3 Jenis Lisensi Microsoft Windows yang Perlu Diketahui

Blog Bang Doel – Banyak yang menjual Microsoft Windows di internet. Apakah itu legal? Atau justru itu merupakan jenis pembajakan baru? Untuk itu kamu perlu mengenal 3 jenis lisensi Microsoft Windows.

Di lokapasar, produk-produk digital cukup mudah ditemukan. Salah satunya adalah mereka yang menjual lisensi sistem operasi Windows yang tersohor itu.

Sistem operasi komputer sejuta umat ini memang cukup banyak dibajak. Memang tak ada angka resmi berapa jumlah pelaku pembajakannya, namun banyak pihak mengklaim Microsoft telah rugi miliaran dollar akibat hal ini.

Nah, buat kamu yang pengin menghindar dari bajakan dan berupaya sebisa mungkin membeli yang asli, mari berkenalan dengan berbagai lisensi yang ditawarkan.

Jenis Lisensi Microsoft Windows

Ada tiga macam lisensi yang diberikan Microsoft bagi konsumennya. Berikut diantaranya:

  1. Lisensi Full Package Product (FPP)

Lisensi Full Package Product (FPP) ini dijual eceran kepada konsumen yang membutuhkan secara langsung. Biasanya satu lisensi hanya bisa diinstal untuk kurang dari lima perangkat.

Lisensi ini mengikat konsumen untuk mematuhi perjanjian dengan Microsoft. Sehingga konsumen hanya punya hak untuk menginstal pada jumlah perangkat yang disepakati dan tidak boleh menyebarluaskan lisensi tersebut.

  1. Lisensi Original Equipment Manufacturer (OEM)

Pernahkah kamu membeli sebuah laptop dan disitu sudah terinstal Windows? Nah, itulah yang disebut dengan lisensi Original Equipment Manufacturer (OEM).

Microsoft menjual lisensinya kepada pabrikan komputer. Sehingga setiap perangkat yang dijual kepada konsumen sudah terinstal Windows yang asli.

Pabrikan bertanggungjawab sepenuhnya terhadap kondisi instalasi tersebut. Sehingga lisensi ini bisa dikatakan berbeda dengan lisensi FPP. Namun tentu saja Windows yang diinstal sama saja.

  1. Lisensi volume

Lisensi volume merupakan lisensi yang dijual secara massal. Biasanya Microsoft menjualnya kepada perusahaan tertentu, perguruan tinggi maupun sekolah, atau institusi tertentu.

Sebuah instalasi pada satu komputer terikat dengan apa yang disebut KMS (Key Management Service) server atau Multiple Activation Keys (MAK). Sehingga ketika ada yang menjualnya lagi, ia memanfaatkan fitur KMS ini.

Bisa jadi Windows yang dijual di lokapasar, media sosial, maupun situs khusus memakai lisensi yang satu ini. Legal? Entahlah.

Yang perlu kamu tahu, Windows yang saat ini ada di komputer kamu bisa dicek lisensinya. Apakah FPP, OEM, atau lisensi volume.

Cara Mengecek Lisensi Windows di Komputer

Ya, kamu bisa mengecek lisensi Windows di komputer dengan beberapa cara berikut ini.

Pertama tekan Windows + R secara bersamaan untuk membuka kotak perintah Run. Kamu juga bisa mengklik tombol Start, kemudian temukan folder Windows System untuk menemukan Run.

Pada program Run ini silakan tekan cmd dan klik OK.

Setelah muncul Command Prompt, ketikan slmgr -dli dan tekan Enter di keyboard.

Jika sukses, akan muncul kotak Windows Script Host Dialog yang berisi informasi nama, deskripsi, dan lisensi Windows yang dimiliki.

ARTIKEL TERKAIT

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here