Oli motor terbaik seperti jodoh bagi mesin. Saat keduanya cocok, ia akan memberi keturunan berupa tarikan empuk dan bunyi yang halus. Namun seperti apakah oli motor itu disebut terbaik bagi motor Anda?

oli motor terbaik

Di pasaran saat ini banyak sekali merek oli motor. Mereka, tentu saja, mengklaim sebagai oli motor terbaik. Meski pada kenyataannya banyak diantaranya yang hanya mengaku cocok untuk semua motor, tetapi justru korosif.

Setiap oli motor yang baik mestilah hanya cocok untuk satu jenis mesin motor saja. Bahkan ada yang dipergunakan untuk satu jenis merek motor saja. Sepertinya oli itu dibuat dengan terlebih dahulu menyesuaikan produksi motor tersebut.

Pengertian Oli Motor

Oli motor merupakan salah satu varian dari oli mesin. Sehingga pada intinya semua oli memiliki kesamaan secara bentuk, fungsi, dan sistem kerjanya pada mesin.

Secara bentuk memang ada sedikit perbedaan dari berbagai oli mesin. Ada beberapa jenis oli mesin yang bentuknya seperti gel atau pasta. Kita sering menyebutnya dengan gemuk. Tapi oli semacam ini memiliki fungsi dan mekanisme kerja yang serupa dengan oli pada umumnya.

Secara umum bentuk oli merupakan cairan. Sehingga ia bisa dimasukkan dengan mudah kedalam mesin tanpa harus membongkarnya terlebih dahulu. Cukup membuka tutup olinya, lalu Anda bisa menuangkannya dengan mudah.

Oli tersebut kemudian bakal memenuhi ruang mesin. Sehingga ketika komponen mesin bergesekan, oli ini bakal mencegahnya mengalami aus. Keberadaan oli ini juga mencegah agar suhu didalam mesin tetap stabil.

Pergesekan komponen tersebut menyebabkan oli bakal menghitam. Kalau oli sudah berubah warnanya seperti itu, tandanya mesti segera diganti. Perubahan tersebut terjadi pada kurun 2.500 KM atau dalam pemakaian yang normal bisa terjadi sekitar satu setengah hingga dua bulan.

Oli Motor Terbaik

Di pasar otomotif, semua merek tentu mengklaim dirinya sebagai oli motor terbaik. Tapi secara default, semua oli diciptakan dari bahan yang sama, yakni berasal dari minyak bumi. Oli yang masih murni ini disebut dengan oli mineral.

Untuk oli motor, pemakaian oli mineral ini mulai berkurang. Bahkan hampir tidak ada. Hal ini disesuaikan dengan kondisi mesin yang semakin rumit dan modern. Saat ini kebanyakan pabrikan oli hanya memproduksi oli sintetis.

Oli sintetis merupakan oli mineral yang dicampur dengan bahan lainnya. Secara umum oli sintetis berasal dari Polyalphaolifins atau senyawa terbersih dari hasil pemilahan oli mineral. Senyawa yang paling stabil dari zat tersebut adalah polyol-ester.

Senyawa tadi diambil karena memiliki kecenderungan untuk tidak bereaksi dengan senyawa lain. Sementara itu oli mineral memiliki karbon reaktif yang cenderung bereaksi ketika disitu ada oksigen, sehingga menghasilkan asam yang menimbulkan korosi pada mesin.

Itulah kenapa di pasaran saat ini hanya dijual oli sintetis saja, dan nyaris tidak ditemukan oli mineral yang masih murni.

Polemik Oli Motor Terbaik

Lalu seperti apakah oli motor terbaik? Atau langsung saja, merek apa sih yang layak menyandang sebagai julukan oli motor terbaik? Untuk menjawab ini, saya memiliki dua kabar, yakni kabar baik dan kabar buruk.

Kabar buruknya, nyaris tidak ada oli motor terbaik. Sebab pada dasarnya semua oli motor sama saja. Semuanya berbahan dasar oli mineral yang berasal dari minyak bumi.

Yang perlu diketahui pula, tidak semua oli motor cocok dengan motor tertentu. Ada merek oli motor A, hanya bagus buat motor B. Oli motor C hanya bagus buat motor D. Nyaris tidak ada oli motor yang bagus buat motor A hingga Z. Apa sebabnya?

