Ternyata Mudah, 3 Cara Bersihkan Laptop dari Sampah yang Benar

doel.web.id – Sudah tahu tentang cara bersihkan laptop dari sampah yang benar, sampah dimaksud adalah file yang tersimpan dan menumpuk. Jika merasakan laptop Anda terasa sangat lambat, mungkin ini adalah saat waktunya tepat untuk bersihkan laptop dari file sampah.

Tidak perlu menghapusnya satu per satu, ada cara mudah dan praktis yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan laptop dalam satu kali klik. Ingin tahu lebih lanjut tentang cara menghapus berkas sampah menumpuk simak artikel berikut ini.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menghapus File Sampah

Tidak sedikit para pemilik laptop sering mengabaikan file sampah dan membiarkan menumpuk begitu saja. Anda harus tahu, file sudah menumpuk akan menganggu jalannya sistem. Pada saat ini seorang pengguna wajib tahu cara bersihkan laptop. Karena, tidak jarang perangkat yang sudah menumpuk banyak sekali berkas akan memunculkan gejalanya.

Gejala yang paling terlihat adalah laptop bekerja lebih lambat daripada sebelumnya. Jika perangkat Anda gunakan memiliki kinerja yang sangat lambat tentu akan menghambat dan menganggu saat sedang mengerjakan pekerjaan, tugas atau bermain game.

Jika sudah merasa perangkat digunakan sudah sangat lambat, Anda bisa melakukan cara bersihkan laptop yang benar sehingga file sampah menumpuk dapat hilang dalam satu kali klik.

Dengan cara yang benar, Anda juga tidak peru mencari berkas sampah satu per satu dan menghapusnya. Jika seperti ini, waktu diperlukan untuk membersihkan laptop akan sangat lama.

Namun, membersihkan perangkat komputer lipat ini tidak harus menunggu kinerjanya lemot dulu. Anda bisa mengatur jadwal pembersihan secara rutin seperti satu minggu sekali hingga satu bulan sekali.

Dengan mengatur jadwal, laptop akan terus bersih dan menghindari penumpukan berkas yang menyebabkan kinerja perangkat menjadi melambat.

Cara Bersihkan Laptop yang Benar Wajib Diketahui Anda

Cara Bersihkan Laptop yang Benar Wajib Diketahui Anda

Anda bisa mencoba beberapa cara untuk membersihkan laptop dari penumpukan file sampah yang membuat kinerjanya melambat. Berikut ini cara-cara bisa Anda ikuti untuk membersihkan laptop dengan cepat dan praktis.

1.      Gunakan Disk Cleanup

Utility Disk Cleanup merupakan fitur yang digunakan untuk menghapus file sampah menumpuk. Berkas terlalu banyak akan menyebabkan laptop bekerja lebih keras dan jika dibiarkan akan membuat kinerjanya melambat.

Cara bersihkan laptop dengan disk cleanup sangat mudah. Ikuti tutotial menghapus berkas-berkas sampah yang menumpuk menggunakan disk cleanup berikut ini.

  • Buka Windows: langkah pertama buka windows dan cari ‘Disk Cleanup’
  • Pilih Drive: selanjutnya memilih drive yang ingin dibersihkan lalu dilanjutkan dengan klik ‘OK’.
  • File muncul: setelah itu akan muncul banyak file sampah, Anda bisa pilih berkas apa saja yang ingin dihapus.

Setelah memilih berkas ingin dihapus, Anda sebagai pengguna hanya perlu menunggu proses penghapusan selesai. Biasanya proses ini tidak akan terlalu lama, setelah selesai Anda akan merasakan perbedaan kinerja sistem dan terasa lebih ringan dan tidak lambat.

2.      Menggunakan Recycle Bin

Cara bersihkan laptop selanjutnya adalah Recycle bin merupakan fitur tempat sampah yang biasanya menjadi lokasi terakhir untuk berkas-berkas sudah terhapus. Pada fitur ini Anda bisa menemukan berkas-berkas sudah terhapus dan bisa mengembalikannya ke penyimpanan.

Namun, jika tidak ingin mengembalikannya ke penyimpanan dan yakin untuk menghapus semua file secara permanen tentu berkas-berkas tersebut akan menganggu dan hanya akan terus menumpuk hingga menyebabkan kinerja sistem menurun.

Cara menghapus file-file sampah dari recycle bin sangat mudah, berikut ini tutorial menghapus berkas sampah di recycle bin.

  • Buka aplikasi: langkah pertama adalah membuka aplikasi yaitu Recycle Bin.
  • Pilih File/folder: selanjutnya Anda harus pilih file atau folder yang ingin dilepas.
  • Pilih Empty Recycle Bin: terakhir jika ingin menghapus semua file ada di Recycle Bin, cukup pilih ‘Empty Recycle Bin’ dalam satu kali klik.

Jika berkas atau berkas yang akan dihapus tidak memiliki ukuran terlalu besar maka prosesnya akan lebih lama.

3.      Menggunakan Windows+R

Ingin tahu cara bersihkan laptop lain yang lebih praktis dari sebelum adalah menggunkan windows+R. Masih tidak mengertinya berikut ini tutorial menghapus berkas sampah menggunakan Windows+R.

  • Buka fitur run: untuk membuka fitur Run, pengguna harus klik tombol Windors+R pada keyboard.
  • Ketik ‘temp’: setelah jendela windows Run terbuka, langkah selanjutnya adalah mengetik ‘temp’ tanpa menyertakan tanda petik.
  • Tekan tombol delete: dalam waktu singkat folder temp akan terbuka, folder tersebut berisi file sampah yang sudah tidak berguna lagi. klik ctrl + a dan tekan delete.
  • Buka fitur run sekali lagi: setelah selesai dengan, klik windows+R lagi pada keyboar laptop Anda
  • Ketik ‘%temp%’: lagi, ketik ‘%temp%’ tanpa tanda petik pada jendela windows run.
  • File explorer terbuka: setelah itu file Explorer akan terbuka, langsung saja hapus file yang tampil pada folder tersebut.
  • Masuk Recycle BIN: untuk memastikan berkas tersebut benar-benar sudah hilang dan tidak akan menganggu sistem cek recycle BIN dan hapus semua file.

Proses pembersihan ini sudah selesai dan Anda bisa langsung merasakan perbedaan sebelum dihapus. Sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja, sehingga sekarang tidak ada alasan lagi. Dengan menggunakan mengikuti cara bersihkan laptop di atas, kesehatan perangkat yang Anda miliki tetap terjamin membuat kinerja laptop tetap sehat dan tidak bekerja lambat.

bangdoel

Bang Doel adalah seorang blogger yang menulis tentang berbagai topik di dunia digital, media sosial, gadget, teknologi, politik, sosial, dan humaniora. Doel.web.id menjadi sarana untuk menyalurkan hobi menulis dan melakukan analisis.

Post navigation