Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB Dengan Mudah

doel.web.id – Umumnya ketika akan melakukan submit foto di sebuah situs, terdapat pembatasan file foto yang bisa diterima dan biasanya hanya maksimal 200 KB. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB dengan mudah yang bisa anda simak dibawah ini.

Di era teknologi digital seperti saat ini dimana banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara online. Sebut saja seperti melamar pekerjaan, dimana banyak perusahaan atau instansi yang membuka pendaftaran secara online sehingga pelamar tidak perlu repot keluar rumah dan antri di kantor.

Banyak situs pendaftaran online lainnya yang membolehkan para pengguna untuk mendaftar secara online untuk menjadi anggota maupun untuk mendapatkan kartu dan lain sebagainya.

Dengan mendaftar atau melamar secara online, maka otomatis pengiriman data atau dokumen pun dilakukan secara online yang dianggap lebih dan praktis dibandingkan harus dibawa secara online.

Namun biasa situs-situs perusahaan atau instansi membatasi ukuran file dokumen yang bisa dikirimkan agar tidak membebani server dan database mereka. Salah satunya adalah pembatasan ukuran foto yang kadang memiliki ukuran besar. Untuk itu, mereka membatasi maksimal ukuran foto yang bisa diunggah di situs mereka seperti maksimak hanya 200 KB saja, mengingat banyak peserta atau pengguna lain yang akan mengupload dokumen juga.

Lalu bagaimana cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB bagi anda yang memiliki ukuran besar dan terus mengalami kegagalan upload? jangan kuatir, sebab caranya pun sangat mudah dimana kali ini kami akan membagikan panduannya sebagai berikut.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB

Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB

TinyJPG.com

Cara pertama adalah anda bisa mencoba menggunakan situs gratis bernama TinyJPG.com yang memberikan layanan untuk mengecilkan ukuran foto secara online tanpa harus menginstal apa pun. Selain itu, situs ini juga bisa dibuka dengan mudah di browser PC maupun browser HP. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka situs tinyjpg lewat browser.
  • Anda bisa langsung klik di area “Drop your .png or .jpg file here!”. Drag and drop foto yang diinginkan ke area tersebut. Fotonya akan terunggah secara otomatis.
  • Menariknya, anda dapat meng-upload 20 foto sekaligus dengan masing-masing foto berukuran maksimal 5 MB.
  • Setelah foto ter-upload, maka otomatis foto akan masuk proses kompres. Tunggu hingga proses selesai.
  • Download hasil foto 200 KB yang anda inginkan dengan menekan tombol “Download All”.
  • Setelah selesai, foto akan langsung berubah ukuran. Anda bisa langsung menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Picresize.com

Cara selanjutnya, anda juga bisa menggunakan situs bernama Picresize.com yang juga memberikan layanan untuk mengecilkan ukuran foto secara online tanpa harus mendownload aplikasi tambahan apapun. Simak panduannya.

  • Pertama situs picresize.com lewat browser HP atau laptop anda.
  • Unggah foto yang Anda ingin edit dengan cara klik “Drag and Drop a file here”.
  • Setelah foto terunggah, klik “Continue to edit picture” di bagian pojok kanan.
  • Setelah proses upload foto selesai, anda dapat meng-edit foto seperti melakukan cropping atau rotate.
  • Anda juga bisa mengubah resolusi foto sesuai kebutuhan.
  • Untuk mengubah ukuran foto jadi 200 Kb, silakan ketikkan “200” di bagian kolom yang ada. Anda juga bisa mengubah kualitas dan jenis ekstensi file sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah terisi semua, anda klik tombol “I am done, resize my picture!”.
  • Untuk menyimpan hasil foto, anda bisa klik “Save to disk”.

Imagecompressor.io

Dan cara terakhir mengecilkan ukuran foto secara online dengan menggunakan situs bernama Imagecompressor.io yang bisa membantu anda mengecilkan ukuran foto anda hingga 200 kb tanpa mengurangi resolusi foto. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, anda bisa buka situs Imagecompressor.io melalui browser perangkat anda
  • Klik tombol “Upload Images” atau cukup drag and drop untuk mengupload foto yang akan diubah ukurannya menjadi 200 Kb.
  • Pilih “High” pada opsi “Compression level” untuk mengubah ukuran foto jadi 200 Kb.
  • Lalu anda bisa tekan tombol panah arah ke bawah untuk mengunduh foto yang sudah diubah ukurannya. Selesai.

Demikian informasi mengenai cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB yang bisa menjadi referensi anda bagi anda yang bingung cara membuat ukuran foto anda lebih kecil sesuai persyaratan submit foto di sebuah situs. Semoga berguna dan bermanfaat.