Cara Mengubah Algoritma FYP TikTok, Tanpa Aplikasi Tambahan

doel.web.id – Apakah anda ingin “mengakali” algoritma Tiktok? Bisa dimana anda bisa menyimak cara mengubah algoritma FYP Tiktok tanpa aplikasi tambahan.

Sekedar informasi, algoritma FYP Tiktok adalah algoritma yang menampilkan deretan video paling sering ditonton oleh para pengguna Tiktok dimana hal ini membuat menampilkan konten yang relevan dan mungkin disukai oleh pengguna ketika membuka Tiktok. Algoritma ini penting untuk memastikan pengguna Tiktok tetap merasa nyaman ketika membuka dan memainkan video Tiktok dan hanya menemukan video-video yang menarik.

Namun kerap kali juga ditemukan dimana algoritma Tiktok ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan menampilkan konten yang tidak sesuai dengan selera sehingga membuat rasa bosan untuk mengeksplore lebih jauh konten-konten lainnya.

Namun jangan kuatir, bagi anda yang menemukan permasalahan ini dimana Tiktok menampilkan rekomendasi video yang tidak relevan bagi anda seperti contohnya anda penggemar lagu rock dan sering malah ditampilkan konten-konten dangdut dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga bisa membatasi konten-konten tertentu yang membuat anda tidak nyaman atau merasa terganggu ketika membuka tiktok.

Maka anda simak beberapa solusi yang bisa anda terapkan sebagai berikut.

Cara Mengubah Algoritma FYP TikTok

Cara Mengubah Algoritma FYP TikTok

Menggunakan Fitur Tidak Tertarik

Cara mudah merubah algoritma FYP TikTok yang pertama adalah dengan menggunakan fitur “Tidak Tertarik”. Dengan menggunakan fitur ini, TikTok akan mengurangi penyebaran konten yang anda tidak sukai karena tidak relevan menurut anda tersebut. Caranya pun sangat mudah, dimana anda cukup langsung menekan layar HP pada video yang dipilih. Kemudian anda bisa memilih tombol “Tidak Tertarik”.

Setelahnya, TikTok secara otomatis akan mengurangi konten-konten tersebut dari FYP TikTok anda dan akan mendapatkan pilihan konten yang lebih relevan dan sesuai dengan minat anda.

Cari Konten Berbeda

Selanjutnya cara mengubah algoritma Titok di aplikasi anda adalah dengan mencari konten berbeda. Anda bisa langsung mengklik fitur pencarian di TikTok, kemudian mencari konten yang ingin anda tampilkan lebih sering di FYP TikTok.

Anda bisa melakukan metode tersebut selama beberapa kali untuk membiasakan aplikasi TikTok dengan konten yang ingin anda tonton sehingga nantinya konten-konten yang ditampilkan sesuai dengan keinginan anda sehingga anda cukup melakukan scroll saja tanpa perlu menggunakan fitur pencarian untuk mencari jenis konten tertentu. Hal ini tentunya akan sangat membantu anda dalam mengisi waktu kosong atau santai anda sambil menonton video yang menarik di TIktok.

Like dan share

Cara lainnya untuk memberi tahu aplikasi bahwa anda menyukai suatu jenis konten tertentu adalah dengan menekan tombol ‘Like’ berbentuk hati yang ada di sisi kanan layar. Anda juga bisa menekan tombol bagikan atau share yang berbentuk tanda panah ke kanan berwarna putih. Dengan demikian, nantinya algoritma tiktok akan merekam model video yang anda sukai dan hanya menampilkan konten video yang relevan dengan konten yang anda sukai. Sehingga anda tidak perlu lagi menonton berbagai video yang tidak relevan sesuai dengan keinginan anda ketika membuka Tiktok

Hapus Seluruh Riwayat Pencarian

Anda juga bisa mencoba cara merubah algoritma FYP TikTok dengan menghapus seluruh riwayat pencarian. Dengan melakukan cara ini, diharapkan hal-hal yang sudah pernah anda cari sebelumnya akan diulang secara otomatis. Nantinya algoritma FYP TikTok bakal mendata ulang riwayat pencarian anda.

Demikian informasi mengenai cara mengubah algoritma FYP Tiktok tanpa aplikasi tambahan. Semoga berguna dan bermanfaat.