Oli Motor yang Khusus

Setiap motor memiliki mesin yang berbeda-beda. Misalnya motor sport tentu berbeda dengan motor matic. Belum lagi kalau melihat usia mesin motor tersebut. Motor yang masih baru tentu berbeda dengan mesin motor yang sudah berusia lima tahun. Mesin dari motor-motor itu mesti diberi oli yang berbeda.

Salah satu contohnya, oli motor matic tidak bisa dipakai untuk mesin motor biasa. Sebab oli motor matic didesain khusus untuk mesin motor dengan kopling kering. Sehingga dikhawatirkan ketika memakai oli motor khusus matic, mesin motor tersebut mengalami selip pada koplingnya.

Sebaliknya, untuk mesin motor matic disarankan juga hanya diberikan oli yang khusus untuk motor matic. Meski bisa juga diberikan oli motor biasa, namun hal ini tidak terlalu disarankan oleh para mekanik.

Oli motor untuk mesin yang baru dengan yang sudah berumur juga mesti dibedakan. Mesin yang masih baru boleh diberikan oli motor yang kekentalannya standar saja. Sementara untuk mesin yang sudah tua bisa diberikan oli motor yang lebih kental.

Untuk tips memilih oli motor, silakan ikuti petunjuk dibawah ini.

Perhatikan Kebutuhan Mesin Motor

Diatas sudah disinggung kalau mesin motor matic harus diberi mesin motor yang khusus matic juga. Anda bisa memilih di pasaran oli apa saja selama memang cocok buat matic. Biasanya di kemasannya juga sudah tergambar kegunaan oli tersebut.

Namun untuk memastikannya Anda bisa melihat kode JASO di kemasannya. Di pasaran saat ini ada tiga jenis kode JASO, yakni JASO MA dan JASO MB.

JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standard Organization. Lembaga otomotif Jepang ini membuat kode-kode tersebut sebagai standar untuk oli motor. JASO MA diperuntukkan bagi mesin motor dengan kopling basah. JASO MA saat ini terbagi kedalam dua golongan, yakni JASO MA1 dan JASO MA2. JASO MA2 diklaim lebih baik.

Untuk JASO MB sendiri diperuntukkan bagi mesin motor dengan kopling kering. Sehingga setiap oli motor dengan kode JASO MB, pasti gambarnya motor matic.

Perhatikan Usia Motor

Oli motor juga memiliki usia. Motor yang baru tentu memiliki mesin yang masih rapat dan komponennya masih rapi terpasang. Namun tidak begitu dengan mesin motor yang sudah tua. Ada beberapa komponennya yang aus sehingga menimbulkan tarikan mesin tidak maksimal.

Salah satu cara dalam mengatasinya, oli motor yang dipakai di kedua usia mesin tersebut mesti dibedakan. Mesin yang masih baru boleh memakai oli motor yang encer. Namun mesin yang sudah tua wajib memakai oli motor yang kental.

Untuk mengetahui kekentalan dari oli mesin ini bisa dilihat dari kode yang diterakan dalam kemasan. Ada kode 10W-40, 20W-40, 30W-50 dan seterusnya. Kode-kode tersebut merupakan tanda kekentalan dari oli.

Kode huruf W disitu berarti Winter. Satuan ini dibuat oleh Society of Automotive Engineer (SAE). Semakin tinggi angka W, maka semakin kental pula oli motor tersebut.

Semakin kental sebuah oli motor maka derajat viskositasnya juga semakin tinggi. Viskositas ini penting guna mencegah agar gesekan antara komponen didalam mesin tidak menyebabkan aus dan suhu semakin tinggi. Hal yang kerap terjadi pada mesin motor tua.

Viskositas sendiri merupakan sebuah ukuran guna mengetahui derajat pergesekan sebuah benda cair terhadap benda lainnya. Jadi sebetulnya bukan soal kental atau tidak. Namun ya karena yang viskositasnya tinggi biasanya cairannya kental, maka antara viskositas dan kental kerap disebut beriringan.

Selain JASO, SAE, Lihat Juga API

API ini bukan Application Programming Interface, namun American Petroleum Institute. API merupakan sebuah lembaga yang menguji kualitas sebuah produk oli mesin. Lembaga ini kemudian mengeluarkan kode untuk kemudian dipasang pada kemasannya.

