Begini Cara Menghapus Virus Kuda Troya di HP yang Merusak Sistem

doel.web.id – Jika anda mendapati masalah HP anda terkena virus kuda troya, maka mau tidak mau anda harus segera menemukan cara mengatasinya agar tidak merusak sistem anda lebih lanjut. Simak cara menghapus virus kuda troya di HP yang akan kami bagikan kali ini.

Perlu anda ketahui dimana virus kuda troya juga populer disebut sebagai virus trojan horse yang merupakan nama virus yang telah populer sejak dulu menyerang perangkat PC atau laptop. Dan kini, dalam perkembangan terbarunya virus ini bisa menyerang berbagai perangkat termasuk HP yang menggunakan sistem android dan bisa menyebabkan masalah pada sistem operasi HP.

Berbagai masalah yang bisa disebabkan apabila HP terserang virus ini, mulai dari HP yang lemot, HP yang ngehang, aplikasi tidak bisa dibuka dan lain sebagainya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara menghapus virus kuda troya di HP bagi anda yang mendapati virus ini di HP anda.

Cara Menghapus Virus Kuda Troya di HP

Cara Menghapus Virus Kuda Troya di HP

Gunakan Anti Virus Bawaan

Seperti yang kita ketahui bersama dimana umumnya HP masa kini memiliki aplikasi keamanan seperti Security Center yang di dalamnya terdapat juga anti virus bawaan yang bisa digunakan oleh pengguna jika terinfeksi malware.

Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut dan tunggu proses pemindaian hingga selesai. Apabila virus kuda troya terdeteksi maka anda dapat segera menghapusnya secara langsung supaya perangkat kembali aman.

Pasang Anti Virus Tambahan

Apabila anda menemukan virus bawaan HP anda masih kurang ampuh karena tidak menemukan virus kuda troya sama sekali, maka anda dapat mengunduh anti virus pihak ketiga dari Google Play Store. Sebut saja seperti anti virus Malwarebyte, Norton, AVG, Avast, dan lainnya.

Untuk menggunakannya, anda dapat membuka aplikasi anti virus yang telah dipasang tersebut dan tekan tombol Pindai atau Scan virus yang biasanya langsung terlihat di halaman utama. Setelah pemindaian selesai, maka anda akan diperlihatkan malware yang terdeteksi seperti virus kuda troya untuk kemudian dapat langsung menekan tombol Delete agar virus tersebut dihapus dari HP anda.

Menghapus Aplikasi Aneh Lewat Safe Mode

Perlu anda ketahui bahwa Virus kuda troya bisa menyamar menjadi aplikasi lain dan sangat sulit untuk dihapus secara normal sehingga perlu anda temukan sendiri. Umumnya aplikasi tersebut memiliki nama yang aneh atau tidak anda kenal.

Untuk masuk ke Safe Mode, anda hanya perlu menekan Power atau Power + Volume Up tergantung model HP untuk memunculkan opsi mematikan perangkat. Selanjutnya tekan dan tahan tombol virtual Power off untuk masuk ke Safe Mode. Dengan hanya layanan utama sistem saja yang berjalan, anda bisa langsung mengunjungi menu Apps atau Apps management yang ada di Settings untuk mencari aplikasi aneh yang tidak dikenal tersebut.

Factory Reset

Factory Reset bisa menjadi solusi yang ampuh untuk membersihkan segala jenis virus dan malware karena akan membuat perangkat kembali ke kondisi semula seperti pertama kali diaktifkan. Namun Factory Reset akan menghapus semua data yang terdapat di dalam HP sehingga anda perlu melakukan pencadangan data penting terlebih dulu agar tidak hilang.

Setelah data semua sudah dicadangkan, maka anda dapat langsung menuju halaman Factory Reset di aplikasi Settings untuk memulainya. Setelah proses reset selesai, maka kondisi sistem yang ada di dalam HP akan kembali ke pengaturan awal.

Kunjungi Service Center

Apabila virus atau malware ini telah menyebar terlalu jauh atau menyebabkan kerusakan yang parah dan anda belum berhasil mengatasinya. Maka anda harus mengunjungi pusat layanan resmi jika anda merasa virus kuda troya masih ada bahkan setelah melakukan reset pabrik.

Nantinya masalah virus kuda troya akan diperiksa oleh teknisi profesional yang sudah tersertifikasi. Karena biasanya akan terjadi pemulihan sistem, maka sebaiknya anda harus melakukan pencadangan data terlebih dahulu sebelum melakukan reset pabrik.

Sekian informasi mengenai cara mudah menghapus virus koda troya di HP di HP android anda. Sebagai salah satu langkah pencegahan, hindari mengunjungi situs web atau tautan sembarangan untuk mencegah HP anda terkena malware seperti kuda troya. Semoga berguna dan bermanfaat.