Panduan Cara Cek iPhone Bekas Agar Tidak Salah Beli dan Tertipu

doel.web.id – Bagi anda yang berencana membeli iPhone bekas, maka penting bagi anda mengetahui cara cek iphone bekas agar anda tidak salah beli dan tertipu.

Sebagaimana yang kita ketahui, iPhone adalah merek HP milik Apple yang sudah sangat populer di seluruh dunia, termasuk di tanah air. Tidak mengherankan bahwa setiap produk iPhone terbaru selalu laris manis di pasaran, meskipun harganya dibanderol dengan harga premium atau mahal.

Karena spesifikasi dan harga iPhone premium, harga jual iPhone bekas tidak serta merta turun di pasaran dimana beberapa produk bekas masih dijual dengan harga yang cukup tinggi dan tidak jauh berbeda dari harga barunya. Namun tentu saja tinggi rendahnya harga iphone bekas juga berpengaruh pada kondisi iphone serta lama pemakaian.

Sebab harga jualnya yang “miring” apabila dibandingkan dengan harga iPhone baru, membeli iphone bekas pun menjadi pilihan banyak orang yang ingin memiliki iphone dengan harga terjangkau. Akan tetapi dalam membeli iphone bekas, sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli iPhone bekas agar tidak tertipu, karena saat ini banyak oknum penjual nakal yang memanfaatkan besarnya minat masyarakat untuk memiliki iPhone, meskipun itu bekas.

Sebut saja contohnya seperti menjual iPhone dengan harga yang lebih tinggi daripada harga bekas biasa, menjual iPhone yang ternyata rusak, menjual iPhone hasil curian, dan menjual iPhone replika dengan nama palsu dan modus yang bisa merugikan lainnya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara cek iphone bekas agar anda tidak salah beli dan tertipu yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Cek iPhone Bekas Agar Tidak Tertipu dan Salah Beli

Cara Cek iPhone Bekas Agar Tidak Salah Beli dan Tertipu

Mengetahui Harga Pasaran

Pertama, anda harus tahu harga pasar iPhone bekas jika anda berencana untuk membeli sebuah tipe iPhone tertentu. Dengan demikianm, anda bisa tetap waspada agar tidak ditawarkan harga yang lebih mahal daripada harga pasar.

Anda bisa menentukan tipe iPhone mana yang ingin anda beli. Setelah itu, anda dapat mempelajari dan menemukan kisaran harga bekasnya di beberapa toko. Dengan begitu, anda bisa membeli iPhone yang memiliki kualitas produk bekas terbaik tetapi tetap paling murah.

Perhatikan Fisik iPhone

Langkah selanjutnya cara cek iPhone bekas adalah dengan memperhatikan bagian fisiknya. Periksa semua bagian fisik iPhone, mulai dari depan, belakang, bezel, hingga ke sudut. Pastikan kondisinya tidak ada lecet, retak, maupun pecah.

Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah perangkat pernah jatuh, terbentur, atau yang lainnya. Benturan yang terlalu kencang bisa saja mempengaruhi kinerja komponen iPhone dan bisa membuatnya cepat rusak sehingga harus diperhatikan sebelum membelinya.

Periksa Fungsional iPhone

Setelah selesai dengan pemeriksaan fisik, lanjutkan dengan memastikan fungsionalnya. Langkah ini bisa dimulai dengan menyalakan iPhone jika dalam kondisi mati. Apabila sudah menyala, cobalah untuk restart terlebih dahulu.

Perhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan iPhone saat booting untuk dapat mengetahui kualitas kinerjanya. Jika lemot, bisa saja terjadi masalah pada perangkat. Namun apabila semuanya lancar lanjutkan dengan memeriksa komponen lainnya seperti tombol volume, fungsi Touch ID, fungsi layar touch screen, tes kamera, speaker, dan lain sebagainya.

Pastikan semuanya berfungsi berjalan dengan normal dan tidak memiliki masalah. Jangan ragu untuk memeriksa bagian lainnya yang dianggap perlu untuk memastikan kualitasnya.

Periksa Apple ID

Cara cek iPhone beli bekas selanjutnya adalah memeriksa bagian Apple ID. Layanan Apple ID digunakan untuk menyimpan data pengguna. Anda harus login dengan menggunakan username dan password untuk dapat mengakses beragam layanan Apple diantaranya seperti iCloud, FaceTime, App Store, dan lain sebagainya.

Untuk itu anda perlu memastikan bahwa iPhone bekas sudah tidak terkait dengan Apple ID tertentu. Masuk ke menu pengaturan dan pilih Apple ID untuk memeriksanya. Dengan begitu anda bisa leluasa mengoperasikan perangkat sesuai kebutuhan dan login dengan Apple ID yang dimiliki.

Periksa Kelengkapan iPhone

Tanyakan terkait kelengkapan iPhone yang akan dibeli. Apakah memiliki kardus dan casan atau tidak. Semakin lengkap produk yang akan dibeli tentu akan semakin baik. Periksa fungsi dari kelengkapan iPhone.

Perhatikan kondisi kabel, apakah ada bagian yang terbuka atau diperbaiki. Pilihlah iPhone yang dilengkapi dengan kabel data berkondisi bagus dan memiliki adapter. Cobalah untuk mengisi ulang daya iPhone untuk memastikan casan dapat berfungsi dengan normal.

Walaupun terlihat langkah ini cukup sederhana, namun sangat penting karena jika casan rusak maka anda harus membelinya dengan harga yang cukup mahal. Hal ini tentu dapat meningkatkan pengeluaran untuk membeli iPhone bekas.

Periksa IMEI iPhone

Pada bagian kardus iPhone, terdapat berbagai informasi, diantaranya seperti nomor seri, IMEI, dan lainnya. Periksa bagian belakang kardus dan sesuaikan dengan informasi perangkat. Masuk ke bagian settings, klik general, kemudian klik opsi about.

Hal ini tidak hanya dilakukan saat membeli iPhone bekas saja. Jika membelinya dalam kondisi baru, pemeriksaan informasi perangkat harus dilakukan untuk memastikan kesesuaiannya. Cara cek iPhone second asli ini sangat penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui kualitas produk. Dari kode IMEI, anda juga bisa mengetahui apakah iPhone tersebut asli atau palsu.

Periksa Activation Lock

Fitur keamanan activation lock tersedia pada iPhone untuk mencegah pengguna lain mengakses atau menggunakan perangkat saat sedang terkunci. Activation lock akan aktif jika pengguna memanfaatkan layanan fitur Find My iPhone.

Hal ini tentu harus diperhatikan dengan baik untuk dapat menjaga keamanan data pengguna. Jika kehilangan iPhone anda tidak perlu lagi merasa khawatir dan bisa menguncinya. Memeriksa kinerja fitur ini menjadi cara cek iPhone bekas yang perlu dilakukan untuk menunjang keamanan perangkat.

Periksa Kinerja Baterai

Untuk mengetahui kualitas iPhone bekas, hal yang harus diperhatikan adalah daya tahan baterai dimana sebagian besar pengguna iPhone sering mengeluhkan daya tahan baterai yang buruk. Ketika anda membeli iPhone bekas, anda dapat memeriksa kondisi baterainya untuk memastikan bahwa iphone berfungsi dengan baik dan tidak memiliki masalah. Hal ini karena, jika iPhone itu bekas, kualitas baterainya pasti tidak terjamin.

Anda dapat pergi ke menu pengaturan dan memilih menu baterai. Kemudian, anda bisa pilih opsi kesehatan baterai dan perhatikan bagian tentang kapasitas maksimum. Nilai yang lebih dekat dengan 100% menunjukkan bahwa kualitas baterai masih baik.

Memilih Kapasitas Penyimpan iPhone yang Sesuai

Cara Cek iPhone Bekas Agar Tidak Salah Beli dan Tertipu

Cara cek iPhone bekas sebelum membeli lainnya yang tidak kalah penting adalah memeriksa kapasitas memori perangkat. iPhone tidak memiliki slot memori eksternal sehingga hanya mengandalkan penyimpanan perangkat.

Untuk itu anda perlu memilih iPhone dengan kapasitas memori yang sesuai agar mampu menunjang kebutuhan. Harga iPhone yang ditawarkan juga akan berbeda berdasarkan kapasitas memorinya. Sebelum membeli iPhone bekas, pastikan untuk memeriksa kapasitas penyimpanan. Apakah sudah sesuai dengan yang anda butuhkan atau belum.

Cek Garansi iPhone

Pada umumnya iPhone memberikan garansi untuk setiap perangkatnya sekitar 1 tahun. Ketika membeli iPhone bekas, akan jauh lebih baik jika masih memiliki garansi apabila memungkinkan. Hal tersebut dapat menjamin kualitasnya karena apabila terjadi masalah, anda bisa memanfaatkan layanan service yang tersedia. Untuk memeriksanya, anda bisa masuk ke menu setting, pilih general, kemudian about.

Anda bisa catat serial number yang tertera pada halaman pengaturan tersebut. Terlebih dahulu pastikan sama dengan nomor seri yang tertera pada kardus. Jika sudah dipastikan sama, anda bisa mengunjungi situs berikut untuk memeriksa masa garansi https://checkcoverage.apple.com/us/en.

Input serial number dan kode yang tertera di halaman. Nantinya akan muncul informasi terkait detail iPhone mulai dari model, status dukungan telepon, hingga masa garansinya.

Sekian informasi tentang cara cek iPhone bekas agar anda tidak salah beli dan tertipu. Semoga berguna dan bermanfaat.