Begini Cara Backup Data di HP Android Paling Mudah dan Aman

doel.web.id – Backup data HP adalah hal yang penting dilakukan agar anda tidak kehilangan data-data penting di HP anda. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara backup data di HP android paling mudah dan aman untuk anda terapkan.

Tidak bisa dipungkiri dimana banyak pengguna HP yang menganggap proses backup HP merupakan hal yang disepelekan dan jarang atau tidak pernah dilakukan. Akibatnya, ketika HP hilang atau HP mengalami error, maka pemilik HP akan pusing 7 keliling karena data-data penting di HP menjadi hilang.

Itulah pentingnya dari melakukan backup data secara berkala bagi anda yang tidak ingin kehilangan data dan file seperti foto, video, kontak, sms, chat dari aplikasi whatsapp, line dan sebagainya. Dengan demikian, anda pun tidak perlu pusing ketika HP anda hilang atau rusak karena data anda masih aman karena telah anda backup secara rutin dan berkala sebelumnya.

Sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan cara backup data di HP android paling mudah dan aman yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Backup Data di HP Android

Cara Backup Data di HP Android

Backup Data dengan Local Backup

Banyak HP android terbaru kini sudah menghadirkan fitur backup secara bawaan. Fitur ini sering disebut dengan local backup karena memang fitur tersebut disediakan oleh merk dari HP android itu sendiri. File backup akan diproses dan disimpan ke penyimpanan pada HP android anda. Berikut panduan cara backup data HP android melalui local backup.

  • Pergi ke menu Pengaturan di HP android anda.
  • Kemudian masuk ke menu Sistem.
  • Pilih menu Backup & Reset.
  • Terakhir, pilih opsi Local Backup.
  • Selesai.

Fitur dari local backup ini mampu membuat salinan data cadangan secara otomatis. Namun, local backup terkadang tidak mendukung beberapa aplikasi sehingga data tidak berhasil disimpan.

Cara Backup Data Android via Akun Google

Semua tipe dan merk android memiliki fitur backup melalui akun google. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan aman untuk membackup data aplikasi, password dan lain lain. Kemudian anda hanya cukup dengan login di akun google tersebut untuk dapat melakukan restore atau memulihkan data backupan anda. Simak panduan cara backup data android via akun google.

  • Masuk ke menu Pengaturan HP android anda.
  • Kemudian pilih menu Sistem.
  • Pilih Backup & Reset.
  • Aktifkan Google Backup atau Back up my data.
  • Selesai.

Ketika anda telah mengaktifkan fitur Google Backup, maka akan secara otomatis sistem akan membackup data seperti password WiFi, riwayat telepon, data aplikasi termasuk setingan aplikasi, dan data lainnya.

Menggunakan Easy Backup & Restore

Easy Backup & Restore merupakan aplikasi yang mampu untuk membuat file backup untuk data di HP android anda dengan cepat dan mudah. Pasalnya, aplikasi ini memberikan navigasi yang sederhana sehingga anda dapat dengan mudah menggunakannya.

Aplikasi dapat membackup kontak, isi sms, bookmark, kalender, riwayat panggilan, dan data aplikasi. Namun, aplikasi ini tidak dapat untuk backup foto, video, dokumen atau file yang lainnya. Anda dapat memindahkannya terlebih dahulu ke laptop atau flashdisk sebagai cara alternatif.

Cara Backup via Titanium Backup

Cara backup data di HP android yang selanjutnya adalah menggunakan bantuan aplikasi titanium backup. Aplikasi ini cukup populer dan ampuh digunakan untuk membackup dan restore data di HP android. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang sangat lengkap dan berguna jika anda sering melakukan backup dan restore. Namun, aplikasi ini membutuhkan akses root agar dapat digunakan sepenuhnya. Simak panduan cara membackup data android via titanium backup sebagai berikut.

Titanium Backup (root needed)
Titanium Backup (root needed)
  • Pertama silahkan download aplikasi Titanium Backup melalui playstore.
  • Kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Pilih menu Backup/Restore di bagian atas.
  • Klik Menu lalu pilih opsi Batch Actions.
  • Pilih Backup all user apps + system data untuk membuat salinan data dan aplikasinya.
  • Berikan centang pada aplikasi yang ingin di backup.
  • Tunggu hingga proses backup selesai.
  • Dan anda bisa menyimpan hasil backup atau salinan cadangan tersebut ke komputer atau penyimpanan kartu SD agar tidak hilang.

Cara Backup File / Data Android Ke PC

Cara Backup Data di HP Android

Dan terakhir, cara ini sangat cocok jika anda hanya ingin membackup file seperti foto, video, dokumen atau file lainnya yang berada di penyimpanan HP android anda. Anda cukup gunakan kabel USB untuk menghubungkan antara HP android anda ke PC. Kemudian pilih opsi untuk transfer file, dan terakhir pindahkan file yang anda inginkan ke PC atau laptop anda.

Demikian informasi mengenai cara backup data di HP android paling mudah dan aman untuk anda terapkan. Semoga berguna dan bermanfaat.