7+ Rekomendasi Aplikasi Kalibrasi Baterai Android Terbaik

doel.web.id – Apakah anda ingin mengecek “kesehatan” komponen penting pada setiap Hp yakni baterai? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi kalibrasi baterai android terbaik yang bisa menjadi pilihan anda.

Sekedar informasi dimana kalibrasi baterai pada HP Android adalah proses untuk memastikan bahwa sistem pengukuran daya baterai berjalan dengan akurat dan baterai bekerja secara optimal. Walaupun secara istilah “kalibrasi” umumnya terkait dengan penyesuaian perangkat keras, dalam konteks baterai HP Android, kalibrasi lebih berkaitan dengan pembaruan dan penyesuaian informasi yang disimpan dalam sistem perangkat lunak yang mengontrol baterai.

Pada umumnya, proses kalibrasi baterai sering kali melibatkan langkah-langkah seperti pengosongan baterai sampai benar-benar habis, lalu pengisian ulang penuh tanpa gangguan, serta pemulihan informasi penggunaan baterai yang akurat dalam sistem. Dengan melakukan kalibrasi baterai secara teratur, anda dapat membantu memperpanjang umur baterai, mengoptimalkan kinerja, dan memastikan bahwa tingkat daya yang ditampilkan secara akurat mencerminkan sisa daya yang sebenarnya tersisa dalam baterai perangkat anda.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana baterai pada Hp merupakan komponen penting untuk memastikan Hp bisa menyala dan digunakan seperti biasa tanpa harus terhubung dengan colokan listrik. Namun kadang kala kerap ditemukan masalah baterai pada Hp seperti indikator baterai menunjukkan daya tersisa 40%, akan tetapi tiba-tiba HP mati karena kehabisan daya. Atau bisa juga indikator baterai yang tidak bisa terisi penuh hingga 100%.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi kalibrasi baterai android terbaik yang bisa anda gunakan untuk memastikan kesehatan baterai Hp android anda.

Aplikasi Kalibrasi Baterai Android Terbaik

Aplikasi Kalibrasi Baterai Android

Kalibrasi Baterai

Kalibrierung Der Hilfsbatterie
Kalibrierung Der Hilfsbatterie

Rekomendasi aplikasi kalibrasi baterai pertama adalah aplikasi bernama Kalibrasi Baterai dimana aplikasi ini dapat berfungsi optimal di HP android yang belum diroot. Anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan saat menggunakan aplikasi tersebut.

Namun, memang lebih efektif memanfaatkan aplikasi Kalibrasi Baterai ini di HP yang sudah diroot. Aplikasi Kalibrasi Baterai ini cukup banyak diminati, terbukti dengan jumlah downloadernya di Google Playstore yang mencapai angka 100 ribuan. Kapasitas aplikasi tersebut juga terbilang sangat ringan, yakni hanya sebesar 1.3MB saja.

Easy Battery Calibration

Pilihan aplikasi untuk mengkalibrasi baterai yang selanjutnya yakni bernama Easy Battery Calibration. Aplikasi satu ini dibuat oleh Miguel Fernandez Perez dan menjadi salah satu aplikasi kalibrasi baterai yang paling populer digunakan. Di Google Playstore aplikasi tersebut sudah download lebih dari 500 ribu kali dengan mendapatkan rating sebesar 4.1 dari 5 bintang. Ukurannya juga terbilang kecil, aplikasi tersebut hanya memiliki ukuran sebesar 7.7MB saja.

Menggunakan aplikasi Easy Battery Calibration diklaim bisa mengatasi indikator baterain yang error atau tidak sesuai. Selain itu, penggunaannya juga diklaim bisa membuat daya baterai menjadi lebih hemat dan stabil. Dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana, anda yang bahkan masih awam pun tidak akan kesulitan untuk mengkalibrasi baterai menggunakan aplikasi ini.

Battery Recover 2023

Berikutnya ada aplikasi bernama Battery Recover 2023 yang juga menjadi salah satu aplikasi untuk kalibrasi baterai terbaik dan banyak digunakan. Aplikasi tersebut dibesut oleh Mobile S Studio dan sudah mendapatkan jumlah download-an mencapai 1 juta kali di Google Playstore. Dibandingkan dengan aplikasi di atas, Battery Recover 2021 ini bisa dibilang jauh lebih ringan yakni ukurannya hanya sebesar 3.4MB saja. Ukurannya yang kecil tersebut memungkinkan aplikasi ini bisa dijalankan dengan lancar di HP spek rendah.

Penggunaan aplikasi Battery Recover 2021 diklaim mampu mengoptimalkan fungsi dan kondisi baterai HP. Bahkan aplikasi tersebut juga akan lebih menghemat daya baterai dengan cara menonaktifkan jaringan wifi dan data seluler saat layar dimatikan. Serta juga menghentikan aplikasi di latart belakang dengan cara klik tombol Optimalkan. Didukung dengan antarmuka yang sederhana, membuatnya sangat mudah untuk digunakan.

NoAd Battery Calibrator [ROOT]

Sementara untuk aplikasi untuk kalibrasi baterai berikutnya ini hanya bisa digunakan pada perangkat HP android yang sudah diroot. Menariknya, aplikais NoAd Battery Calibrator [ROOT] bisa anda gunakan dengan mudah dan nyaman tanpa ada gangguan iklan yang muncul. Kalian pasti sangat terganggu dengan iklan yang secara tiba-tiba muncul di layar dan menutupi seluruh bagiannya. Namun, hal tersebut tidak akan dialami jika menggunakan aplikasi satu ini.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup anda isi baterai hingga penuh 100%. Kemudian jalankan aplikasi dan klik tombol Kalibrasi untuk memulai kalibrasi baterai. Aplikais ini diklaim sangat efektif untuk menormalkan kembali baterai HP yang error dan mengoptimalkan fungsinya. Aplikasi NoAd Battery Calibrator [ROOT] ini sendiri memiliki kapasitas sebesar 2.3MB dan sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Google Playstore.

Battery Calibration Pro 2023

Aplikasi Battery Calibration Pro 2023 ini memungkinkan untuk digunakan secara gratis walaupun menggunakan istilah “pro”. Bahkan menggunakan aplikasi ini anda bisa melakukan kalibrasi baterai dengan mudah hanya sekali klik, yakni dengan menekan tombol Calibration. Aplikasi satu ini sangat efektif untuk mengkalibrasi baterai HP yang tidak normal atau HP baru saja diflashing.

Aplikasi Battery Calibration Pro 2023 sendiri hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan stylish. Di sana juga akan ditampilkan informasi mengenai baterai HP anda secara detail sehingga memudahkan untuk mengetahui kondisinya secara lebih mendalam. Aplikasi ini lebih efekif digunakan pada HP yang sudah diroot.

Repair Battery Life Calibrator

Dan pilihan aplikasi kalibrasi baterai android yang bagus dan optimal yang selanjutnya yakni bernama Repair Battery Life Calibrator. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh SugusApps dan sudah diunduh lebih dari 10 ribu downloader di Google Playstore. Aplikasi Repair Battery Life Calibrator memiliki kapasitas sebesar 9.9MB sehingga tetap lancar meskipun dijalankan di HP berspek standar.

Penggunaan aplikasi tersebut diklaim sangat efektif untuk memperbaiki fungsi dari baterai. Selain itu, aplikasi Repair Battery Life Calibrator ini juga membuat baterai HP lebih hemat dan tahan lama.

Greenify

Dan rekomendasi aplikasi terakhir pada daftar ini adalah aplikasi bernama Greenify yang merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk menghemat baterai dan menjaga suhunya agar tetap stabil. Dengan aplikasi ini anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi yang sering menguras daya baterai dan melakukan hibernasi pada aplikasi tersebut. Selain fungsi tersebut, Greenify juga diklaim sangat efektif untuk digunakan mengkalibrasi baterai HP android.

Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer bernama Oasis Feng dan sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna di Google Playstore. Selain efektif dan optimal, aplikasi Greenify ini juga terbilang ringan sehingga tetap lancar meskipun dijalankan di HP dengan spesifikasi standar.

Demikian informasi mengenai rekomendasi aplikasi kalibrasi baterai android terbaik yang bisa menjadi pilihan anda. Semoga berguna dan bemranfaat.