Membandingkan Untung Rugi Menggunakan Kartu Kredit

doel.web.id – Manfaat kartu kredit tentu sebagaimana yang kita ketahui memberikan banyak kemudahan sebagai alat pembayaran yang mudah dan efisien. Tetapi perlu anda ingat, bahwa kartu kredit juga memiliki sisi “negatif” apabila anda tidak bijak menggunakannya. Berikut perbandingan untung rugi menggunakan kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit bisa diibaratkan sebagai “pisau”, dimana pada satu sisi kegunaan kartu kredit akan membantu pemilik kartu kredit dalam menyelesaikan pembayaran dengan sangat mudah, cukup “gesek” di mesin kasir bagi anda yang belanja offline, atau cukup memasukkan informasi kartu kredit dan melakukan verifikasi bagi anda yang berbelanja online, maka transaksi anda pun selesai.

Selain itu, anda pun bisa mendapatkan berbagai bonus, diskon, cashback, dan akses VIP khusus di merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit dan bahkan anda bisa membayar transaksi tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun, dimana anda bisa membayarkan sebagai tagihan untuk bulan depan. Baca juga Ini dia Kartu Kredit dengan Fasilitas Lounge di Bandara Soekarno Hatta

Untung Rugi Menggunakan Kartu Kredit

Namun dibalik berbagai kemudahan tersebut, di sisi lain kartu kredit bisa “melukai” keuangan anda apabila kartu kredit digunakan secara asal-asalan tanpa perhitungan dan pengelolaan keuangan yang baik. Tidak sedikit pemilik kartu kredit bahkan terlilit hutang kartu kredit yang membengkak dan akhirnya gagal bayar dan siap menerima konsikuensi akibat gagal bayar tersebut seperti dikejar kejar debt collector, riwayat perbankan yang buruk dan sebagainya.

Berikut pertimbangan untung dan rugi menggunakan kartu kredit yang bisa anda simak dibawah ini.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Cepat

Anda bisa membayar setiap transaksi anda secara cepat dalam hitungan detik saja, baik itu anda berbelanja offline cukup gesek saja, maupun bagi anda yang berbelanja online, dimana anda cukup memasukkan detail kartun kredit anda dan mengikuti langah verifikasi yang dibutuhkan.

Bayar Nanti

Dengan menggunakan kartu kredit, anda bisa membeli barang impian anda walaupun tidak memiliki uang tunai. Anda bisa membeli berbagai barang kesukaan anda dengan metode cicilan dan penagihan pun akan dilakukan pada bulan-bulan berikutnya.

Perlindungan

Anda bisa mendapatkan asuransi bagi anda yang membeli kendaraan secara mencicil yang beda ketika anda membeli secara tunai, dimana tidak mendapat perlindungan dengan cara apapun.

Mendapatkan reward

Umumnya, penerbit kartu kredit akan memberi insentif tambahan seperti cashback atau bahkan reward point hingga akses VIP dan bonus di berbagai merchant yang bekerja sama.

Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

Jebakan hutang

Perlu anda ketahui dan ingat bahwa, kartu kredit bisa dikatakan sebagai kartu “hutang” dimana setiap limit kartu kredit yang anda gunakan, maka anda wajib untuk mengembalikannya dalam bentuk tagihan nantinya. Untuk itu, penggunaan kartu kredit yang tidak wajar dan boros, bisa membuat anda terjebak hutang akibat tagihan dan bunga kartu kredit yang menumpuk.

Biaya-biaya lainnya

Dalam menggunakan kartu kredit, selain anda harus membayar tagihan dan bunga dari limit yang anda gunakan, namun juga terdapat tambahan biaya-biaya lainnya seperti iuran tahunan kartu kredit, fee admin, denda over limit, bunga penarikan tunai, dan lain sebagainya yang harus anda cermati dan perhitungkan sebelum menggunakan kartu kredit.

Memilih kartu yang tepat

Penting untuk memilih kartu kredit yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuan anda agar tidak terjebak membayar hutang lebih dari yang seharusnya anda tanggung. Sebagai contoh, apabila anda gemar melakukan traveling, maka anda bisa memilih kartu kredit yang memberikan benefit untuk traveling, seperti free lounge, diskon tiket pesawat dan sebagainya yang tentu akan lebih irit dan menguntungkan dibandingkan anda menggunakan kartu kredit jenis lain untuk digunakan traveling.

Jika dalam waktu dekat ini Anda akan melangsungkan kegiatan atau hajat yang menguras keuangan, entah mau menikah atau pindah rumah, maka ada baiknya Anda mencari kartu kredit yang menawarkan pinjaman dengan bunga 0 (nol) persen. Jika Anda memerlukan kartu kredit baru karena ada tumpukan hutang di kartu kredit yang lain, maka Anda cukup mentransfer uang dari kartu kredit 0 (nol) persen ini. Memang tidak menyenangkan. Tapi, ada kalanya gali lobang tutup lobang diperlukan guna mengakali kartu kredit dan tagihannya.

Demikian informasi mengenai perbandingan untung rugi menggunakan kartu kredit yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam menggunaka kartu kredit. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment