8 Aplikasi Kalender Menstruasi di Android Terbaik

doel.web.id – Bagi anda para wanita yang ingin memantau kalender “tamu bulanan” anda, maka jangan lewatkan rekomendasi aplikasi kalender menstruasi di Android terbaik yang akan kami bagikan kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana setiap wanita dewasa memiliki tamu bulanan yakni periode menstruasi yang rutin dialami oleh wanita setiap sebulan sekali. Namun, tidak jarang banyak wanita yang kerap mengalami siklus menstruasi tidak teratur.

Karena hal ini, banyak wanita yang sering melupakan waktu datangnya menstruasi dan oleh karena itu, mencatat siklus menstruasi menjadi sangat penting. Tetapi tentunya mencatat atau mengingat siklus menstruasi secara manual bisa saja membuat malas atau kadang terlupakan.

Tetapi jangan kuatir sebab saat ini anda bisa menggunakan aplikasi kalender menstruasi di HP android anda dimana sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan membantu anda mencatat siklus menstruasi yang tidak teratur.

Selain itu, aplikasi kalender menstruasi juga bisa membantu anda untuk memahami pola menstruasi, mengetahui waktu tepat berovolusi, hingga meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.

Berikut kami bagikan aplikasi kalender menstruasi di Android terbaik yang bisa anda gunakan sebagai berikut.

Aplikasi Kalender Menstruasi di Android Terbaik

Aplikasi Kalender Menstruasi di Android

MyCalendar

MyCalendar melacak siklus menstruasi anda setiap bulannya. Aplikasi ini juga mampu memberi informasi soal kesuburan dan ovulasi. Jadi, aplikasinya sangat berguna untuk anda yang ingin menjalani program hamil.

MyCalendar menyediakan statistik seputar siklus menstruasi yang bisa anda jadikan laporan saat akan periksa kesehatan reproduksi ke dokter kandungan. Aplikasi ini pun memberikan informasi soal kemungkinan terjadinya kehamilan. Hanya saja, fitur ini masuk dalam layanan premium MyCalendar.

Fitur menarik yang ditawarkan aplikasi ini adalah penggantian tema. Anda diperbolehkan untuk mengganti tema aplikasi sesuai selera.

Eve AI Ovulation & Period Tracker

Eve AI Ovulation & Period Tracker adalah sebuah aplikasi kalender menstruasi yang sangat simple dan mudah untuk digunakan. Aplikasi ini tidak dibekali tombol atau tab yang bikin ribet. Seluruh fiturnya berada di satu halaman yang sama, di mana anda bisa langsung mengaksesnya ketika membuka aplikasi.

Aplikasi ini akan meminta informasi saat anda coba, eperti usia pengguna, tanggal terakhir menstruasi, dan siklus haid bulanan. Setelah itu, aplikasi akan langsung menunjukkan masa subur dan tanggal haid. Tanggal haid ditunjukkan dengan merah, dan periode kesuburan ditunjukkan dengan hijau.

Selain itu, aplikasi Eve memprediksi tanggal haid wanita selama beberapa bulan ke depan. Statistik juga menyajikan informasi penting, seperti perbedaan siklus haid. Sayangnya, hanya pengguna premium yang dapat mengakses informasi ini.

Flo

Flo adalah aplikasi yang sangat membantu untuk melacak siklus menstruasi anda setiap bulan. Anda hanya perlu memasukkan hari haid terakhir di bulan sebelumnya, dan aplikasi akan mendeteksi siklus haid selanjutnya langsung.

Anda dapat menulis tanggal haid Anda dan gejala yang anda alami saat dan sebelum haid. Contohnya termasuk sakit perut dan bloating, gairah seksual yang tinggi, nyeri pinggang dan punggung, dan mood yang buruk.

MeetYou

Aplikasi kalender menstruasi MeetYou juga dapat anda andalkan. Lacak siklus menstruasi dengan memasukkan kapan tanggal terakhir anda menerima tamu bulanan. Ada fitur tambahan untuk memasukkan gejala yang anda rasakan selama dan sebelum menstruasi berlangsung.

