Membuka Franchise Minuman Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

doel.web.id – Membuka franchise minuman modal kecil sekarang bisa Anda lakukan dengan mudah. Ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan Penghasilan tambahan, bisa mengambil ide bisnis ini.

Minuman-minuman viral sekarang sudah banyak sekali terlihat di pinggir-pinggir jalan, hingga di depan rumah tetangga. Bisnis ini begitu menjamur karena memang membukanya mudah, dan modal yang dikeluarkan juga cukup kecil.

Bisnis seperti ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut ini akan kami tunjukkan bagaimana caranya membuka bisnis franchise minuman modal kecil dengan keuntungan besar.

7 Langkah Membuka Franchise Minuman Modal Kecil tapi Untung Besar

Stand minuman viral, sering Anda jumpai di pinggir jalan, depan rumah seseorang, atau di halaman minimarket. Brandnya berbeda-beda, tapi harganya rata-rata sama.

Banyak yang bilang jika bisnis minuman viral, seperti halnya es teh berukuran jumbo bisa memberikan keuntungan berlimpah meski modalnya kecil. Apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini?

Bisnis franchise minuman modal kecil adalah salah satu cara Anda memiliki stand, bahan, hingga alat-alatnya. Jika brand minuman tersebut sudah terkenal, Anda bisa cepat balik modal.

Sebenarnya untuk bisa membuka bisnis franchise seperti ini sangatlah mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Asalkan Anda sudah ada modal dan lahan untuk jualan, bisa langsung daftar.

Berikut ini akan kami tunjukkan bagaimana langkah membuka bisnis franchise minuman modal kecil dengan keuntungan besar :

1.      Lakukan Survey untuk Memilih Brand Terbaik

Jangan asal memilih brand franchise. Coba lakukan survey dengan melihat seberapa terkenalkah brand tersebut. Rata-rata franchisee dapat balik modal dalam kurun berapa lama.

Selain itu, Anda juga perlu lihat bagaimana perizinan usaha dari franchisor. Sebab, ini penting untuk kelangsungan Anda dalam berbisnis di masa depan dengan brand tersebut. Jangan lupa, bandingkan satu brand dengan brand lainnya untuk bisa mendapatkan franchisor terbaik.

2.      Cek Penawaran Terbaik dari Franchisor

Setelah Anda mendapatkan brand yang dinilai bagus, jangan terburu-buru mengambil franchise minuman modal kecil tersebut. Coba lihat penawarannya. Biasanya franchisor akan memberikan beberapa paket usaha dengan modal awal yang berbeda-beda.

Paling umum yang ditawarkan oleh franchisor dalam paket usahanya pasti ada stand mejanya, alat segel cup, bahan-bahan pembuat minuman, perlengkapan pendukung lainnya dalam menjalankan usaha.

Terkadang, franchisor juga menyediakan bimbingan hingga kelengkapan promosi agar bisnis Anda bisa langsung dikenal. Anda bisa memilih paket usaha sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan memilih paket usaha terlalu mahal jika budgetnya kurang.

3.      Memilih Brand Franchise

Setelah melakukan pertimbangan yang matang, silakan untuk memilih satu brand franchise minuman modal kecil. Jika ada bimbingan profesional yang ditawarkan oleh franchisor, Anda harus ikuti saja untuk bisa mendapatkan pengetahuan dasar seputar bisnis satu ini.

4.      Lakukan Syarat Pendaftaran

Namanya juga berbisnis dengan menjalankan brand franchise, Anda berarti menjadi mitra bisnis dan harus terdaftar. Untuk mendaftar brand franchise sebenarnya sangat mudah, yaitu :

  • Fotocopy identitas diri
  • Foto tempat usaha dan dikirimkan kepada admin
  • Menyetujui dan mendatangani surat perjanjian bermitra dengan brand terseb
  • Melakukan pembayaran sesuai dengan paket yang dipilih.
  • Dan terakhir, Anda perlu menunggu proses penyediaan barang dari tim untuk bisa memulai bisnisnya.

5.      Evaluasi Modal Membuka Franchise

Setelah Anda mendaftar untuk bisnis franchise minuman modal kecil, jangan lupa untuk evaluasi modalnya. Meski paket bisnis yang telah Anda beli dari franchisor sudah lengkap, keperluan lainnya juga penting, sehingga butuh tambahan modal.

Terutama jika Anda mempekerjakan orang untuk membantu bisnis Anda, perlu ada dana yang cukup agar bisa memberi gaji padanya.

6.      Tentukan Strategi Bisnis Terbaik

Meski membuka franchise minuman modal kecil mudah, Anda harus ada strategi bisnisnya. Uang yang telah Anda keluarkan sebagai Modal awal, perlu kembali dengan cepat, untuk itu harus ada trik dalam bisnis, seperti :

  • Lakukan analisis pasar agar jualan Anda bisa tertuju pada target yang tepat.
  • Jangan lupa melakukan perencanaan keuangan agar dana pribadi dengan bisnis bisa dipisahkan.
  • Perencanaan operasional juga perlu dipikirkan yaitu buka dan tutup jam berapa dan sejenisnya.
  • Tidak lupa pula melakukan promosi. Anda bisa memanfaatkan banner, brosur, hingga memasang iklan di sosial media.
  • Dan melakukan berbagai acara program kemitraan lokal agar bisnis Anda bisa dengan mudah dikenal banyak orang.

7.      Mulai Berbisnis

Kemudian langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan memulai dan menjalankan bisnis dengan konsisten dan pantang menyerah.

Kelola bisnis secara cermat, jaga Kualitas produk dan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan yang membeli. Jangan lupa, Anda menggunakan metode pembayaran QRIS, karena sekarang banyak pelanggan lebih suka bayar cashless.

Membuka bisnis satu ini memang menggiurkan dan juga modalnya tidak terlalu besar. Namun, dalam menjalankan franchise minuman modal kecil harus konsisten agar cepat balik modal dan bisnis berkembang dengan pesat.

bangdoel

Bang Doel adalah seorang blogger yang menulis tentang berbagai topik di dunia digital, media sosial, gadget, teknologi, politik, sosial, dan humaniora. Doel.web.id menjadi sarana untuk menyalurkan hobi menulis dan melakukan analisis.

Post navigation

Strategi Bisnis Jasa Desain Grafis dan Cara Memulainya

Simak Tips Memulai Bisnis Thrift Shop Agar Sukses di Pasaran

Kenali 6 Keuntungan Bisnis Online Dropship Bagi Pemula