Apa Perbedaan SEO dan SEM? Begini Pengertiannya

doel.web.id – Dua istilah SEO dan SEM dalam digital marketing tentu tidak bisa dipisahkan, dimana kedua istilah tersebut merupakan upaya untuk menaikkan peringkat blog atau wesbite sekaligus untuk mendatangkan traffic. Lalu apa perbedaan SEO dan SEM? Anda bisa menyimak pengertiannya dibawah ini.

Sekedar informasi, SEO atau memiliki kepanjangan search engine optimization adalah upaya yang dilakukan agar blog dan website bisa menempati posisi dan ranking yang baik di mesin pencari sehingga blog bisa mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencari yang mencari kata kunci yang berhubungan dengan blog anda, baik dari artikel, gambar, dan homepage blog anda. Baca juga Cara Riset Keyword untuk Artikel Blog Bisnis Terbaru 2023

 

Semntara SEM adalah search engine marketing, dimana anda mengotimalkan agar blog atau website bisa muncul di mesin pencari menggunakan marketing atau iklan. Dengan kata lain, dalam penerapan SEM dibutuhkan trik mengiklankan website secara tepat menggunakan berbagai metode, seperti Pay Per Click (PPC), dan sebagainya.

Setelah memahami kedua pengertian diatas, maka berikut perbedaan SEO dan SEM yang bisa anda simak dibawah ini.

Perbedaan SEO dan SEM

Apa Perbedaan SEO dan SEM

Jangka Waktu

SEO bisa bertahan lebih lama sebab tidak menggunakan jangka waktu dan tergantung bagaimana anda melakukan optimasi blog anda. Sedangn SEM bekerja dalam durasi terbatas oleh penetapan waktu, tergantung dengan durasi waktu serta biaya yang anda tetapkan.

Anggaran

SEO dan SEM juga memiliki perbedaan dari segi biaya. Dimana apabila anda menggunakan SEO, bisa gratis tanpa biaya apapun. Namun apabila anda menggunakan SEM, anda harus membayar namun sebanding dengan hasilnya yang lebih optimal dan lebih cepat.

Target Audiens

SEM memberi kesempatan pemilik konten untuk mendapatkan target audiens lebih spesifik. Apabila anda menginginkan target pasar yang lebih akurat, maka SEM yang harus diterapkan. Sementara SEO yang tidak dapat mengupayakan spesifikasi audiens.

Kecepatan

Dalam menggunakan metode SEM bisa memberikan hasil lebih cepat dan optimal, dan bisa ditarget ulang apabila belum tercapai sesuai dengan keinginan. Bahkan anda dapat menonaktifkan kembali apabila tidak lagi signifikan membuat perubahan.

Sedangkan SEO tidak dapat diandalkan dalam hal kecepatan, sebab SEO hanyalah upaya terbaik yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari dan memerlukan upaya yang konsisten mengelolanya, dan sementara untuk target audiens yang dibidik lebih luas dan tidak ada batasan, sehingga anda bisa menargetkan siapa saja.

Potensi CTR (Click Through Rate)

SEO lebih berpotensi menghasilkan CTR yang terkonversi dengan baik sebab lebih ringan untuk dibaca. Tulisan dalam SEO layaknya membaca sebuah artikel, meskipun di dalamnya terdapat unsur persuasif.

Berbeda halnya dengan SEM, dimana SEM tidak selalu mendapat apresiasi positif dari pembaca sehingga kurang potensial menghasilkan CTR apalagi mengkonversikannya dari pembaca jadi konsumen, kemudian pelanggan.

Manfaat Untuk Perusahaan atau Bisnis

SEM biasanya diterapkan oleh perusahaan yang menginginkan hasil yang instan dan cepat berdasarkan anggaran yang mereka keluarkan untuk mencapai target yang diinginkan. Berbeda dengan SEO, yang biasa diterapkan oleh pemilik blog personal maupun perusahaan dengan hasil tidak secepat SEM tetapi memiliki jangkaun yang lebih luas dan lebih tahan lama.

Demikian informasi mengenai perbedaan SEO dan SEM yang bisa anda pahami, sehingga anda tidak perlu lagi bingung membedakan keduanya.

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *