Jangan Panik! Begini Cara Mengurus Kartu Kredit Hilang

doel.web.id – Kartu kredit anda hilang? Jangan panik dan tetap berusaha tenang, sebab bisa saja anda lupa membawanya atau terjatuh di sekitar anda. Namun apabila kartu kredit anda benar-benar hilang, begini cara mengurus kartu kredit hilang.

Kartu kredit yang hilang tentu tidak bisa dianggap sepele sebab bisa jadi kartu kredit tersebut disalahgunakan oleh tangan-tangan jahil. Walaupun kartu kredit saat ini telah dibekali kode PIN berupa 6 digit, tapi masih banyak pengguna kartu kredit yang masih menggunakan tanda tangan sehingga rawan di salah-gunakan.

Bayangkan saja apabila limit kartu kredit anda digunakan oleh orang lain untuk berbelanja dan menghabiskan kartu kredit anda, tentu yang menanggung rugi adalah anda, sebab anda akan harus membayar semua tagihan untuk semua limit yang telah digunakan.

Selain itu, dengan hilangnya kartu kredit juga pastinya akan mengganggu aktivitas transaksi anda sehari-hari bagi anda yang menggunakan kartu kredit sebagai salah satu alat pembayaran utama kebutuhan anda. Baca juga Apa itu Kartu Kredit Black Card? Auto Sultan Yang Punya, Begini Fungsi, Syarat dan Benefitnya

Jadi sebagai solusi yang aman dan harus segera anda lakukan adalah segera mengurus kartu kredit yang hilang secepat mungkin apabila anda telah benar-benar telah mencari dan tetap tidak bisa menemukan kartu kredit anda.

Cara Mengurus Kartu Kredit Hilang

Cara Mengurus Kartu Kredit Hilang

Berikut cara mengurus kartu kredit yang hilang agar limit di kartu kredit anda tetap aman dan tidak dibobol orang lain.

Telepon bank

Sebaiknya begitu anda telah sadar dan benar-benar yakin kartu kredit anda hilang setelah mencari dan mengingat tempat yang memungkinkan kartu kredit anda berada dan anda belum berhasil menemukannya. Maka jangan berpikir lama-lama lagi, segera telepon pihak bank penerbit kartu kredit dan laporkan masalah anda mengenai kartu kredit yang hilang, yang nantinya pihak bank akan segera melakukan langkah antisipasi dengan segera memblokir kartu kredit tersebut agar tidak bisa di salah gunakan.

Namun sebelum bank melakukan blokir kartu kredit, pihak bank akan melakukan verifikasi data anda terlebih dahulu untuk benar-benar memastikan bahwa anda memang pemilik kartu kredit tersebut.

Apabila verifkasi yang anda berikan sudah tepat, proses pemblokiran selesai dalam hitungan menit saja, sehingga anda tidak perlu kuatir dan cemas akan proses yang bertele-tele dan panjang

Selain menelpon, anda juga bisa langsung ke kantor bank penerbit kartu kredit anda yang terdekat dari rumah anda.

Cek transaksi terakhir

Agar anda tidak panik dan berandai-andai saat kartu kredit anda hilang, anda bisa mengecek transaksi terakhir kartu kredit dari HP anda, sebab umumnya setiap transaksi yang digunakan, anda akan mendapatkan notifikasi di aplikasi atau di sms nomor Hp anda yang terkait dengan Kartu Kredit yang hilang.

Apabila anda telah sukses memblokir kartu kredit anda dengan menelpon pihak bank, dan tidak ada notifikasi terjadinya transaksi, maka kartu kredit Anda masih aman. Bisa jadi hanya terselip, terjatuh atau anda lupa dalam menyimpannya.

Membuat laporan hilang ke kantor polisi

Anda telah melapor ke bank penerbit kartu kredit anda untuk pemblokiran, dan anda juga telah mencarinya kemana-mana, dan apabila tetap tidak bisa anda temukan maka langkah selanjutnya adalah melapor ke kantor polisi terdekat.

Dengan melapor ke kantor polisi, anda bisa memproses hukum dan menemukan pelaku apabila terjadi pembobolan di kartu kredit anda. Tetapi apabila limit di kartu kredit masih aman setelah pemblokiran, maka anda tetap membutuhkan laporan surat kehilangan dari kepolisian sebagai syarat mengajukan pergantian kartu kredit ke pihak penerbit kartu kredit anda.

Mengajukan kartu kredit pengganti

Setelah mendapatkan surat kehilangan kartu kredit dari kantor polisi, selanjutnya adalah mengajukan kartu pengganti ke bank penerbit kartu kredit anda. Prosesnya pun hanya membutuhkan beberapa menit saja, sama seperti mengurus kartu debit yang hilang.

Cermat Menjaga Kartu Kredit Anda

Pembobolan kartu kredit memang marak terjadi, baik itu offline maupun online. Apalagi di jaman serba digital seperti saat ini sehingga anda harus benar-benar menjaga kerahasiaan informasi dan keberadaan kartu kredit anda. Simpan kartu kredit di tempat yang mudah anda ingat tetapi juga tidak mudah ditemukan oleh orang lain.

Agar lebih aman, bagi anda yang masih menggunakan kartu kredit dengan tandatangan, maka sebaiknya anda segera menggunakan kartu kredit dengan PIN untuk menghindari risiko pembobolan atau kejahatan lain, sebab bank tidak akan mengganti uang akibat keteledoran pemilik kartu kredit.

Sekian informasi mengenai cara mengurus kartu kredit hilang, semoga berguna bagi anda agar lebih tenang menyikapi apabila kartu kredit anda hilang.

Leave a Comment