Tersedia pula laporan bulanan yang berguna untuk memantau baik atau tidaknya siklus haid anda. Aplikasi ini juga menghadirkan iklan dan tak menawarkan fitur premium seperti Flo. Terlepas dari itu, fitur yang disediakan MeetYou sama-sama bisa membantu setiap pengguna untuk mendeteksi siklus haid dan kehamilan.

Clue Period Tracker

Clue Period Tracker hadir dengan tampilan yang simpel. Aplikasinya akan memudahkan anda untuk memasukkan data seputar siklus menstruasi bulanan. Setelahnya, Clue akan menyediakan informasi lengkap tentang tanggal haid berikutnya.

Ada pula laporan soal siklus haid yang bisa anda akses di tab “Analysis”. Tab ini berisi data seputar panjang dan variasi siklus, serta lamanya periode haid setiap bulan. Apabila anda lupa kapan terakhir menstruasi, anda tinggal cek di tab “Calendar”.

Maya

Aplikasi Maya membawa fitur-fitur unggulan, seperti pelacak siklus menstruasi dan kesuburan, serta laporan siklus tamu bulanan anda. Di dalam aplikasi ini, anda akan mendapatkan informasi seputar prediksi tanggal menstruasi bulanan.Penambahan gejala-gejala yang terjadi ketika haid juga tersedia.

Kelebihan aplikasi Maya adalah hadirnya ‘Maya Forum’. Di sini, anda dapat berbagi pengalaman seputar menstruasi dengan para pengguna lainnya. Maya Forum ini tampilan dan fungsinya mirip dengan Facebook. Anda bisa menulis dan memposting pengalaman anda lewat status. Nah, pengguna Maya lainnya bisa memberikan tanggapan terhadap postingan anda tersebut.

Menariknya, di Maya Forum juga ada akses ke postingan khusus dari para expert di bidang kesehatan. Anda bebas mengakses postingan mereka untuk menambah wawasan. Hampir seluruh fitur Maya bisa diakses gratis. Namun, Maya menghadirkan fitur premium untuk anda yang ingin menikmati layanan aplikasi bebas iklan.

Wocute

Aplikasi ini hanya menawarkan dua fitur utama yakni pelacak ovulasi dan siklus menstruasi, serta konten seputar kesehatan reproduksi. Seperti biasa, anda bisa mencatat periode menstruasi setiap bulannya. Tersedia pula fitur untuk mencatat gejala dan tanda-tanda menstruasi, serta pelacak mood atau mood tracker.

Meski tidak banyak, fitur yang ditawarkan Wocute tentu sangat bermanfaat. Wocute menyediakan fitur tambahan berupa pengunci aplikasi agar privasi anda tetap terjaga. Nilai plus dari aplikasi Wocute adalah, anda tak perlu membayar sepeser pun untuk menikmati layanan yang tersedia.

Clover

Aplikasi kalender menstruasi besutan Wachanga menghadirkan tiga fitur unggulan. Terdapat pelacak siklus haid, panduan program hamil dan juga fitur khusus untuk memonitor kesehatan tubuh pengguna.

Clover juga menyediakan tab statistik berisi data seputar siklus haid atau ovulasi anda. Laporannya bisa diunduh dalam bentuk PDF untuk diserahkan pada dokter saat anda memeriksakan diri.

Meski begitu, fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna layanan premium Clover. Tapi tenang, fitur penghitung atau kalkulasi siklus menstruasi masih bisa digunakan secara cuma-cuma. Untuk menjaga privasi, Clover menambahkan fitur app locker berupa PIN. Ada pula fitur penggantian tema biar anda tidak bosan dengan tampilan aplikasi yang monoton.

Demikian informasi mengenai rekomendasi aplikasi kalender menstruasi di Android terbaik yang bisa menjadi referensi anda untuk memantau dan mengawasi siklus haid atau menstruasi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.