10 Rekomendasi Drama Korea Bullying di Sekolah yang Menguras Emosi

doel.web.id – Kali ini kami akan membagikan rekomendasi drama korea yang mengangkat cerita bullying di sekolah yang menguras emosi untuk bisa anda menjadi referensi anda.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana tindakan bullying atau perundungan di sekolah merupakan isu dunia yang memprihantikan dan masih marak dilakukan dari dulu hingga sekarang. Hal ini hampir terjadi di semua negara dan memberikan dampak negatif bagi kesehatan mental pelajar yang terkena bullying. Bahkan tidak jarang kasus ini berakhir dengan kisah yang sedih dan berujung bunuh diri karena depresi.

Dengan maraknya kasus bullying yang tidak terjadi, tidak heran tema ini sering diangkat menjadi sebuah film yang sarat akan pesan penting dan juga mengajarkan akibat dari bullying disekolah.

Bagi anda pecinta drakor, maka kali ini kami akan membagikan rekomendasi drama korea yang mengangkat cerita bullying di sekolah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Rekomendasi Drama Korea Bullying di Sekolah

Drama Korea Bullying di Sekolah

WEAK HERO CLASS 1 (2022)

Rekomendasi pertama, ada WEAK HERO CLASS sebagai salah satu rekomendasi drama bullying yang menguras emosi. Drama ini berkisah tentang tokoh Yeon Si Eun (Park Ji-Hoon) yang tidak pernah tertarik bersosialisasi dengan siapa pun selama di kelas. Ya, dia hanya ingin fokus belajar tanpa merugikan siapa pun. Ternyata, kebiasaan itu tetap mengusik bagi siswa lain, yakni Young Bin (Kim Su Gyeom).

Perundungan terhadap Si Eun pun dimulai. Meski terkesan lemah, ternyata dia mampu melawan. Sayangnya, Young Bin masih terus berusaha untuk menyakitinya. Kisah ini bisa anda saksikan di layanan streaming Viki dan Wevve.

THE GLORY (2022)

THE GLORY menjadi salah satu drama bullying yang sedang hangat diperbincangkan. Pasalnya, season 2 drama ini baru tayang pada Maret 2023 lalu. Secara garis besar, drama original Netflix ini berkisah tentang seorang gadis SMA yang menjadi korban kekerasan atau bullying oleh teman-temannya. Tokoh Moon Dong Eun (Song Hye-kyo) yang punya perawakan kecil disiksa setiap hari oleh Park Yeon Jin (Lim Ji-yeon) dan kawan-kawan.

Kengerian yang dialami Dong Eun akan menguras emosi anda saat menontonnya. Saat tak ada pihak yang menolongnya, Dong Eun punya tekad kuat untuk balas dendam. Nah, kisah pembalasan dendam itu bisa anda tonton lebih lanjut di THE GLORY season 2.

CLASS OF LIES (2019)

CLASS OF LIES (2019)

Jika anda ingin menonton drama bullying yang cukup bikin frustasi, CLASS OF LIES bisa jadi jawabannya. Konflik utama drama ini dimulai dari kematian salah satu siswi bernama Soo Ah. Lalu Kim Han Soo (Jang Dong-joo) dituduh sebagai pelaku yang membunuhnya. Mu Hyeok (Yoon Kyun-sang), pengacara yang hanya peduli dengan uang lantas ditugaskan sebagai pengacaranya. Namun ternyata, itu hanya akal-akalan dari atasan yang ingin membuat kariernya hancur.

Selanjutnya, Mu Hyeok tetap melakukan pengusutan kasus dengan menyamar sebagai guru di sekolah tersebut. Berawal dari perasaan terluka karena dikhianati, Mu Hyeok justru jadi tahu betapa parahnya kasus bully dan persaingan antar siswa yang penuh kecurangan. Penasaran dengan kisah selengkapnya? Silakan tonton sendiri di VIU.

BEAUTIFUL WORLD (2019)

Tak seindah judulnya, BEAUTIFUL WORLD menjadi salah satu drama bullying di sekolah yang bisa menguras emosi anda. Melalui drama ini, anda akan mengetahui perjuangan orangtua dari anak yang menjadi korban bullying. Park Moo Jin (Park Hee Soon) dan Kang In Ha (Choo Ja-hyun) adalah pasangan suami istri yang tak menyangka jika Park Sun Ho (Nam Da-reum), sang putra menjadi korban perundung. Bahkan, sang putra sampai mengalami kerusakan otak dan koma.

Park Sun Ho melompat dari gedung tinggi setelah dirundung oleh teman-temannya. Akhirnya, kedua orangtua beserta adiknya, Park Soo Ho (Kim Hwan-hee) harus berjuang dalam mengungkap kebenaran dan mendapatkan keadilan. Pasalnya, pihak sekolah, orangtua pelaku, serta kepolisian berusaha menyembunyikan fakta sebenarnya. Kalian bisa menonton drama ini di Netflix atau Disney+Hotstar.

SAVE ME (2017)

Selanjutnya, ada drama bullying yang tak kalah menguras emosi berjudul SAVE ME. Konflik dalam drama ini bermula saat Im Sang-mi (Seo Yea-ji) pindah dari Seoul ke desa terpencil karena masalah ekonomi. Selain itu, sang adik yang bernama Im Sang-jin (Jang Yoo-sang) juga menderita gangguan mental karena bullying. Di sisi lain, desa Muji-gun dikuasai oleh kultus Goseonwon yang memiliki banyak pengikut. Sebenarnya, sekte kultus ini terlihat seperti gereja yang damai, padahal menganut aliran sesat.