Kode dari API tertulis SA, SB, SC, SD, hingga SL. Semakin jauh urutan abjad setelah S, maka semakin baik kualitas oli tersebut. Di pasaran tanah air, sudah banyak beredar oli motor dengan kualitas API SL.

Penutup

Kesimpulan yang bisa saya sampaikan adalah semua oli di pasaran adalah oli motor terbaik. Namun tentu saja terbaik ketika direkomendasikan oleh pabrikannya masing-masing. Sebab pabrikan itulah yang tahu oli mana yang lebih cocok buat motornya.

Kalau Anda memiliki kesempatan untuk menguji oli mana yang paling cocok buat motor Anda sendiri, itu lebih baik.

Apabila merasa repot buat merawat motor dengan memberinya oli terbaik, ya sudah sewa mobil atau bahkan sewa bus saja buat bepergian.

1 COMMENT

  1. Halo salam kenal, saya sebenarnya tidak pakai motor matic, tapi adik saya pakai motor matic untuk mobilitas sehari hari, motornya sering panas dan mogok, saya akan share infonya ke adik saya, terima kasih.

  2. Iya, memang menggunakan oli memang masalah cocok-cocokkan. Bisa diandaikan mencari jodoh. Kendaraan saya sampai sekarang masih belum dapat oli yang cocok. Sekalinya cocok, dompet saya yang tidak cocok. Tapi oli pertamina direkomendasikan bengkel-bengkel resmi di Indonesia. Jadi sudah dijamin bagus, harga juga terjangkau.Boleh saya bantu mengenai viskositas. Istilah gampangnya ini bisa disamakan dengan keenceran. Kalau pakai oli angka viskositas makin kecil maka makin ringan kerja mesin kendaraan. Etapi harap cek spesifikasi kendaraan terlebih dahulu. Di sana tertulis viskositas dan berapa derajat suhu minimal & maksimal yang dipakai pada kendaraan. Kalau mobil-mobil baru biasanya viskositasnya makin tinggi. Tapi berkat teknologi oli makin canggih, mobil lama juga bisa pakai oli encer dengan syarat mesin dalam kondisi prima. Sudah dicoba pada mercy mini. Tarikan mesin ringan, suara makin halus.

  3. Saya pake matic mas..Dulu suami rajin banget memperhatikan kebutuhan motornya. Tapi kemudian pernah sampai harus benerin motor sampe berjuta gara-gara lupa ganti oli. Serem kan mas.. perkara sepele, tapi jadinya pengeluaran jadi besar..

  4. Dulu pas masih pake motor tak, saya masih disiplin tuh ganti oli. Eh begitu udah demam motor matic, saya jadi abai dan lupa terus. Kekeke. Kalo motor tak kan tangki olinya kelihatan. Kalo motor matic itu ya bingung sendiri saya. Hahaha. Padahal, motor matic pun perlu disiplin dan telaten yaaa ganti olinya. Kece nih enduro.

  5. Oli memang barang yang sepertinya sepele tapi sungguh fatal jika tidak diperhatikan. Dengan pemakaian oli yang sembarangan bisa mengakibatkan kerusakan ringan pada mesin, seperti suara mesin menjadi kasar, bahkan bisa ada endapan seperti kerak. Itu aku rasakan di motor ku yang bukan matic.Setelah membaca penjelasan yang sangat logis dari mas doel, jadi tertarik untuk pakai oli enduro yang khusus matic. pas bulan depan abis batas service gratis yang diberikan oleh dealer.

  6. eh motor kita sama.Kalau urusan oli saya serahkan aja ke suami, saya sih tahunya tinggal pakai aja. Pokoknya kalau ada yang terasa kurang enak, tinggal bilang ke suami, dia nanti yang urusin.Tapi sebenarnya harus tahu soal ginian juga ya.

