7 Aplikasi Password Manager Android Terbaik dan Terbaru 2024

doel.web.id – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan aplikasi password manager android terbaik dan terbaru 2024 yang bisa anda gunakan secara gratis.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana saat ini password telah menjadi bagian aktivitas sehari-sehari yang umum digunakan. Mulai dari password HP, password ewallet, password sosial media, password email, password mobile banking dan lain sebagainya.

Dengan fungsi penting dari password untuk mengamankan HP atau aplikasi agar tidak diakses orang lain, maka password menjadi hal penting yang harus diingat dan disimpan dengan aman. Sebab jika anda melupakan password, maka anda akan terblokir untuk bisa mengakses aplikasi yang memiliki password.

Dengan banyaknya aplikasi atau platform yang membutuhkan password, maka tentu mengingat banyak password bisa menjadi kesulitan tersendiri. Apalagi jika anda cuman sesekali menggunakan password tersebut, maka kemungkinan lupa password pun bisa semakin besar.

Disinilah peran penting dan tujuan dari aplikasi password manager dimana anda bisa menyimpan beragam password dengan mudah dan terjamin keamanannya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasinya sebagai berikut.

Aplikasi Password Manager Android Terbaik

Aplikasi Password Manager Android

Dashlane Password Manager

Passwort-Manager von Dashlane
Passwort-Manager von Dashlane
Developer: Dashlane
Price: Free

Dashlane Password Manager yang bisa anda manfaatkan untuk menyimpan password login ke berbagai akun, termasuk media sosial dan e-mail. Ada pula opsi untuk menyimpan data pribadi seperti informasi kartu kredit dan identitas.

Cara menggunakannya juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi serupa. anda tinggal tekan tombol “+” di halaman utama aplikasi. Lalu pilih jenis informasi yang akan anda tambahkan. Contohnya informasi login. Setelahnya, pilih akun yang ingin anda simpan password-nya.

Perbedaan Dashlane dengan aplikasi password manager lain terletak pada sisi praktisnya. Aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengimpor langsung informasi login yang anda simpan di PC/laptop, browser, dan lain sebagainya.

Jika ingin mengisi informasi login secara manual, anda cukup masukkan datanya. Sebut saja seperti e-mail dan kata sandi login anda. Tentu, anda bisa menambahkan verifikasi 2 langkah di informasi password tersebut. Setelah selesai, silakan save informasi login-nya. Jangan lupa aktifkan fitur autofill password agar anda tidak perlu ribet lagi mengetik informasi login lagi.

Fitur-fitur unggulan Dashlane lainnya juga menarik. Ada dark web monitoring yang akan membantu anda untuk menjaga data pribadi dari hacker dark web. Ada pula password generator dan opsi untuk berbagi dokumen rahasia.

Sayangnya, beberapa fitur Dashlane, termasuk dark web monitoring merupakan fitur premium. Namun, jangan kuatir sebab anda bisa mencoba fitur ini secara gratis dalam masa free trial.

Kaspersky Password Manager

Walaupun dikenal sebagai produk anti virus, Kaspersky juga menyediakan aplikasi password manager. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur autofill. Jadi, anda tidak perlu repot mengetik informasi login ke media sosial atau website.

Seperti kebanyakan aplikasi serupa, Kaspersky Password Manager pun menyediakan opsi untuk mengimpor password dari Google Chrome. Ada pula fitur pengecek kekuatan dan keamanan password yang dapat anda akses.

Bukan cuma password login, informasi kartu kredit dan debit, serta identitas pribadi pun memungkinkan untuk anda simpan di sini. Uniknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pemindai dokumen.

Namun sayangnya, jumlah password yang anda simpan di aplikasi ini dibatasi. Jika ingin menyimpan password secara unlimited, serta menghubungkan akun Kaspersky Password Manager di berbagai perangkat, anda harus berlangganan premium dulu. Unduh Kaspersky Password Manager di Google PlayStore.

Bitwarden Password Manager

Salah satu aplikasi password manager terbaik di Android adalah Bitwarden Password Manager. Aplikasi ini dapat diandalkan untuk menyimpan informasi login ke berbagai akun media sosial ataupun e-mail.

