7+ Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Tanpa Jago Coding

doel.web.id – Apakah anda ingin membuat aplikasi android tetapi anda tidak jago atau tidak mengenal dunia coding sama sekali? jangan kuatir sebab anda bisa memanfaatkan aplikasi untuk membuat aplikasi android tanpa harus jago coding.

Dalam era digital yang terus berkembang seperti saat ini, tentunya kita sudah tidak asing dengan kehadiran beragam aplikasi yang bisa digunakan di perangkat mobile seperti HP android. Terdapat ribuan aplikasi dengan berbagai fungsi dan fitur untuk anda pilih.

Dan pilihan aplikasi ini pun semakin bertambah banyak sebab saat ini terdapat juga aplikasi yang bisa membantu pengguna membuat aplikasi baru lainnya tanpa harus jago coding. Dengan aplikasi, para pengguna umum pun bisa membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan dengan mudah tanpa harus mengetahui dasar coding.

Pada umumnya, aplikasi pembuat aplikasi ini hadir dengan menawarkan cara penggunaan yang mudah untuk para pengguna sehingga mengatur, merancang, dan menyesuaikan aplikasi bisa menjadi sangat mudah dilakukan bagi siapapun.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan rekomendasi cara membuat aplikasi android tanpa jago coding yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Jago Coding

Membuat Aplikasi Android Tanpa Jago Coding

Appery.io

Appery.io Tester
Appery.io Tester
Developer: Appery
Price: Free

Appery.io menjadi rekomendasi website pembuat aplikasi pertama dalam daftar ini dimana website ini termasuk pertama kali yang menawarkan pengembangan aplikasi Android tanpa coding.

Fitur yang dimilikinya seperti backend service terintegrasi dengan banyak pilihan API plugin. Appery menggabungkan kemudahan dalam membuat aplikasi dengan tampilan visual dari JavaScript sehingga proses pembuatannya menjadi lebih cepat. Selain aplikasi Android , Appery juga bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi hybrid, web apps dan Progressive Web Apps (PWA).

AppMakr

AppMakr menjadi rekomendasi selanjutnya untuk membuat aplikasi tanpa perlu coding. Anda bisa menggunakan aplikasi AppMakr dengan gratis dengan rilis aplikasi sesuai nama anda. Tetapi ada iklan dari AppMakr setiap aplikasi Android yang anda buat, jika tidak ingin iklan muncul maka Anda perlu membayar 1$/month untuk 1 user.

AppMakr sudah mendukung dalam 14 bahasa internasional, termasuk sudah support bahasa Indonesia. Jadi untuk anda yang terkendala bahasa asing tidak perlu khawatir karena AppMakr mendukung bahasa Indonesia.

Untuk desain antarmuka, AppMakr memiliki desain yang simple dan memudahkan dalam membuat aplikasi Android. Cukup melakukan drag and drop komponen yang tersedia saja dan kemudian simpan project pembuatan aplikasi Android anda.

MIT App Inventor

MIT App Inventor merupakan proyek dari Universitas Massachuset Institute of Technology (MIT) yang cocok bagi pemula. MIT Apps Inventor menggunakan block based programming tools sehingga memudahkan sekelas pemula sekalipun dalam membuat aplikasi Android .

MIT App Inventor sampai saat ini sudah memiliki user 8.2 juta dengan aplikasi yang sudah dibuat mencapai 34 juta aplikasi. Untuk urusan biaya tenang saja karena ini program dari kampus ternama, maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Tampilannya user interface yang sederhana sehingga membantu para pemula yang ingin belajar membuat aplikasi pertamanya, cukup dengan drag and drop pallete. Setiap komponen bisa diatur nilainya sesuai dengan keperluan lewat menu properties.

Disebut block based programming karena komponen-komponen sudah disusun dalam bentuk blok, anda tinggal menyusunnya saja sesuai dengan kebutuhan.

Appy Pie

App Pie menjadi website pembuat aplikasi tanpa coding selanjutnya yang layak untuk anda coba. Anda cukup drag and drop pada website secara langsung, jika selesai ada opsi untuk upload di Play Store atau App Store.

Selain aplikasi, App Pie tersedia juga untuk pembuatan website, task automation, chatbot dan graphics design. Tersedia juga versi gratisnya, tetapi aplikasi Android Anda akan disisipi iklan dari Appy Pie.

Untuk versi berbayarnya harganya mulai dari 18$/bulan untuk paket basic dan yang termahal paket platinum 60$/bulan dengan premium fitur terlengkap. Jika anda ingin mencoba silahkan daftar trial terlebih dahulu untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang didapatkan.

Jagel.id

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah Jagel.id, aplikasi ini berbeda dengan sebelumnya karena asalnya dari Indonesia, jadi untuk Anda yang terkendala bahasa asing bisa memilih Jagel untuk kebutuhan aplikasi Android.

Kelebihannya aplikasi buatan Jagel lebih ramah pengguna, tidak perlu menyewa server dan tanpa perlu memahami pemrograman. Untuk paket biayanya terbilang murah, cukup dengan harga 100.000/bulan anda sudah bisa mendapatkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Ini lebih murah daripada menyewa seorang programmer secara fulltime. Jagel membantu anda untuk meningkatkan profit bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Aplikasi Jagel.id membantu pengguna untuk membuat berbagai aplikasi sesuai dengan kebutuhan usaha langsung dari HP saja.

Contohnya beberapa aplikasi yang sudah dibuat seperti: Aplikasi Ojek Online, Kurir, Online Shop, Usaha Jasa, dan lain sebagainya. Semua aplikasi yang dibuat dengan Jagel.id juga sudah support untuk di upload ke Play Store dan bisa di download secara bebas oleh pengguna Hp.

GoodBarber

GoodBarber adalah aplikasi pembuat aplikasi online dengan banyak pilihan tema yang menarik. Tersedia banyak desain ikon yang menarik dan dukungan lebih dari 600 font Google yang bisa anda pilih untuk mempercantik tampilan aplikasi.

Selain aplikasi Android, GoodBarber juga memiliki fitur untuk membuat native apps, progressive web apps baik untuk Android maupun iOS. GoodBarber saat ini sudah memiliki aplikasi yang diterbitkan oleh penggunanya lebih dari 30.000 apps dengan jumlah download mencapai lebih dari 40 juta lebih.

Sayangnya untuk bisa mencoba aplikasi ini tidak gratis, anda perlu membayar biaya langganan bulanan paling murah 30 euro/bulan.

Thunkable

Tidak berbeda jauh dengan tools membuat aplikasi Android tanpa coding sebelumnya, Thunkable merupakan website coding online berbasis website. Thunkable bisa cross platform, jadi saat anda membuat aplikasi berbasis Android , anda juga bisa lakukan export untuk iOS sekaligus.

Apabila dilihat sekilas, website Thunkable ini lebih responsive dengan model tampilan yang menarik. Untuk sistem pembuatannya anda bisa lakukan drag and drop block code sesuai dengan keperluan.

AppMachine

Dan terakhir adalah aplikasi bernama AppMachine yang menggunakan web base untuk bisa membuat aplikasinya, jadi anda diharuskan login terlebih dahulu saat akan membuat aplikasi. Tidak hanya support Android apps saja, AppMachine support untuk iOS. AppMachine memiliki fitur antarmuka dengan drag and drop dengan dikombinasikan block-block building yang memudahkan saat proses pembuatan apps.

Untuk bisa menikmati semua fiturnya, anda harus berlangganan secara bulanan. Untuk harga termurahnya 49$/bulan dengan fitur app previewer, live updates, plus blocks, analytics, push notification, advanced design option, automatic app update dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai cara membuat aplikasi android tanpa harus jago coding yang bisa menjadi pilihan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.