7 Cara Mudah Merawat Battery Health iPhone Agar Tidak Bocor

doel.web.id – Sebagai pengguna smartphone buatan Apple, pasti Anda selalu khawatir terhadap kondisi battery health iPhone. Smartphone ini terkenal memiliki kualitas terbaik dibandingkan dengan merk lain, namun perlu perawatan agar tetap optimal.

Meskipun iPhone mempunyai spesifikasi cukup gahar, tetapi hampir di semua serinya dibekali kapasitas baterai yang tidak terlalu besar. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan pengguna iPhone adalah baterai.

7 Cara Merawat Battery Health iPhone Agar Awet Lama

Battery health merupakan informasi kesehatan baterai yang terpasang pada perangkat iPhone dengan satuan persentase. Apabila baru saja membeli perangkat iPhone baru, maka akan muncul indikator BH 100%.

Kondisi battery health iPhone bisa mengalami penurunan seiring berjalannya waktu, terutama jika pengguna tidak merawatnya dengan baik. Berikut adalah 7 cara mudah dalam merawat BH produk Apple agar awet lama.

1. Hindari Mengisi Daya Sambil Beraktivitas

Banyak orang ketika sedang mengisi daya baterai justru sambil menggunakan HP-nya untuk beraktivitas. Hal ini merupakan kesalahan besar yang dapat menimbulkan kondisi kesehatan baterai menurun secara cepat.

Oleh karena itu, usahakan hindari mengaktifkan iPhone ketika sedang mengisi daya baterai. Tujuannya tidak lain untuk menjaga kondisi perangkat agar memiliki suhu normal dan bisa terisi penuh lebih cepat.

2. Jangan Kehabisan Baterai

Jangan sampai Anda kehabisan baterai sampai HP mati total karena bisa merusak baterai. Selain baterai, kondisi perangkat juga bisa rusak seiring berjalannya waktu apabila kejadian ini terus berulang.

Cara merawat battery health iPhone agar tidak pernah mati karena kehabisan adalah dengan menyediakan charger. Jika sewaktu-waktu membutuhkan pengisian baterai bisa dilakukan di mana saja tanpa harus khawatir kehabisan daya.

3. Hindari Mengisi Daya Baterai dalam Waktu Lama

Kebiasaan pengguna iPhone adalah mengisi baterai sambil ditinggal tidur dan dicabut saat bangun pada keesokan harinya. Apabila itu terjadi pada Anda, sebaiknya mulai menghindari supaya tidak merusak perangkat.

iPhone telah dirancang untuk bisa diisi daya dalam waktu maksimal 2-3 jam saja. Bahkan, jika Anda menggunakan fast charging dapat mempersingkat durasi waktu pengisian daya sekitar 1-1,5 jam.

4. Gunakan Adapter MFi

Cara selanjutnya untuk merawat battery health iPhone adalah dengan memilih adapter yang bersertifikasi MFi (Made for iPhone). Program sertifikasi ini telah memenuhi uji kelayakan dari pihak Apple.

Berbeda dengan adapter yang tidak memiliki lisensi MFi dapat merusak kualitas baterai pada perangkat buatan Apple. Karena iPhone punya keunikan dengan pemakaian port serta konektor lightning.

5. Menjaga Kecerahan Layar

Kondisi smartphone bisa cepat panas dan kehabisan daya apabila kecerahan terlalu tinggi. Caranya, Anda bisa mengatur kecerahan sesuai kebutuhan dengan mematikan fitur otomatis agar tidak berubah-ubah.

Menjaga kecerahan layar menjadi upaya memelihara battery health iPhone lebih awet lama. Semakin rendah kecerahan layar, otomatis membuat daya baterai akan lebih lama habisnya ketika digunakan oleh pengguna.

6. Manfaatkan Fitur Mode Hemat Daya

Apple membekali smartphone terbaiknya dengan fitur low power mode yang memiliki fungsi terbaik untuk menjaga kesehatan perangkat. Dalam mode hemat daya, smartphone dapat membatasi aktivitasnya pada saat kondisi baterai rendah.

Pastikan selalu mengaktifkan mode hemat daya apabila baterai sudah berada di bawah 20%. Selain membatasi aktivitas, fitur ini juga dapat memperlama daya apabila pengguna belum sempat meng-charger HP.

7. Rutin Update iOS

Tidak kalah penting, cara merawat agar battery health iPhone selalu awet adalah dengan melakukan update iOS. Apple akan memperbarui versi iOS secara rutin dalam waktu-waktu tertentu.

Tujuan melakukan pembaruan perangkat lunak iOS ke versi terbaru untuk mendapatkan perbaikan bug dan peningkatan performa. Smartphone ini bisa memperoleh teknologi terbaru dengan melakukan update iOS saja.

Manfaat Merawat Kondisi Baterai iPhone untuk Pengguna

Manfaat Merawat Kondisi Baterai iPhone untuk Pengguna

Manfaat pertama dalam menjaga kondisi baterai di smartphone besutan Apple bisa memperoleh performa optimal. Walaupun usia HP sudah lama, performa tetap bagus bisa dirasakan oleh pengguna yang menerapkan cara-cara tersebut.

Selain itu, manfaat menjaga BH pada smartphone agar Harga jual tidak anjlok. Jadi, apabila Anda ingin menjual perangkat suatu hari bisa memasang harga yang tidak terlalu jauh dengan harga beli.

Pengaruh battery health iPhone sangat besar, jika Anda mampu merawatnya secara baik pastinya membuat perangkat tidak mudah panas. Karena jika ponsel sudah panas akan mengganggu kinerja mesin dan kenyamanan pengguna.

Kondisi BH iPhone yang prima membuat pengguna tidak perlu membawa power bank ke mana-mana. Memang cara menjaga kesehatan perangkat merk Apple membutuhkan ketelitian, tapi manfaatnya luar biasa.

Manfaat terakhir ketika BH masih dalam kondisi aman tentunya akan menghemat pengeluaran. Pengguna smartphone tidak perlu repot mengeluarkan uang untuk biaya servis, namun bisa mengalihkan ke kebutuhan lain.

Berbagai cara mengatasi kebocoran pada iPhone bisa Anda coba sendiri mulai sekarang. Pastikan bahwa kondisi battery health iPhone kesayangan Anda masih berada di atas 80% agar kinerja perangkat tetap optimal.

bangdoel

Bang Doel adalah seorang blogger yang menulis tentang berbagai topik di dunia digital, media sosial, gadget, teknologi, politik, sosial, dan humaniora. Doel.web.id menjadi sarana untuk menyalurkan hobi menulis dan melakukan analisis.

Post navigation