Aplikasi ini menawarkan user interface yang benar-benar simpel. Untuk menggunakannya juga tidak sulit. Silakan login atau daftarkan akun anda di Bitwarden dengan menggunakan e-mail. Jika sudah selesai mendaftar, anda hanya perlu menekan ikon “+” atau tombol bertuliskan “Add items”.

anda akan diminta memilih jenis informasi password/PIN. Apakah untuk login ke akun tertentu, apakah untuk kartu kredit/deerbit, atau untuk dokumen rahasia. Silakan pilih “login” untuk menambahkan informasi password media sosial, akun e-mail dan lainnya.

Silakan isi nama akun, username, password, dan informasi terkait lainnya. Setelah selesai, anda bisa langsung menyimpan informasi password dengan menekan tombol “Save”.

Aplikasi ini menawarkan banyak fitur menarik. Salah satunya adalah penambahan otentikasi 2 langkah pada setiap informasi login. Selain itu, ada fitur password generator yang dapat digunakan saat anda ingin membuat password baru.

Fitur unggulan lain dari Bitwarden adalah autofill password ketika anda akan login ke sebuah akun. Dengan fitur ini, anda tidak perlu repot mengetik password dan username lagi. Selain itu, aplikasi ini juga memberi keleluasaan untuk anda agar dapat mengatur PIN/ kata sandi. Dengan begitu, tidak akan ada yang bisa masuk ke Bitwarden secara sembarangan. Dan spesialnya lagi, aplikasi Bitwarden dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

LastPass Password Manager

LastPass Password Manager cocok untuk anda yang ingin menyimpan informasi pribadi dengan aman. Ada opsi khusus menyimpan password media sosial, asuransi, kartu debit/kredit, dan masih banyak lagi.

Cara penggunaannya pun masih sama. Anda cukup pilih jenis informasinya, isi data, lalu simpan informasi tersebut di LastPass Vault. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan password generator, folder khusus sharing informasi pribadi dengan orang tertentu, serta ada beberapa fitur premium.

Fitur berbayar dari aplikasi ini terdiri dari pengecek keamanan password, fitur untuk memantau hacker dari dark web, serta akses darurat yang dapat dibuka oleh keluarga atau teman yang bisa dipercaya. Anda akan mendapat periode trial untuk fitur premium selama 29 hari. Aplikasi LastPass dapat diunduh di Google PlayStore. Tersedia pula aplikasi khusus PC/laptop.

My Password Manager

My Password Manager membawa tampilan dan fitur yang sangat simpel. Dengan aplikasi ini, anda bisa langsung memasukkan informasi password untuk berbagai akun, aplikasi atau website. Tidak ada kategori terpisah untuk password login, kartu kredit/debit, atau identitas pribadi. Anda harus memasukkan kategorinya secara manual.

Saking simpelnya, aplikasi ini juga tidak dibekali password generator, password checker atau bahkan fitur untuk memantau hacker. My Password Manager murni hanya untuk menyimpan password saja. Aplikasinya juga tidak menawarkan fitur untuk mengisi informasi login secara otomatis (autofill).

My Password Manager dapat digunakan secara gratis. Namun, beberapa fiturnya hanya bisa diakses di mode PRO. Salah satunya adalah fitur untuk mengimpor daftar password dari file CSV, atau mengekspornya ke PDF. Untuk layanan PRO, anda hanya perlu membayar sebanyak satu kali untuk mendapat lisensi penuh.

Keeper Password Manager

Selanjutnya, ada Keeper Password Manager. Aplikasi satu ini tidak cuma dapat menjaga keamanan daftar password anda, tapi juga anggota keluarga dan teman. Selain password, anda dapat memasukkan data pribadi seperti kartu kredit atau kartu identitas.

Hanya saja, penambahan anggota keluarga masuk dalam fitur premium dari Keeper. Tarif langganannya sekitar Rp1 jutaan per tahun dimana anda akan mendapatkan banyak fitur menarik, seperti storage untuk mengamankan file sebesar 10 GB, akses tidak terbatas pada password manager, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini tidak hanya dapat menyimpan password saja, melainkan juga menjaga keamanan data pribadi anda agar tidak dicuri hacker. Keeper Password Manager juga dapat dihubungkan dengan perangkat komputer/laptop.

Demikian informasi mengenai aplikasi password manager android terbaik dan terbaru 2024 yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.