Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Mudah Tanpa NIK

doel.web.id – Apakah anda ingin mengecek pajak kendaraan anda dengan mudah, maka jangan lewatkan cara cek pajak kendaraan Jakarta mudah tanpa NIK yang akan kami bagikan kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana pajak kendaraan adalah kewajiban yang harus ditunaikan para pemilik kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat atau lebih. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara kita dan juga berlaku pada berbagai negara lainnya di dunia.

Adapun pajak kendaraan harus dibayar setiap tahunnya dimana hasil pajak tersebut akan dipergunakan untuk biaya pembangunan negara dan kesejahteraan masyarakat. Tentunya akan ada sanksi bagi pemilik kendaraan yang terlambat membayar pajak kendaraan. Sanksinya bisa berupa denda, hingga penangguhan perpanjangan STNK dan plat nomor kendaraan.

Bagi anda warga Jakarta, anda tidak perlu kuatir mengecek dan membayar pajak kendaraan anda dimana SAMSAT selaku badan penerima pajak kendaraan memberikan kemudahan dengan meluncurkan aplikasi e-Samsat yang bisa anda download di HP anda.

Dengan aplikasi resmi ini, anda bisa mengecek pajak kendaraan area Jakarta dan sekitarnya bahkan tanpa harus memasukkan NIK atau nomor induk kendaraan yang tertera di STNK. Dan anda pun juga bisa langsung membayarnya denga saluran pembayaran yang aman dan terverifikasi sehingga pembayaran anda sampai pada pihak SAMSAT dan tercatat.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara cek pajak kendaraan Jakarta mudah tanpa NIK yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Mudah Tanpa NIK

Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Mudah Tanpa NIK

Mengunduh e-Samsat

Layanan online di aplikasi e-Samsat ini bisa langsung diunduh dari HP atau tablet, baik Android ataupun iOS. Ketika sudah mengunduhnya maka anda bisa langsung memasukkan nomor polisi kendaraan. Jika anda tidak tahu nomor polisi kendaraan, lihat saja nomor yang tertera di pelat. Kemudian klik proses dan tunggu sampai informasi terkait kendaraan muncul.

Dari sini anda bisa mengetahui pajak kendaraan, apakah diberlakukan sistem progresif atau tidak. Sebenarnya semua informasi yang tertera juga cukup lengkap. Anda bisa sekaligus melihat besaran pajak yang harus dibayarkan untuk memperpanjang STNK.

Mengunduh Aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta

Cek Ranmor
Cek Ranmor
Developer: Info86 Studio
Price: To be announced

Anda tidak hanya bisa menggunakan aplikasi e-Samsat dimana anda juga bisa mengecek pajak kendaraan anda melalui aplikasi bernama Cek Ranmor DKI Jakarta. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memberikan berbagai info ranmor kepada pemilik kendaraan di DKI Jakarta. Berikut adalah langkah-langkahnya untuk mengecek pajak kendaraan dengan aplikasi cek ranmor.

  • Pertama, unduh aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta dari Play Store pada HP anda.
  • Setelah mengunduhnya, anda akan diminta membuat akun Google supaya dapat menggunakan layanan tersebut
  • Masukkan nomor polisi kendaraan dan tunggu beberapa saat.
  • Nantinya informasi kendaraan yang lengkap akan langsung muncul di layar. Dari nomor polisi, merek, model, tipe, masa pajak, besaran pajak, hingga dendanya apabila ada.

Namun sebagai catatan dimana aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk area Jakarta saja. Jika kendaraan bukan dari Jakarta dan berasal dari daerah lain, maka anda bisa menggunakan aplikasi e-Samsat atau yang lainnya sesuai daerah masing-masing.

Melalui SMS

Cara selanjutnya, pemilik kendaraan bermotor juga bisa memeriksa pajak kendaraan melalui SMS ke nomor 1717. Catat nomor tersebut baik-baik dan perhatikan juga format yang benar untuk SMS berikut ini:

Contoh format = METRO (spasi) Plat Nomor Kendaraan

= METRO B456CT

Setelah formatnya benar maka anda hanya perlu mengirimnya ke nomor yang sudah disebutkan.Selanjutnya, anda hanya tinggal perlu menunggu SMS balasan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Website Resmi Samsat DKI

Cara mengecek pajak kendaraan yang terakhir bisa dilakukan melalui situs Samsat DKI. Simak langkah-langkah untuk mengecek pajak kendaraan bermotor Jakarta melalui website resmi Samsat DKI.

  • Pertama, anda bisa buka situs Samsat DKI di laptop, komputer, atau HP anda.
  • Nantinya di layar laptop, HP atau komputer anda akan muncul kolom yang perlu diisi.
  • Ada Nopol atau nomor polisi dan NIK, tetapi anda boleh mengisi NIK atau tidak. Di sana juga tertulis jelas bahwa memasukan NIK adalah opsional.
  • Setelah memasukkan Nopol maka tinggal klik cari.
  • Setelah beberapa saat menunggu maka informasi kendaraan anda akan langsung muncul dengan lengkap.

Pengecekan pajak kendaraan memang penting ketika anda perlu membayar pajak. Besaran pajak yang harus dibayarkan jadi jelas berkat layanan yang ada saat ini. Anda jadi tidak perlu datang ke kantor Samsat hanya untuk memeriksa pajak atau mengetahui besaran biaya yang harus dibayarkan.

Demikian informasi mengenai cara cek pajak kendaraan Jakarta mudah tanpa NIK yang mudah untuk anda lakukan tanpa harus meninggalkan tempat duduk anda. Semoga berguna dan bermanfaat.