  7. Saya rutin ganti oli motor tiap 2000-an kilometer. Kalau oli sudah gak layak pakai, atau terlambat diganti, mesin bisa rusak dan itu biaya perbaikannya mahal. Nah, oli motor dari Pertamina Lubricants ini layak untuk dicoba ya

  8. Menjaga oli motor agar tetap sehat, cara yang saya lakukan yaitu dengan mengganti oli secara berkala setiap 3 bulan sekali. Tapi tergantung jarak pemakaian sih. Kalau misal sering dipakai buat keluar kota, biasanya belum sampai 3 bulan saya ganti. Pernah waktu itu karena kehabisan oli, sampe turun mesin dan keluar biaya banyak

  9. saya pakai motor bebek. tapi baca ternyata banyak macam oli, saya jd bingung mana yg pas untuk motor bebek saya. motor saya 4 tak atau 2 tak ajah gak paham. wkwkw. apa kata suami deh pokoknya kudu enduro

  10. Viskositas sebetulnya bukan hanya soal encer atau kental. Tapi ketahanan sebuah cairan terhadap gerakan. Sebab untuk menahan laju viskositas juga bisa diredam dengan gel. Di bengkel kerap disebut stemplet.Sayangnya mesin lama gak semuanya prima sih. Kalo mercy mah gak usah ditanya awetnya. Buatan Jerman gitu loh.

  11. Masalah per oli an ini sebenarnya urusan suami, saya sih nggak pernah tahu apa saja yang dilakukan di bengkel hehe. Tapi abis ini bakalan saya kasih tahu artikel ini, penjelasannya lengkap kap banget terimakasih

  12. Kalau bisa jangan ganti-ganti. Misal sebulan oli A, terus bulan depan oli B, bulan depan lagi oli C. Itu gak boleh. Karena mesin katanya harus menyesuaikan lagi dengan formula oli yang dipakai. Kalau ganti-gantinya terlalu berdekatan, bisa-bisa mesinnya jadi gak bagus.

  13. Komprehensif banget pembahasan oli enduronyajadi ingat minggu kemarin motorku turun mesin, sebabnya panas karena mungkin olinya kurang pashabis ini aku mau pake enduro sajalah

  14. Alhamdulillah, kesadaran masyarakat kita untuk merawat motor dengan mengganti oli mesin dengan jenis dan waktu yang tepat sangat membantu memperpanjang usia kerja motor Mas.

  15. Tergantung jarak tempuh sebetulnya, mbak. Kalo udah melampaui 2500 km, mestinya udah waktunya ganti oli sih. Dan hal ini perlu diketahui juga biar suaminya tahu kapan mesti diganti olinya.

  16. Betul, yang Enduro Matic-G ini juga agak susah. Mesti beli dulu di SPBU. Makanya saya membiasakan buat mengganti oli sendiri.Buat yang di wilayahnya ada Enduro Express lebih enak lagi buat ganti oli Enduro.

  17. Betul, mbak. Sayang banget sih kalo dijual. Sebab perjuangan buat nyicilnya itu yang bikin sedih kalo mesti dilempar ke orang lain.Yang suka jual biasanya udah bisa mengatur perasaan macam begini hehehe

  18. Ya mesti ganti dong, sesuaikan dengan kondisi motor. Masa motornya matic masih pakai oli buat motor manual? Motor baru sama motor lama juga mesti dibedakan dong…

  19. hahaha kalau kemampuan saya belum meningkat nih, sampai sekarang masih tetap sama untuk urusan motor, yaitu mengelapnya sampai bersih dan kinclong.Belum tertarik buat mempelajari soal mesin, karena belum merasa butuh

  20. Yang saya tanyakan, kenapa ya tiap kali ganti oli 3 bulan sekali itu olinya jadi hitam pekat ketika di tap/dikeluarkan. Padahal ketika dimasukkan masih jernih..hehe..gak paham tentang motor soalnya

  21. Simpelnya, olinya gosong, mbak. Tiap kali kena gesekan sama mesin, bahan sintetik oli jadi rusak. Itu kenapa meski masih ada di mesin, oli yang udah sekian waktu wajib diganti.

  22. Yuni jarang ngurusin servis motor. Semua yuni limpahkan pada adik atau Bapak. Paling juga yuni tau-taunya sih, kalau motornya matic, olinya pake yang khusus matic. Kayak Pertamina. Kan punya enduro matic. Gitu-gitu aja sih. Hehehe

  23. Saya dulu juga mengira kalau oli itu sama kayak bensin. Kalau udah habis bisa diisi lagi. Oli-oli bekas yg biasanya dimasukkan ayahku ke botol air mineral bekas aq kira juga bisa dibuat lagi. Gak taunya itu udah gak Bisa. Maklum gak pernah pegang permesinan jadi kurang paham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here