi dan mengontrol pemakaian handphone dan internet untuk anak-anak.

Pada awalnya, layanan khusus ini hanya bisa digunakan untuk pengguna android. Sedangkan untuk pengguna iPhone, dan iPad belum bisa mengaksesnya. Tetapi seiring berkembangnya teknologi, kemudian dilakukan perbaikan dan pembaharuan sehingga semua jenis perangkat bisa mengaksesnya. Aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk mengawasi anak yang bermain game secara online.

Terdapat banyak fitur menarik yang bisa digunakan oleh orangtua untuk mengontrol kegiatan anaknya di HP. Diantaranya menyetel batas waktu pemakaian, melacak lokasi perangkat anak, kemudian juga menyetujui download atau pembelian aplikasi ataupun barang lainnya di e-commerce. Sehingga tidak akan ada lagi kasus pembelian game online tanpa diketahui oleh orang tua hingga ratusan ribu atau jutaan rupiah.

Kids Guard Pro

KidsGuard Pro ini dianggap sebagai aplikasi untuk mengawasi HP anak yang terbaik, karena aplikasi ini memiliki berbagai cara untuk memantau aktivitas anak. Ini dapat memantau lebih dari 30 fitur, dari lokasi GPS saat ini, geofence, teks, panggilan, riwayat penelusuran, aplikasi media sosial seperti Instagram, WhatsApp, yang menjadi masalah orang tua saat ini.

Jadi, orang tua dapat dengan mudah mendeteksi konten yang menunjukkan potensi masalah misalnya seperti adanya intimidasi atau kekerasan pada anak. Selain itu, dengan ini orang tua juga bisa memantau antau pesan masuk, keluar, dan bahkan yang dihapus.

Panel kontrol web memungkinkan orang tua mengontrol dari jarak jauh dan bekerja dalam mode siluman sehingga anak tidak akan tahu sedang dipantau. Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan untuk tidak hanya merekam setiap penekanan tombol yang dibuat di HP anak. Tetapi juga mengidentifikasi di mana kata-kata itu digunakan. Sebelum menginstal aplikasi ini, penting untuk membicarakan penggunaan dan pengawasan dengan anak-anak.

Kids Place – Parental Control

Aplikasi ini cocok bagi orang tua yang ingin mengontrol aktivitas anak-anak mereka di dalam HPnya. Tersedia fitur mode anak yang memberikan orang tua fleksibilitas tentang cara mengkonfigurasi HP dan tablet anak.

Untuk membatasi waktu layar dan memblokir iklan dan berbagai konten yang tidak pantas. Dengan aplikasi ini, anda bisa mencegah anak membuat panggilan telepon, mengirimkan pesan teks, mengunduh aplikasi baru, memblokir pembelian, memblokir situs web tertentu hingga membatasi durasi penggunaan HP.

Net Nanny

Dan rekomendasi terakhir adalah aplikasi bernama Net Nanny yang merupakan aplikasi lengkap dan terkenal untuk memantau panggilan telepon, pesan, dan banyak lagi fitur menarik yang ada di dalamnya. Lebih dari 18 jenis konten online dapat diblokir sesuai dengan kebutuhan.

Setiap akses konten dewasa dapat dilaporkan dan akses akan segera diblokir. Selain itu, orang tua juga dapat menambahkan frasa atau kata kunci untuk diblokir. Selain tentunya dapat mengatur batas waktu penggunaan internet di HP anak.

Demikian informasi mengenai rekomendasi aplikasi untuk mengontrol dan memantau anak dalam menggunakan HP. Semoga berguna dan bermanfaat.