Dengan memanfaatkan kemalangan keluarga Sang-mi, pastor bernama Baek Jung-ki (Jo Sung-ha) mengajaknya bergabung. Selain pencucian otak yang membuat para anggotanya terhasut, anggota sekte tersebut juga melakukan tindak kekerasan, penyiksaan sampai pembunuhan. Sayangnya, Sang-mi sudah tak bisa melarikan diri. Dia bertemu temannya, yaitu Hang Sang-hwan (Taecyeon) dan Dong-chul (Woo Do-hwan). Pada pertemuan tersebut, Sang-mi membisikkan kalimat, “Selamatkan aku.” Drama yang juga memiliki season 2 yang tayang pada 2019 ini bisa anda saksikan di layanan streaming Netflix dan VIU.

ANGRY MOM (2015)

Berkisah tentang seorang ibu yang tak terima saat sang putri mengalami perundungan di sekolah, drama ANGRY MOM ini akan menguras emosi anda. Secara garis besar, drama bullying ini menyoroti tokoh Kang Ja (Kim Hee-sun). Saat masih sekolah, dia merupakan seorang legenda karena terkenal suka berkelahi, tangguh, dan sangat ditakuti. Setelah melahirkan sang putri bernama Oh Ah Ran (Kim Yoo-jung), Kang Ja pun berubah dan ingin menjadi ibu baik yang melindungi sang putri.

Saat mengetahui sang anak dalam bahaya, Kang Ja nekat berpura-pura menjadi siswa dan mendaftar ke sekolah yang sama. Dia berniat memberi pelajaran kepada perundung tersebut. Namun, Kang Ja malah menemukan masalah lain yang tak kalah kelam. Kisah selengkapnya bisa anda tonton melalui layanan streaming Netflix atau Viki.

SCHOOL 2015: WHO ARE YOU (2015)

Selanjutnya, ada SCHOOL 2015: WHO ARE YOU sebagai drama bullying. Tokoh dalam drama ini adalah anak kembar Lee Eun Bi dan Go Eun Byul yang diperankan oleh aktris Kim So Hyun. Anak kembar identik tersebut terpisah saat salah satu diadopsi dari panti asuhan. Lee Eun Bi tak seberuntung kembarannya. Dia mengalami perundungan hingga nyaris bunuh diri. Namun, dia diselamatkan oleh Go Eun Byul. Adegan bullying yang menyisakan trauma pun bisa anda lihat dengan jelas dalam drama ini.

Saat Eun Bi mengalami amnesia, dia justru dikira sebagai Eun Byul. Sementara Eun Byul pun memilih untuk meninggalkan keluarganya. Diceritakan bahwa Han Yi An (Nam Joo Hyuk) adalah sahabat Go Eun Byul. Namun, dia malah jatuh cinta kepada sahabatnya yang sebenarnya tertukar dengan Eun Bi. Ada pula tokoh lain bernama Gong Tae Kwang (Yook Seung Jae) yang juga naksir Lee Eun Bi. Drama ini bisa anda saksikan di VIU.

PYRAMID GAME (2023)

Jika anda sedang mencari rekomendasi drakor bullying terbaru, PYRAMID GAME bisa jadi jawabannya. Namun, anda harus sabar menantikan jadwal penayangannya. Secara garis besar, drama ini akan bercerita tentang sebuah sekolah elit yang punya cara unik dalam menentukan popularitas siswanya. Jika melalui pemungutan suara ada siswa yang mendapatkan nilai F, mau tidak mau dia akan menjadi korban perundungan.

Dikisahkan bahwa tokoh Sung Su Ji rupanya sudah dijadikan target bully dan Pyramid game sejak kepindahannya. Kekerasan yang dia alami pun memaksa Su Ji untuk melarikan diri. Akan ada banyak pesan moral dan pelajaran yang bisa didapat dari drama bullying ini.

THE KING OF PIGS (2022)

Selanjutnya, ada drama bullying yang berjudul THE KING OF PIGS. Drama yang juga mengusung genre thriller ini berkisah tentang korban bully di sekolah yang masih memendam rasa trauma dan dendam. Drama ini berfokus pada kehidupan Hwang Kyung Min (Kim Dong Wook).

Pria yang sudah berkeluarga dan memiliki kehidupan bahagia ini ternyata masih menyimpan trauma mendalam. Ingatannya pada pengalaman buruk di masa lalu membuat Kyung Min jadi tak terkendali. Secara tiba-tiba, teman-temannya yang dulu menjadi pelaku perundungan di sekolah tewas setelah mendapatkan pesan ancaman. Pembunuhan berantai yang terjadi membuat pihak kepolisian berpikir keras dan berusaha mengungkap kasus tersebut.

TRUE BEAUTY (2020)

TRUE BEAUTY juga menjadi drama bullying yang menarik untuk diikuti. Mengusung genre romantic-comedy, drama ini berkisah tentang seorang gadis SMA bernama Im Ju Kyung. Sejak kecil, dia merasa penampilannya tidak menarik dan selalu menjadi bahan bully oleh keluarga dan temannya.

Saat tumbuh dewasa, dia mulai menonton video tutorial makeup dan mulai punya skill untuk menutupi wajahnya yang “tidak cantik”. Teman-temannya pun memuji perubahan itu dan memanggilnya dengan sebutan ‘dewi’. Dia juga ketakutan untuk memperlihatkan wajah aslinya lagi karena takut diejek lagi. Di sisi lain, dia juga punya hubungan yang unik dengan salah satu siswa bernama Lee Su Ho.

Demikian informasi mengenai rekomendasi drama korea yang mengangkat cerita bullying di sekolah yang menguras emosi. Semoga berguna dan bermanfaat.